Sultan Hamengkubuwono X menjadi calon terkuat penggagas sektor maritim - WisataHits
Jawa Barat

Sultan Hamengkubuwono X menjadi calon terkuat penggagas sektor maritim

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Sultan Hamengkubuwono X menjadi kandidat terkuat Inisiator Sektor Maritim berdasarkan Indodata Survey Institute bekerjasama dengan International Sea Port Exhibition and Conference (ISPEC).

Danis TS Wahiddin, Direktur Eksekutif Indodata, mengatakan Sultan Hamengkubuwono X menduduki peringkat pertama dengan total skor 96,5 pemrakarsa di bidang kelautan.

“Kemunculan nama Sultan merupakan fenomena yang menarik. Bisa dikatakan masyarakat saat ini justru melihat kepada tokoh lokal dan bukan tokoh nasional,” ujarnya, berdasarkan siaran tertulis, Rabu (14/9/2022).

Hal ini dinilai mungkin karena pemerintah pusat tidak begitu peduli dengan kelautan seperti pada periode pertama. Selain itu, dinamika politik dan munculnya pandemi membuat pemerintah pusat kehilangan fokus dalam mengelola kawasan ini.

“Jadi wajar jika masyarakat melihat pemimpin lokal berperan aktif dalam urusan maritim,” lanjut Danis.

Baca Juga: Kapolres Bogor Pindahkan Tujuh Perwira, Ini Daftar Lengkapnya

Selain itu, Yogyakarta secara geografis dekat dengan laut. Di sisi lain, saat ini terjadi peningkatan pariwisata bahari.

Hal inilah yang diyakini menjadi alasan Sultan Hamengkubuwono X berperan aktif di bidang kelautan karena masyarakat setempatlah yang paling berperan dalam urusan maritim.

“Ini bisa menjadi alarm bagi pemerintah pusat untuk tidak lupa terus berjuang secara konsisten untuk sektor maritim,” ujar dosen ilmu politik UPN Veteran Jakarta itu.

Direktur Eksekutif ISPEC Fajar Bagoes Poetranto mengatakan tujuan dari survei kebijakan maritim nasional adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah Joko Widodo, khususnya di bidang maritim.

Saat ini, perusahaan maritim di Indonesia tidak berada di negaranya sendiri karena masih didominasi oleh pihak asing. Potensi wisata bahari di Indonesia masih sangat terbuka lebar, khususnya bisnis kapal pesiar.

Source: wartakota.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button