Ayo dukung desa Belitar Seberang dalam event ADWI 2022, caranya sangat mudah! - WisataHits
Jawa Timur

Ayo dukung desa Belitar Seberang dalam event ADWI 2022, caranya sangat mudah!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno dan Gubernur Rohidin di Desa Belitar Seberang Foto: Dok

Berita Interaktif – Desa Belitar Seberang terletak di Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu dan merupakan salah satu desa yang dapat diakses melalui Bendungan Curup-Lubuk Linggau. Jarak dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu ke desa ini adalah ± 2 jam 30 menit.

Desa yang terdiri dari 3 (tiga) dusun ini memiliki kepadatan penduduk ± 1010 jiwa (± 297 kepala keluarga), yang terdiri dari suku Lembak dan Jawa.

Luas wilayah ± 625 ha, topografi wilayah 400-600 m di atas permukaan laut, berupa perbukitan dan lembah, karena itu desa Belitar Seberang memiliki iklim yang sejuk.

Berbagai hasil pertanian dan perkebunan ada di desa Belitar Seberang. Didominasi oleh pohon aren yang dapat ditemukan hampir di setiap sudut wilayah desa, perkebunan kopi Robusta juga terdapat di perbukitan desa Belitar Seberang.

Sejarah desa Belitar Seberang dimulai pada tahun 1930 ketika terjadi perpindahan penduduk/transmigrasi dari Kabupaten Blitar, Jawa Timur ke pulau Sumatera tepatnya di provinsi Bengkulu, dan berdirinya desa Belitar Seberang berarti wilayah Blitar yang terbentang melintasi pulau jawa.

Sejarah desa menyebutkan bahwa Proklamator Ir. Soekarno, Presiden pertama Indonesia, mengunjungi desa Belitar Seberang ketika dia diasingkan ke Provinsi Bengkulu pada tahun 1938.

Kebanyakan orang hidup dari hasil pertanian dan hasil perkebunan menggunakan lahan pertanian mereka sendiri. Desa Belitar Seberang kaya akan wisata alam, budaya dan tradisional.

Ayo dukung Desa Wisata Belitar Sebrang menjadi desa wisata terpopuler dalam ajang Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022. Voting berlangsung hingga 28 Oktober 2022.

Mari dukung Desa Belitar Seberang menjadi desa wisata kelas dunia untuk Bengkulu besar, Indonesia. Mudah!

  • Tonton video dibawah ini sampai habis
  • Like (like) videonya dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya
  • Bagikan video dengan keluarga, kerabat, dan teman dan undang mereka untuk memilih
  • Semakin banyak suka videonya, semakin besar peluang menjadi favorit
  • Terakhir, berlangganan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button