5 Makanan Khas Tasikmalaya, Pedas dan Manis Jadi Prima Donna - WisataHits
Jawa Barat

5 Makanan Khas Tasikmalaya, Pedas dan Manis Jadi Prima Donna

Rabu, 9 November 2022 – 13:02 WIB

Masakan VIVA – Tasikmalaya memiliki beragam destinasi wisata yang indah seperti wisata pantai diantaranya Pantai Cipatujah, Pantai Karang Trawulan, hingga kawasan wisata Gunung Galunggung.

Selain itu, Tasikmalaya juga dikenal dengan ragam kulinernya yang lezat. Makanan khas Tasikmalaya juga menjadi primadona para wisatawan yang berkunjung ke daerah Jawa Barat ini.

Pantai Cimanuk di Tasikmalaya

Pantai Cimanuk di Tasikmalaya

Foto:

Bukan hanya kota Bandung, kota Bogor atau kota Cirebon yang menjadi surga kuliner di Jawa Barat. Kota Tasikmalaya juga bisa disebut sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi.

Lalu apa saja makanan khas Tasikmalaya yang paling populer di kalangan wisatawan tersebut? Mari kita lihat rating VIVA sebagai berikut.

Cilok Goang

Makanan khas pertama kota Tasikmalaya adalah sambal goang. Sambal goang biasanya disajikan sebagai pengiring masakan tradisional Sunda. Salah satu makanan yang cocok untuk sambal goang adalah ikan goreng.

Sambal goang dibuat dengan cabai rawit, kencur dan bawang putih yang dihaluskan kemudian minyak panas. Sambal goang tidak hanya enak disantap dengan ikan goreng, tapi juga cocok untuk dicocol ayam goreng dengan lauk pedas.

Sepiring tahu kupat

Selanjutnya ada kupat tahu singaparna. Rasanya tidak ada yang asing dengan Tahu Kupat Tasikmalaya yang satu ini.

Sebagian dari Tasikmalaya Singapore Tofu Kupat sudah tercampur dengan ketupat, potongan tahu dan tauge. Bahan-bahan itu kemudian ditambahkan ke saus kacang. Kupat Tahu singaparna juga biasa disajikan dengan kecap manis, bawang goreng dan kerupuk bawang.

Sekedar saran, Kupat Tahu Singaparna enak disantap untuk sarapan pagi. Selain itu, sebenarnya ada dua jenis tahu kupat yang berasal dari Tasikmalaya. Salah satunya adalah Kupat Tahu Mangunreja yang rasanya sama dan pastinya bisa memanjakan lidah.

3. Cilok Goang

cilok goang.

Tasikmalaya juga memiliki cilok khas yang disebut cilok goang. Ya, nama Goang sendiri berasal dari nama sambal khas Tasikmalaya yaitu Cabai Goang yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bagian dari cilok goang ini terdiri dari cilok yang diberi kuah kaldu.

Tak hanya cilok, terkadang seporsi cilok goang disajikan dengan tambahan siomay, siomay dan gunting ayam. Cilok Goang cocok buat kamu yang suka makanan berkuah dengan rasa pedas yang enak

4. Citruk

ilustrasi keripik.

Makanan khas Tasikmalaya lainnya adalah Citruk. Nama citruk sendiri merupakan singkatan dari aci ngajetruk.

Citruk adalah makanan yang mirip kerupuk. Camilan ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa gurih yang akan membuat Anda ketagihan. Citruk sendiri terbuat dari tepung tapioka atau aci dan tepung terigu yang berbentuk bulat pipih. Jajanan tradisional ini juga menggunakan bumbu-bumbu agar kaya rasa.

5. Kolonong

Kue beras.

Sajian manis Tasikmalaya lainnya yang bisa membuat Anda ketagihan adalah kolontong atau kelontong. Hidangan elips ini dibuat dengan ketan dan gula merah.

Kolontong mudah ditemukan di Tasikmalaya, terutama di daerah Cisayong, sentra produksi makanan khas Tasikmalaya yang paling banyak diminati masyarakat, apalagi saat hari raya hampir tiba.

Oh ya, sekedar FYI, dari bisnis kolontong ini pemiliknya malah dikira bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk tetangganya lho. Itu bagus, bukan?

Nah, jika Anda berkunjung ke Tasikmalaya, belum lengkap rasanya jika tidak memiliki jajanan yang satu itu. Tertarik mencoba kolontong manis Tasikmalaya?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button