Air terjun Guruh Gemurai, air terjun yang indah dengan pemandangan alam yang luar biasa di Riau - WisataHits
wisatahits

Air terjun Guruh Gemurai, air terjun yang indah dengan pemandangan alam yang luar biasa di Riau

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lubuk Jambi, Kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi, Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Melakukan perjalanan memang merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika Anda mengunjungi wisata air. Salah satu tempat wisata yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Air Terjun Guruh Gemurai. Wisata alam ini terletak di Kabupaten Kuantan Singing. Tempat wisata tersebut termasuk kawasan perbatasan Sumatera Barat dan Riau.

Anda yang sangat menyukai wisata alam tentunya akan terkagum-kagum saat datang ke air terjun tersebut. Anda tidak dapat menemukan keindahan dan keunikan yang Anda temukan di tempat lain. Selain itu, berkunjung ke tempat ini akan membuat Anda melepas penat dari penatnya pekerjaan sehari-hari.

Nama Guruh Gemurai sendiri berasal dari bahasa setempat. Guruh berarti gemuruh air terjun dan Gemurai berarti gemericik air. Untuk lebih mengenal air terjun, berikut akan diulas atraksi, fasilitas, harga tiket, dan hal lain yang perlu Anda ketahui.

Daya tarik utama Air Terjun Guruh Gemurai

Objek Wisata Air Terjun Guruh GemuraiKredit gambar: Twitter Aries Utama

1. Keindahan air terjun

Air Terjun Guruh Gemurai memang terkenal sebagai salah satu air terjun terbaik dan terbaik di Riau. Anda akan melihat air terjun yang terlihat menakjubkan. Banyak wisatawan yang datang ke sini menyempatkan diri untuk berenang dan juga mandi.

Dengan ketinggian air terjun, Anda dapat dengan jelas mendengar percikan air satu sama lain. Lokasi air terjunnya tidak kalah indah. Hal ini dikarenakan air terjun tersebut berada di kawasan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan tinggi. Keindahan inilah yang menarik banyak wisatawan untuk datang.

Selain keindahan alamnya, air terjun ini juga memiliki keunikan tersendiri. Yang istimewa adalah Anda bisa menaiki tangga semen. Menaiki anak tangga, nantinya Anda bisa berdiri di atas aliran air terjun dan mengabadikan momen Anda berada di sana.

2. Jembatan Indah

Daya tarik selanjutnya yang ditawarkan air terjun ini adalah adanya jembatan yang begitu indah. Jembatan ini dijadikan salah satu spot foto favorit para wisatawan. Seperti yang Anda ketahui, suasana di sekitar Air Terjun Guruh Gemurai memang sangat alami, dan air di sana juga sangat jernih.

Dari atas air terjun ini, Anda bisa melihat segala pemandangan sekitar yang terlihat begitu keren. Bagi Anda yang menyukai fotografi, maka jembatan di air terjun ini bisa dijadikan tempat untuk mengabadikan momen.

Halaman Instagram Anda pasti akan terlihat lebih indah dengan jembatan ini di latar belakang foto.

3. Kolam renang

Karena banyaknya meter kubik air yang jatuh dari ketinggian air terjun, akhirnya membentuk bagian bawah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di bagian bawah air terjun terbentuk reservoir air yang sekilas menyerupai kolam renang.

Anda bisa melihat air dingin mengalir di kolam. Selain segar, airnya juga jernih dan bersih. Sementara tidak sedikit wisatawan yang berenang dan berendam di kolam ini.

Hiasan alam yang hadir disini berupa pohon-pohon yang menjulang tinggi di kiri dan kanannya. Untuk itu menambah suasana di sekitarnya begitu indah. Anda harus menghabiskan waktu di tempat ini.

4. Terlihat sangat segar

Air Terjun Guruh Gemurai seperti yang dijelaskan dikelilingi oleh banyak pohon yang menjulang tinggi. Anda dapat melihat dengan jelas bahwa hijau adalah warna dominan di area ini. Dengan begitu saat berada di tempat ini Anda bisa merasakan udara segar.

Di tempat ini juga terdapat gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk duduk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Datang bersama keluarga merupakan ide yang bagus saat ingin berlibur ke air terjun.

Terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Jadi bersantai dengan menghirup udara segar di sekitar air terjun ini adalah ide bagus yang bisa Anda lakukan tepat sebelum liburan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Air Terjun Guruh GemuraiKredit gambar: Twitter Fakta Pekanbaru

Untuk bisa mencapai kawasan wisata Air Terjun Guruh Gemurai, disini anda bisa menggunakan angkutan umum atau membawa kendaraan pribadi. Akses menuju air terjun ini cukup mudah karena jalan beraspal.

Saat sudah sampai di perempatan pasar tradisional Lubuk Jambi, sebaiknya belok kiri. Anda harus berkendara kurang lebih 15 menit hingga akhirnya melihat gerbang masuk di kawasan sebelah kanan jalan sesampainya di desa Kasang.

Air terjun ini terletak di perbatasan Sumatera Barat dan Riau. Bagi Anda yang masih bingung dengan rutenya, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Jadi, nantinya Anda tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Google Maps.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Wisata Air Terjun Guruh GemuraiKredit gambar: Google Maps Kamparsky TV

Seperti tempat wisata lainnya, untuk bisa mengunjungi tempat ini juga akan dikenakan biaya masuk. Namun Anda tidak perlu khawatir karena tiket masuk Air Terjun Guruh Gemurai ini memang sangat terjangkau. Air terjun ini termasuk dalam wisata murah.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 untuk menikmati keindahan pemandangan tempat wisata tersebut. Sedangkan untuk anak-anak, tarifnya lebih murah yaitu hanya Rp 1.000.

Demi keamanan, bagi anda yang membawa kendaraan pribadi wajib memarkirnya dan membayar biaya parkir yang juga sangat murah. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 1000. Sedangkan jika membawa kendaraan roda empat, biaya parkirnya hanya Rp 1.500.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Guruh Gemurai

Kegiatan Wisata Air Terjun Guruh GemuraiKredit gambar: Google Maps Dedi Guntora

1. Berburu Foto

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Guruh Gemurai. Air terjun ini, seperti yang sudah disebutkan, memiliki banyak spot foto yang Instagramable. Tentunya ketinggian air terjun yang mencapai 20 meter ini bisa Anda abadikan dengan jepretan kamera.

Atau bisa juga menaiki tangga semen yang tersedia untuk mengambil foto keindahan tempat wisata ini. Tak hanya itu, bagian air terjun lainnya seperti pepohonan yang menjulang tinggi juga bisa dijadikan sudut pengambilan gambar yang indah.

Dengan mengunjungi tempat ini, Anda akan memiliki banyak stok foto yang sangat instagenic dan bisa ditampilkan di halaman Instagram.

2. Berenang

Di bagian bawah air terjun, seperti yang telah dibahas di atas, membentuk bagian seperti kolam. Karena itulah, banyak wisatawan berduyun-duyun ke tempat ini untuk mandi.

Kegiatan ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Air kolam sangat segar dan jernih. Anda bisa saja berendam sambil memandangi pemandangan sekitar yang terlihat begitu alami.

3. Santai

Dengan gazebo yang disediakan pengelola air terjun Guruh Gemurai, Anda bisa menggunakannya untuk duduk santai sambil menikmati hidangan. Udaranya begitu segar seakan dikelilingi kawasan wisata ini.

Anda yang tinggal di perkotaan dan padat penduduk akan sangat cocok jika datang ke air terjun ini untuk bersantai.

Kicauan burung dan pemandangan hijau di sekitar air terjun jelas merupakan cara yang tepat untuk bersantai. Pulang dari tempat wisata ini, pikiran Anda pasti akan kembali segar dan siap beraktivitas seperti biasa.

4. Makan Kuliner

Di lokasi air terjun banyak tersedia warung makan. Warung ini menyajikan menu yang cukup khas. Dengan demikian, pecinta kuliner akan dapat menikmati menu yang ditawarkan di sana. Menyantap makanan lezat sambil melihat pemandangan sekitar tentu menjadi ide yang sangat menarik untuk dilakukan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Sarana Wisata Air Terjun Guruh GemuraiKredit gambar: Twitter Fakta Pekanbaru

Air Terjun Guruh Gemurai memiliki panorama yang begitu sempurna. Ada banyak atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung selama menginap. Selain itu, fasilitas yang disediakan sangat memadai. Oleh karena itu, wisatawan pun semakin betah berada di tempat ini.

Meski lokasi tempat wisata dipenuhi pepohonan yang rimbun, namun fasilitas di sana cukup lengkap. Anda akan menemukan mushola. Jadi kalau sudah masuk waktu sholat, tidak perlu bingung. Selain itu, disediakan gazebo besar untuk wisatawan. Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk bersantai.

Fasilitas lain yang bisa ditemui adalah ruang ganti dan toilet. Saat ingin berganti pakaian saat berenang atau selesai berenang, tidak perlu bingung. Di sekitar air terjun juga terdapat warung makan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dengan cara ini Anda tidak akan kelaparan selama Anda tinggal.

Itu adalah ulasan komprehensif tentang atraksi, fasilitas, harga tiket, dll. air terjun Guruh Gemurai. Ketika Anda mengunjungi Kabupaten Kuantan Singing, Anda harus meluangkan waktu untuk liburan air terjun. Segala atraksi dan keseruan yang bisa didapat di tempat ini tidak akan membuat Anda menyesal.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button