TAMAN MENTENG BINTARO Area rekreasi santai - WisataHits
wisatahits

TAMAN MENTENG BINTARO Area rekreasi santai

TAMAN MENTENG BINTARO Area rekreasi santai

Harga tiket masuk Taman Menteng Bintaro : Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Sektor 7 Bintaro Jaya, Jl.Couper Mutia I Jl.Wahid Hasyim, Pd. Jaya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15224.

Taman Bintaro Menteng atau juga dikenal sebagai Taman Menteng Bintaro bukan di kawasan Menteng Jakarta Pusat. Namun di selatan Tangerang, tepatnya di kawasan Bintaro, ada sebuah taman dengan nama yang sama persis.

Taman ini merupakan ruang terbuka hijau (RTH) dengan multi fungsi. Salah satunya adalah ruang publik. Bukan hanya untuk masyarakat Bintaro yang datang ke sini. Banyak juga yang sengaja datang ke sini untuk menghirup udara segar. Meski sederhana, pemandangan yang indah bisa membantu menghilangkan penat.

Tiket masuk

Seperti taman kota pada umumnya, Taman Menteng Bintaro tidak memerlukan tiket masuk. Siapa pun dapat memasuki taman tanpa membayar sepeser pun. Persiapkan receh minimal 5.000 rupiah untuk parkir kendaraan pribadi.

Tiket masuk
Biaya masuk Untuk membebaskan

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi TAMAN KOTA 2 BSD

Jam buka

Taman Menteng Bintaro dibuka untuk umum setiap hari. Taman ini biasanya ramai pada pagi dan sore hari saat matahari tidak terlalu terik. Sayangnya, penerangan taman ini kurang pada malam hari, sehingga akan sulit untuk beraktivitas.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Objek Wisata Taman Menteng Bintaro

Taman Menteng atau Taman Menteng Bintaro adalah sebuah fasilitas umum yang terletak di kawasan elite Menteng, Bintaro Jaya. Sebelum menjadi taman, lahan tersebut merupakan driving range golf. Dibandingkan luasnya Taman Menteng di Jakarta, Taman Menteng hanya menempati lahan seluas 1,3 hektar. Meski kawasan keduanya tidak bisa berdampingan, namun keduanya memiliki peran penting sebagai ruang terbuka hijau.

Terletak di kawasan padat penduduk, Taman Menteng merupakan ruang yang memiliki peran penting. Taman ini tidak hanya menjadi paru-paru kota, tetapi juga menjadi pusat aktivitas sosial penduduknya. Selain itu, tempat ini juga menjadi tujuan rekreasi alternatif di tengah gaya hidup perkotaan. Suasana asri menjadi daya tarik utama taman ini.

Baca: Kebun Bambu Tangerang Keunikan Hiasan Bambu

Lokasi strategis

Jembatan Menteng Park BintaroPemandangan jembatan yang menghubungkan restoran dengan promenade di sepanjang waduk – Foto: Google Maps/Dwie Riawelly C

Kawasan Taman Menteng mengisi pertigaan yang merupakan pertemuan beberapa ruas jalan. Jalan tersebut antara lain Jalan Cut Mutia dan Jalan Menteng Raya. Di sekitar taman juga terdapat sejumlah restoran, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Sektor 7 Bintaro Jaya sendiri dikenal sebagai lingkungan kelas menengah ke atas.

Taman ini terbuka dengan pagar rendah yang mengelilinginya. Akses masuknya pun tidak hanya di satu titik. Gerbang utamanya sendiri ada di Jalan Cut Mutia I.

Siapapun bisa dengan mudah masuk dan menikmati fasilitas di sana. Tak sedikit yang menjadikan tempat ini sebagai meeting point atau tempat pertemuan. Tidak lain karena letaknya yang strategis dan suasananya yang sejuk. Selain itu, terdapat sejumlah tempat duduk yang terlindung oleh rindangnya pepohonan sehingga menjadi ruang tunggu yang nyaman.

Baca Juga: Tiket Masuk BSD XTREME PARK dan Permainan

Ruang inklusif

Taman bermain anak-anakArea bermain anak yang dilengkapi dengan berbagai wahana – Foto: Google Maps/suparman parman

Seperti taman kota lainnya, Taman Menteng Bintaro. hadir sebagai ruang publik yang ramah anak. Ini terlihat dari keberadaannya Tempat bermain dengan berbagai permainan. Wahana terbuat dari bahan yang kokoh untuk memastikan keamanan selama bermain.

Tidak hanya di Tempat bermain, anak-anak juga bisa berlari bebas di halaman rumput. Banyak ruang terbuka yang bisa dijadikan tempat bermain untuk piknik. Selain itu, kontur medan yang datar membuat piknik di sini semakin nyaman.

Jangan khawatir jika Anda kehabisan makanan. Taman Menteng Bintaro dikelilingi oleh “pasukan” penjual makanan. Karena tidak diperbolehkan memasuki taman, gerobak ini diparkir di luar pagar.

Baca Juga: 20+ Tempat Wisata Menarik di Tangerang

Olahraga santai

Menteng Park Walking Path and Jogging PathSelain jalur jalan kaki yang bisa dijadikan jalur jogging, ada juga jalur refleksi yang populer di kalangan orang dewasa dan lansia – Foto: Google Maps/Andre Mehong

Salah satu kekhasan taman ini adalah adanya waduk air dan jalan setapak. Jalur ini berputar dan mencapai hampir setiap sudut taman. Pengunjung bisa menggunakannya untuk jalan-jalan santai. Jika ingin menghindari terik matahari, sebaiknya datanglah pada pagi atau sore hari.

Jalan setapak juga berfungsi sebagai trek joging. Meski tidak terlalu lebar, namun jarak tempuhnya lumayan. Itu karena jalannya sangat berliku. Di beberapa tempat terdapat bangku taman sebagai tempat istirahat.

Keistimewaan lain dari taman ini adalah jalur refleksi. Permukaan jalan ditutupi dengan batu sungai yang permukaannya halus. Biasanya pengunjung dewasa dan lanjut usia sering berjalan-jalan di sini tanpa alas kaki. Tujuannya sebagai media pijat alami untuk memperlancar peredaran darah.

Baca Juga: Tiket Masuk TAMAN KOTA 1 BSD dan Aneka Aktivitas

Tengara Ke taman

Instalasi seni menjadi dekorasi taman yang unikSalah satu fasilitas di sudut Taman Menteng – Foto: Google Maps/Theodorus Tjatradiningrat

Reservoir air di taman ini adalah ornamen ikonik lainnya. Sebuah jembatan hijau melewatinya. Jembatan yang juga menjadi spot foto favorit ini menghubungkan taman dengan restoran.

Selain jembatan ini, ada juga spot lainnya. Ornamen patung dengan berbagai gaya bertebaran di sudut-sudut taman. Dengan kreatifitas, ornamen ini menjadi alat peraga foto yang unik. Selfie atau berfoto akan menjadi penutup manis untuk acara rekreasi sederhana di sini.

Baca juga: Tiket Masuk dan Kegiatan LUBANA SENGKOL

Fasilitas Taman Menteng Bintaro

Taman Menteng Bintaro memiliki sejumlah fasilitas yang memadai. Diantaranya tersedia area parkir, pedestrian dan jalur jogging, jalur refleksi, untuk bangku taman. Ada tangki air dengan jembatan dan area bermain anak-anak. Sayangnya, taman ini tidak memiliki toilet atau mushola.

Lokasi Taman Menteng Bintaro

Menteng Park Bintaro terletak di Jalan Cut Mutia I, Bintaro Jaya Sektor 7, Pondok Ranji, Kota Tangerang Selatan. Lokasinya dikelilingi oleh jalan raya yang ramai sehingga tidak sulit ditemukan. Taman ini paling mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil atau sepeda.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button