Kunjungi desa wisata Belitar Seberang - WisataHits
Jawa Barat

Kunjungi desa wisata Belitar Seberang

Bogordaily.net– Keberhasilan Desa Wisata Belitar Seberang di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu masuk dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia Anugerah Desa Wisata 2022 (ADWI) diakui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/ Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Desa Wisata Belitar Seberang menawarkan keunikan wisata alam, wisata buatan dan wisata budaya, serta didukung dengan fasilitas penunjang yang lengkap. Objek wisata utama adalah air terjun yang disebut Air Terjun Tri Sakti dan Air Terjun Puspa Dewi.

Air Terjun Tri Sakti memiliki air dingin sedangkan Air Terjun Puspa Dewi panas. Kedua aliran air ini bertemu dan menyatu pada satu titik. Fenomena air terjun ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

Menurut siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pencapaian ini merupakan hasil kerjasama (kolaborasi) yang baik antara pemerintah kota, dikoordinasikan dengan kelompok sadar pariwisata (Pokdarwis) setempat dan didukung oleh pemerintah kabupaten, pemerintah negara bagian dan juga pemerintah pusat.

“Desa Wisata Belitar Seberang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan dengan alam yang indah sebagai salah satu daya tarik utama,” kata Sandiaga saat berkunjung ke Desa Wisata Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Rejang Lebong, Bengkulu, Selasa, 2 Agustus 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi air terjun di Desa Wisata Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu (Dok. Kemenparekraf/Bogordaily.com)

Sandiaga berharap pencapaian ini akan semakin meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di kawasan dalam meningkatkan kelestarian alam.

“Selamat kepada Belitar Seberang, kalian memang pantas menjadi pemenang dan sangat pantas mendapatkan bintang. Ada desa wisata di Bengkulu yang perlu kita tingkatkan. Terima kasih untuk semua teman yang melamar latihan terbaik Jalan menuju Air Terjun Tri Sakti dan Air Terjun Puspa Dewi, sehingga wisatawan dapat dengan aman menikmati perjalanan menuju air terjun. Terima kasih telah melestarikan keindahan alam di Bengkulu,” kata Menparekraf.

Selain itu, Sandiaga menjelaskan penggambaran keanggunan air terjun Puspa Dewi, yang membandingkan kedua air terjun ini dengan laki-laki dan perempuan yang saling melengkapi. Ia juga meminta usulan nama untuk merepresentasikan fenomena air terjun ini.

“Saya akan membuka kontes penamaan untuk dua air terjun gabungan, jadi kami akan mengumumkannya pada akhir Oktober 2022. Nanti akan diumumkan nama pemenangnya saat acara puncak ADWI,” kata Menparekraf.

Tak hanya itu, di sekitar air terjun Tri Sakti terdapat empat air terjun lainnya dengan ketinggian sekitar 40 meter hingga 86 meter, serta sebuah gua atau sarang burung walet dan gua kelelawar. Wisatawan bisa menikmati tiga wisata alam dalam satu tempat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu (Dok. Kemenparekraf/Bogordaily.com)

Desa Belitar Seberang menawarkan wisata edukasi pengolahan jus. Di dalamnya, wisatawan bisa belajar bagaimana mengolah air sari buah dari kran menjadi gula merah.

Ada juga wisata budaya kuda lumping yang tidak boleh dilewatkan, wisata kuliner makan balendu atau ulat pohon. Makanan ekstrim ini bisa dinikmati hidup-hidup atau dimasak terlebih dahulu dalam bentuk lauk goreng.

“Dalam rangka meningkatkan pengembangan Desa Wisata Belitar Seberang, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan melakukan pelatihan dan pendampingan, kami akan terus menjalin kemitraan. Saya juga membuat konten untuk mempromosikan Desa Wisata Belitar Seberang ini. Jadi tidak hanya wisatawan domestik yang datang ke sini, tetapi juga wisatawan asing. Kita harus menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha di sini,” kata Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah mendukung pengembangan desa wisata tersebut.

“Saya sangat senang Bengkulu diberkahi dengan destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan sejarah tetapi juga alam yang luar biasa berupa Air Terjun Tri Sakti dan Puspa Dewi. Kami beruntung memiliki Menparekraf yang lincah, kreatif dan konkrit. Kita juga beruntung karena hari ini kita bisa mengadakan penghargaan 50 desa wisata Indonesia terbaik,” kata Rohidin.***

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button