Larantuka – Pariwisata dan Gastronomi di Vatikan Indonesia - WisataHits
wisatahits

Larantuka – Pariwisata dan Gastronomi di Vatikan Indonesia

Bagi anda yang belum terlalu familiar, Larantuka merupakan salah satu daerah yang termasuk ke dalam diremehkan sebagai destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur. Kawasan ini terkenal dengan panorama pegunungannya yang megah dan juga alamnya yang sangat mempesona. Anda akan dapat menemukan berbagai jenis destinasi wisata yang unik dan menarik. Dan kuliner khasnya yang terkenal Bagus! Mari baca artikel ini sampai habis untuk menjelajahi Vatikan Indonesia.

Larantuka – Indopreneur

Rute ke daerah Larantuka

Agar bisa sampai ke tempat ini dengan cepat dan mudah, Anda bisa memilih menggunakan transportasi udara. Pertama, pilih penerbangan ke Kupang, lalu lanjutkan ke Larantuka menggunakan moda transportasi udara Transnusa atau Susi Air. Perhatikan jadwal penerbangannya ya? penerbangan ke tempat tujuan ini tidak dilakukan setiap hari.

Bandara Gewayantana – WordPress

Sesampainya di bandara Larantuka, sayangnya Anda tidak akan dapat menemukan taksi atau bus, sehingga mau tidak mau Anda harus memilih menggunakan ojek atau bepergian. Jika Anda melihat tarifnya, Anda akan lebih hemat anggaran jika Anda menggunakan taksi. Jarak yang harus ditempuh dari bandara menuju Larantuka sekitar 10 km atau bisa ditempuh selama setengah jam.

Sebagai alternatif lain, Anda bisa datang dan mengunjungi kawasan ini dengan menggunakan kapal dari Surabaya. Namun sayangnya perkiraan waktu keberangkatan masih belum pasti, sehingga perlu mencari informasi terlebih dahulu. Ngomong-ngomongopsi ini bisa lebih rumit dibandingkan dengan pilihan menggunakan pesawat terbang teman-teman.

Destinasi wisata menarik di Larantuka Flores

1. Taman Kota Nagi

Salah satu kawasan yang bisa dijadikan destinasi jika Anda berkunjung ke Larantuka adalah mengunjungi Taman Kota Nagi. Anda pasti akan takjub dengan keindahan alam yang ditawarkan tempat ini. Di tengah taman kota ini, ada pemandangan gunung yang sangat megah di belakangnya. Tidak hanya itu, Anda juga akan melihat gugusan pulau di sekitar Larantuka.

Taman Kota Nagi Larantuka - Liburan SayaTaman Kota Nagi – Liburanku

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di taman yang luas ini antara lain menikmati pemandangan alam yang indah, menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, dan mengunjungi kafe-kafe di sekitarnya untuk mencoba berbagai kuliner. Untuk bisa mencicipi makanan dari pusat kuliner ini, Anda bisa mengunjungi taman kota Nagi ini pada malam hari.

2. Taman Dolorosa Mater

Taman ini merupakan ikon Larantuka yang juga akan memberikan nama Vatikan Indonesia untuk kota ini. Terletak di Desa Lohayong, Taman Mater Dolorosa atau biasa dikenal dengan Taman Doa merupakan destinasi wisata religi yang sangat terkenal menjelang Paskah. Selama masa Paskah ini, semua hotel di kota Larantuka penuh ya guys!

Taman Mater Dolorosa – Tuan Aladdin

Berbicara mengenai asal usul namanya, taman Mater Dolorosa ini menggunakan bahasa latin yang berarti – kurang lebih – “Bunda Kesedihan”. Simbol utama taman ini adalah patung Bunda Maria menggendong Yesus. Permata tersembunyi utama dari tempat ini adalah bahwa patung ini berasal dari abad ke-16 dan dibawa oleh misionaris Portugis bernama Gaspardo Espirito Santo dan Agostinode Madalena.

3. Gereja Katedral Reinha Rosari

Perjalanan spiritual ke Larantuka tentunya tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Gereja Katedral Reinha Rosari. Menurut sejarahnya, tempat ibadah yang dijuluki Iron Church ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Adobala pada tahun 1884.

Saat itu, untuk memperingati pembaptisan raja, masyarakat Larantuka bersiap-siap berenang di tengah laut untuk mengumpulkan besi yang telah mereka buat.menjatuhkan kapal dagang Portugis. Jika dihitung, Gereja Katedral Reinha Rosari berusia 129 tahun dan secara umum diakui sebagai simbol utama kejayaan agama Katolik di Flores.

Gereja Katedral Reinha Rosari - Katomed - LarantukaGereja Katedral Reinha Rosari – Katomed

Terletak di pusat Flores, Gereja Katedral Reinha Rosari menjadi tujuan wajib bagi banyak wisatawan, terutama pada malam puncak ritual Sesta Vera atau Jumat Agung atau Samana Santa.

4. Danau Romantis

Nah, karena Larantuka terkenal dengan keindahannya yang tiada duanya, maka kawasan ini juga sering dijadikan lokasi prima bagi para wisatawan. sebelum pernikahan. Dilihat dari sejarah yang ditemukan, kawasan danau ini terbentuk akibat efek letusan Gunung Sodoberawao Kobanara sekitar 400-500 SM. Hal inilah yang membuat kawasan danau ini sangat unik.

Danau cinta – Mongabay

Pemandangan indah dan sejuk bisa dirasakan dengan birunya air danau dan rimbunnya pepohonan di sekitarnya. Suasana yang sangat sejuk ini membuat semua orang merasa nyaman menghabiskan waktu di kawasan ini. Oh ya, untuk lokasinya sendiri, Danau Asmara berada di Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga, sekitar 45 km dari Larantuka.

5. Pelabuhan Larantuka

Destinasi ini dianggap sebagai salah satu pelabuhan tersibuk di NTT. Memang pelabuhan ini menjadi tempat penyeberangan ke 3 pulau yang berbeda yaitu Adonara, Solor dan Lembata. Setiap hari Anda bisa melihat puluhan perahu motor yang datang silih berganti di kawasan wisata unik ini.

Pelabuhan Larantuka – Trenz Indonesia

Jumlah tersebut belum termasuk sejumlah kapal kecil yang juga berlayar. Saat berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda bisa menikmati bentangan bentang alam pulau-pulau di depan kota Larantuka.

6. Pulau Adonara

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang masih sangat jarang dikunjungi wisatawan. Ada berbagai wisata yang bisa dicoba di lokasi ini. Ada banyak pilihan pantai yang masih perawan, jarang dijamah oleh masyarakat dan tentunya dilengkapi dengan pasir putih yang membuatnya sangat indah.

Pulau Adonara – BeritaHags

Selain itu, hijaunya pegunungan serta dikelilingi pantai yang luas dan bersih tentunya akan mampu memanjakan mata Anda yang mungkin penat dari hiruk pikuk kota. Permata tersembunyi dari tempat ini adalah air terjun dengan air super jernih yang begitu mempesona. Untuk menuju kawasan pulau Adonara ini, Anda perlu melakukan penyeberangan yang akan memakan waktu sekitar 15 menit.

7. Pantai Pasir Putih Weri

Pantai ini sering dijuluki pantai paling alami di Larantuka. Selain bisa menemukan pasir putih dan air laut yang jernih, Anda juga bisa menikmati keindahan hamparan pegunungan, pemandangan alam. Matahari terbit yang menenangkan dan juga melihat Pulau Adnara yang bisa dinikmati dari sisi pantai. Nah, untuk pemandangan matahari terbitnya itu Besar Keindahan ini hanya ada di pagi hari, jadi kamu harus datang ke tempat ini di pagi hari!

Pantai Pasir Putih Weri – ValidNews

Wisata kuliner

1. Restoran Siquarra

Salah satu restoran yang wajib dikunjungi di kawasan Larantuka adalah Restoran Siquarra. Hidangan lezat restoran ini dirancang dan disiapkan langsung oleh suami istri Jansen dan Merdy. Sop ayam dan seafood gorengnya pas di lidah dan porsinya juga cukup besar dan cocok untuk satu hingga dua orang.

Restaurant Siquarra Larantuka - SatuTendaRestoran Siquarra – Tenda

Pilihan lainnya antara lain sate tuna, sop ayam, sop ayam homemade, ikan goreng crispy, mie goreng fillet ayam, ayam, nasi goreng fillet, mie sop sayur, kentang goreng ikan bakar, telur dadar keju dan masih banyak lagi. Kentang goreng, pisang goreng dengan keju dan cokelat dan salad mangga. Ada beberapa jenis minuman, antara lain aneka jus buah, jus jeruk, air mineral dan teh.

Untuk bisa menikmati makanan di resto ini anda tidak perlu khawatir karena setiap makanan dibandrol dengan harga yang relatif murah bahkan kurang dari Rp10.000,00. Karena resto Siquarra terletak di kawasan Trans Flores, anda bisa mengunjungi tempat ini. restoran ketika Anda baru saja tiba dan mendarat di Larantuka.

2. Kafe & Bistro Emas

Untuk bisa menikmati makanan lezat di restoran ini, Anda harus datang ke kawasan Weri Sarotari Larantuka. Banyak jenis makanan yang bisa dicicipi di restoran ini. Salah satunya adalah fillet dori yang diberi saus sambal dan disajikan dengan nasi liwet. Makanan ini pasti bikin siapa aja mengeluarkan air liur dengan tampilan.

Golden Cafe & Bistro - Nasi Liwet Dori Fillet - Official FacebookGolden Cafe & Bistro – Nasi Liwet Dori Fillet – Official Facebook

Selain itu, Anda juga dapat menemukan nasi bakar yang terkenal dari Golden Cafe yang sangat lezat. Saat mencicipi hidangan ini, Anda akan dapat mencium aroma daun pisang yang membuat makanan ini lebih segar. Harga yang ditawarkan untuk makan di sini juga cukup terjangkau, jadi kamu tetap bisa hemat meski makan di restoran mewah.

3. Kafe Duta Besar

Cafe Duta merupakan salah satu warung makan UKM yang terdapat di kawasan Larantuka. Anda juga dapat menemukan berbagai jenis makanan dan juga oleh-oleh untuk dibawa pulang. Salah satu masakan khas yang bisa ditemukan di sini adalah sereal sorgum dengan jahe, sereal kelor dan juga kopi yang diolah menggunakan bahan dasar bumbu jahe.

Sereal Sorgum Jahe – Portal NTT

Untuk hidangan utama, Anda bisa menemukan nasi tonu wujo yang hanya bisa ditemukan di tempat ini. Nama tonu wujo terinspirasi dari sebuah legenda yang berkembang di masyarakat petani Lewolema kamu tahu! Untuk harga sendiri tidak perlu persiapan anggaran istimewa karena setiap sajian sajiannya ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Restoran & Kafe Weri

Restoran ini terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 86 Sarotari Larantuka. Begitu masuk, Anda akan langsung merasa nyaman dengan suasana yang merajai di restoran ini. Apalagi hidangan yang disiapkan di restoran ini juga berasal dari berbagai jenis masakan khas Indonesia yang sangat otentik dengan bumbu rempah. Weri Resto & Cafe menawarkan banyak pilihan makanan mulai dari mie dan bakso hingga makanan khas lainnya seperti rawon.

Nasi Mie Goreng - Weri Resto & Café LarantukaNasi Mie Goreng – Weri Resto & Café

Tidak hanya itu, ada juga masakan seperti nasi goreng, mie ayam, ayam goreng, dan capcay. Selain menikmati hidangan super lezat, Anda juga akan ditemani oleh penampilan musik yang akan menemani sambil menunggu makanan datang. Alhasil, suasana restoran ini akan menjadi salah satu yang paling unik!

Ayo liburan ke Larantuka

Soal destinasi wisata, Indonesia punya banyak pilihan. Salah satunya adalah Larantuka. Kami dapat memastikan bahwa kunjungan Anda ke daerah Flores Timur pasti akan penuh senyum. Selain memiliki banyak destinasi wisata, Anda juga bisa menemukan tempat makan atau masak yang menawarkan berbagai hidangan lezat.

Larantuka – Kemenparekraf

Setelah mengunjungi Vatikan Indonesia, saatnya juga kamu ke Little Venice, lho! – Little Venice Puncak, rekomendasi wisata ala Eropa di Puncak Bogor

Yuk liburan ke pedesaan berikut referensi terbaik Aneka Wisata!

Source: anekatempatwisata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button