Lembaga Survei Indodata-ISPEC: Sultan Hamengkubuwono Kandidat Kuat Inisiator Sektor Maritim - WisataHits
Yogyakarta

Lembaga Survei Indodata-ISPEC: Sultan Hamengkubuwono Kandidat Kuat Inisiator Sektor Maritim

JAKARTA, Suaramerdeka-jakarta.com-
Berdasarkan temuan Lembaga Survei Indodata bekerjasama dengan International Sea Port Exhibition and Conference (ISPEC), Sultan Hamengkubuwono X naik ke posisi teratas sebagai calon penggagas sektor maritim.

Danis TS Wahiddin, Direktur Eksekutif Indodata, mengatakan hasil jajak pendapat menempatkan raja Yogyakarta di posisi pertama dengan skor keseluruhan 96,5. Angka ini berdasarkan nilai pandangan masyarakat terhadap angka tersebut.

“Kemunculan nama Sultan merupakan fenomena yang menarik. Bisa dikatakan masyarakat saat ini justru lebih melihat kepada tokoh lokal dan bukan tokoh nasional,” ujarnya menjelaskan hasil polling, Rabu (14/9).

Danis menjelaskan, saat ini pemerintah pusat tidak seintens pengawasan kelautan seperti pada periode pertama.

Baca Juga: Peresmian Jembatan Gantung Pakai Adil, Presiden: Penting Untuk Mobilitas Orang dan Barang

Selain itu, dinamika politik dan munculnya pandemi membuat pemerintah pusat kehilangan fokus dalam mengelola kawasan ini. Jadi wajar saja jika masyarakat akhirnya melihat tokoh-tokoh lokal berperan aktif dalam urusan maritim.

Danis TS Wahiddin, Direktur Eksekutif Indodata, dan veteran UPN Jakarta Dini Putri Saraswati, Dosen Hubungan Internasional, dan Laode M Fatthun saat pemaparan hasil survei, Rabu (14/9). (Foto: Dok Indodata)

Selain itu, Yogyakarta secara geografis dekat dengan laut. Di sisi lain, saat ini terjadi peningkatan pariwisata bahari. Ia menduga hal itu yang melatarbelakangi Sultan Hamengkubuwono X berperan aktif di bidang maritim.

Source: jakarta.suaramerdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button