Pariwisata di Bandung Selatan mulai pulih sejak dilanda pandemi dan desa wisata menjadi daya tarik wisata: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

Pariwisata di Bandung Selatan mulai pulih sejak dilanda pandemi dan desa wisata menjadi daya tarik wisata: Okezone Travel

Pariwisata di Bandung Selatan mulai pulih sejak dilanda pandemi dan desa wisata menjadi daya tarik wisata: Okezone Travel

MELAYANI Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung (Disparbud) menyebut kegiatan pariwisata di Kabupaten Bandung, khususnya di sejumlah objek wisata di kawasan Bandung Selatan, mulai pulih seperti sebelum pandemi Covid-19.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan mengatakan dibandingkan sebelum pandemi atau tahun 2019 lalu, kegiatan pariwisata di Kabupaten Bandung sudah pulih sekitar 80 persen. Hal itu menurutnya didapat dari pengawasannya selama libur panjang Imlek 2023.

“Mudah-mudahan ini menjadi sinyal positif bagi perkembangan ekonomi pariwisata di Kabupaten Bandung,” ujarnya Diantara.

Infografis Wisata Kebun Raya di Indonesia

Ia menjelaskan objek wisata di Bandung atau Kabupaten Bandung Selatan dipusatkan menjadi tiga wilayah, yakni Pangalengan, Ciwidey, dan Rancabali (Pacira).

Selain objek wisata yang sudah ada, ia menilai pengembangan desa wisata juga menjadi salah satu faktor meningkatnya aktivitas pariwisata di Kabupaten Bandung.

Menurut Wawan, ada hingga 50 desa wisata yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung agar dapat mengembangkan perekonomian, khususnya masyarakat lokal.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

“Ada juga kunjungan ke desa wisata dari luar Jawa Barat, ya kebanyakan masyarakat ingin menikmati wisata di Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, pihaknya menargetkan dapat membangun 100 desa wisata pada 2023. Dengan begitu, dia yakin angka pengangguran yang semula mencapai 8,5 persen bisa turun menjadi 6,98 persen.

“Tujuan kami adalah menciptakan 35.000 pelaku UMKM. Saat ini telah tercipta 13.000 lapangan kerja baru,” kata Dadang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button