Pantai Angsana, Tanah Bumbu, pesona pantai yang indah dengan keindahan bawah lautnya - WisataHits
wisatahits

Pantai Angsana, Tanah Bumbu, pesona pantai yang indah dengan keindahan bawah lautnya

Harga tiket: Rp 8.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Sawit KM.8, Bunati, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pantai Angsana awalnya merupakan kawasan kumuh dan terbengkalai di Tanah Bumbu. Namun, seiring berjalannya waktu, pemerintah akhirnya mulai memperhatikan pantai-pantai yang berpotensi sebagai destinasi wisata bahari. Sekarang pantai ini menjadi sangat populer, terutama keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.

Pantai ini memang indah dengan hamparan pasir yang luas hingga ke ujung tempat parkir. Selain itu, keindahan pantainya sangat menyenangkan untuk dilihat. Pantai ini memang baru dibuka untuk umum, namun langsung banyak dikunjungi wisatawan. Kawasan ini kemudian semakin populer setelah menyediakan akomodasi untuk kegiatan scuba diving atau snorkeling.

Kawasan ini juga cocok sebagai tempat liburan keluarga. Airnya yang tenang memungkinkan anak-anak untuk bermain air di pantai. Tak hanya itu, Pantai Angsana juga menjadi favorit di kalangan anak muda. Ada banyak spot foto yang bagus bagi pemilik media sosial untuk berbondong-bondong berburu foto di area ini.

Atraksi Pantai Angsana

Atraksi Pantai AngsanaKredit gambar: Twitter Radio SKY 89,3 FM

Pantai ini baru saja dibuka, namun menjadi favorit karena berbagai atraksinya. Berikut beberapa hal menarik tentang Pantai Angsana yang membuatnya semakin populer di kalangan pengunjung.

1. Bawah air

Pantai ini sangat terkenal dengan terumbu karangnya. Keindahannya sangat diminati banyak pengunjung, terutama para pecinta snorkeling dan diving. Selain terumbu karang yang beragam, juga terdapat ekosistem laut yang sangat beragam yang dapat dinikmati oleh para penyelam, baik di perairan dangkal maupun dalam.

Hewan laut yang akan ditemui juga beragam. Beberapa di antaranya adalah hewan langka. Penyelam sering melihat firefish, clownfish, coral beauty fish, kuda laut dan masih banyak hewan lainnya. Pantai ini juga menjadi tempat bertelur penyu. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat hewan langka ini bertelur di pantai.

2. Matahari terbit dan terbenam

Pantai Angsana terletak di kawasan yang strategis untuk menikmati keindahan matahari, baik saat matahari terbit maupun terbenam. Jika Anda ingin melihat matahari terbit, Anda harus bisa datang sebelum fajar. Menikmatinya akan jauh lebih menyenangkan jika ditemani secangkir kopi bersama orang tersayang.

Begitu juga saat matahari terbenam. Banyak pengunjung yang mengejar momen sunset. Biasanya anak muda yang mengejar foto siluet dengan latar belakang laut dengan langit jingga dan matahari terbenam. Hasil tidak pernah mengecewakan. Apalagi jika langit cerah, warnanya sangat indah berpadu dengan pantai yang eksotis.

3. Tempat foto

Ada banyak spot foto yang sangat menarik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Spot foto paling khas dari pantai ini adalah jembatan panjang yang menjorok ke laut, dari jembatan ini anda bisa menikmati keindahan birunya air laut lebih dekat dan bisa berfoto disana. Saat matahari terbit atau terbenam, jembatan ini menjadi spot foto terbaik.

Banyak juga spot foto lainnya yang sudah dibangun pengelola. Spot-spot seperti ayunan pantai, jembatan cinta dan papan dengan Pantai Angsana banyak menjadi tempat para pengunjung bisa berfoto. Taman-taman indah juga sudah mulai dibangun di sekitar pantai. Kedepannya, taman ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto bagi pengunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai AngsanaKredit Gambar: Google Maps Rian Albanjary

Pantai Angsana terletak di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jl. Trans Kalimantan, hanya sekitar 8 kilometer. Oleh karena itu pengunjung dari luar kota juga tidak perlu bingung untuk mencari akses menuju destinasi wisata ini, cukup melalui jalan ini saja.

Jika Anda memulai perjalanan dari Banjarmasin sendiri, Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Banjarbaru. Setelah itu menuju ke Plaihari, lalu ke Asem-asem dan menuju ke Sungai Danau. Yang terakhir adalah pergi ke desa Angsana. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 5 jam perjalanan.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai AngsanaKredit gambar: Google Maps Wong Yew Leong

Pantai Angsana merupakan wisata murah yang bisa Anda coba sebagai pilihan liburan keluarga. Harga tiket untuk penarikan adalah Rp 8.000 untuk setiap kelompok umur. Sedangkan untuk biaya parkir hanya dikenakan Rp 5000. Wahana juga disewakan untuk pengunjung dengan biaya yang cukup variatif.

Jika ingin menyewa perahu, Anda hanya perlu membayar sewa sebesar Rp 350.000, sedangkan untuk menyewa kursi pantai dikenakan biaya sewa sebesar Rp 25.000. Jika ingin menggunakan wahana yang tersedia, Anda bisa menyewa peralatan snorkeling hanya dengan Rp 30.000 hingga Rp 50.000 atau banana boat seharga Rp 25.000 per orang.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Angsana

Aktivitas di Pantai AngsanaKredit gambar: Google Maps Eliza Ardika

Jika Anda berada di Pantai Angsana, Anda tidak perlu khawatir bosan lagi. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan jika pergi ke kawasan ini bersama teman atau keluarga. Beberapa kegiatan yang sangat menarik dilakukan, misalnya sebagai berikut.

1. Berenang

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga Anda bisa berenang di pantai atau sekedar bermain air. Jika Anda membawa anak-anak, Anda juga bisa mengajak mereka untuk melakukan aktivitas menyenangkan ini. Anda tidak perlu khawatir anak-anak tersapu ombak karena cukup aman. Meski begitu, orang tua tetap perlu memantau aktivitas anaknya.

2. Snorkeling/Menyelam

Bagi pecinta olahraga air, kegiatan ini adalah suatu keharusan. Aktivitas mendebarkan ini membuat Pantai Angsana mendapat julukan Bunaken di Sulawesi. Lokasi penyelaman agak jauh dari pantai, pengunjung bisa naik perahu atau perahu nelayan. Peralatan snorkeling dapat disewa, tetapi biasanya memerlukan pemesanan terlebih dahulu.

3. Main banana boat

Aktivitas Seru di Pantai AngsanaKredit gambar: Google Maps Jamaludin Zaini

Di pantai ini ada beberapa wahana yang bisa kamu coba, salah satunya banana boat. Anda bisa merasakan serunya melawan arus untuk menguji adrenalin Anda. Anda juga dapat mengalami permainan yang sangat menyenangkan ini tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

4. Ambil gambar

Ada banyak spot foto yang bisa Anda gunakan untuk melakukan aktivitas favorit anak muda untuk diunggah di jejaring sosial. Anda bisa berfoto dengan latar belakang alam seperti pantai Mauon, air laut yang biru. Jika tidak, Anda juga bisa berfoto di tempat yang disediakan pengelola yang tak kalah indahnya.

5. Menikmati keindahan pantai

Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas, Anda bisa beristirahat sambil menikmati keindahan pantai. Dengan aktivitas ini saja, Anda bisa beristirahat dari kepenatan sehingga tubuh dan pikiran menjadi segar kembali. Kemudian Anda dapat melanjutkan rutinitas harian Anda setelah liburan.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai AngsanaKredit Gambar: AJA Google Maps saya

1. MP Resort Pantai Angsana

Merupakan hostel yang banyak direkomendasikan pengunjung untuk menginap. Harga sewa mulai dari Rp 650.000 per malam. Fasilitas yang ditawarkan cukup memadai dengan AC, TV, WiFi dan juga kamar mandi di setiap kamar dengan air panas atau dingin. Selain itu, ada juga restoran, paviliun dan banyak fasilitas lainnya.

2. Keluarga angkat

Hostel ini tidak jauh dari lokasi pantai Angsana. Hanya sekitar 100 meter. Dengan fasilitas yang memadai, harga sewa per malamnya juga sangat terjangkau. Setiap kamar akan dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman, AC atau kipas angin, kamar mandi dan fasilitas lainnya. Pengunjung umumnya puas dengan pengalaman menginap di hostel ini.

3. Willsaning Tata Asri Homestay

Homestay ini sangat terjangkau dengan kamar yang nyaman untuk Anda dan keluarga. Fasilitas yang disediakan cukup memadai, termasuk Wi-Fi gratis untuk pengunjung. Tersedia tempat parkir yang cukup luas, anda juga akan mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Menginap di homestay ini juga aman.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Area Pantai AngasanaKredit Gambar: Instagram Tony Iskandar

Pantai Angsana telah menyiapkan berbagai fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir dan mushola sudah tersedia. Pengunjung dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhannya. Jika ingin mengisi perut, pengunjung juga bisa membeli makanan atau minuman dari warung-warung terdekat.

Selain itu, tersedia juga kursi berjemur untuk beristirahat. Ada juga gazebo untuk berteduh. Anda juga bisa membeli oleh-oleh karena di sekitar pantai terdapat toko oleh-oleh. Peralatan untuk berbagai permainan juga tersedia, seperti banana boat, sepeda gunung, speedboard, serta penyewaan peralatan snorkeling atau menyelam.

Jika Anda ingin bermalam, beberapa pilihan tersedia untuk Anda. Tempat menginap termurah jika Anda sedang membangun tenda. Namun, ada juga hotel dan homestay dengan harga yang bervariasi. Anda bisa memilih tempat menginap tergantung dari isi kantong Anda.

Pantai Angsana merupakan destinasi baru namun telah menjadi sangat populer di Tanah Bumbu. Popularitasnya tidak terlepas dari keindahan bawah lautnya yang sangat terkenal. Dengan beragam wahana yang bisa dilakukan, berlibur di pantai ini tidak akan membosankan. Anda juga bisa menjadikan pantai ini sebagai tempat liburan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button