Infrastruktur Ditingkatkan, Wisata Religi Makam Syekh Jumadil Kubro Mulai Penuh Peziarah: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Infrastruktur Ditingkatkan, Wisata Religi Makam Syekh Jumadil Kubro Mulai Penuh Peziarah: Okezone Travel

MELAYANI Pariwisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengatakan jumlah peziarah yang mengunjungi makam Syekh Jumadil Kubro di Bukit Turgo di Purwobinangun, Pakem, meningkat setelah pembangunan rute perwakilan baru ke resor wisata religi meningkat.

“Jumlah peziarah atau wisatawan karena saat ini semakin mudah bagi jemaah haji untuk menunaikan ibadah haji ke Petilasan Syekh Jumadil Kubro, karena jalur jalan yang representatif menuju tempat ini sudah dibangun Pemprov DIY sejak tahun 2021,” kata ketua. Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid, dalam keterangannya. Diantara.

Menurut Ishadi, sebelum dibangunnya jalur baru, rata-rata jumlah peziarah atau wisatawan mencapai 400 hingga 500 pengunjung per bulan.

“Setelah jalur menjadi lebih nyaman dan aman, kunjungan peziarah atau wisatawan meningkat sekitar 1.000 pengunjung per bulan,” katanya.

Infografis wisata religi di Jakarta

Dikatakannya, pembangunan jalan yang representatif memudahkan peziarah menuju lokasi di lereng Gunung Merapi.

“Kami sangat mengapresiasi Pemprov DIY yang telah memperhatikan pengembangan destinasi wisata religi di Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Sebelum pembangunan jalan baru, kata Ishadi, jalan menuju lokasi Petilasan berupa jalan setapak sangat sempit dan licin di beberapa ruas jalan serta belum ada pagar pengaman.

“Kondisinya cukup berbahaya karena banyak jalan setapak yang curam dan jurang di dekatnya,” katanya.

Baca juga: Utamakan kesehatan dan keluarga

Dengan dibangunnya jalur permanen tersebut tentunya sangat membantu para peziarah untuk mencapai tempat tersebut dengan relatif mudah dan aman.

“Selain wisata religi, pengunjung juga bisa berwisata menikmati pemandangan alam di segala penjuru, termasuk puncak Gunung Merapi. Ketinggian situs adalah 914,8 meter di atas permukaan laut (mdpl),” katanya.

Tim Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga melakukan kunjungan langsung ke lokasi pekan lalu.

“Dalam kunjungan tersebut, diperoleh informasi bahwa sebagian besar wisatawan atau peziarah telah banyak berziarah ke makam Syekh Jumadil Kubro jauh sebelum jalan ini dibangun,” kata Ishadi.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button