Desa Wisata Tugu Utara meraih juara 1 kategori Lanjutan - WisataHits
Jawa Barat

Desa Wisata Tugu Utara meraih juara 1 kategori Lanjutan

Bogordaily.net– Desa Wisata Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor meraih juara 1 kategori lanjutan dan meraih total hadiah Rp 150 juta pada Festival Desa Wisata Kabupaten Bogor 2022.

Dari lima finalis desa wisata kategori lanjutan, Desa Wisata Tugu Utara dinobatkan sebagai juara pertama hasil evaluasi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan hadiah tiga kategori berdasarkan penilaian untuk mendorong dan menggali potensi pengembangan ekonomi lokal.

Pengelola Desa Wisata Tugu Utara Renol Hamzah mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil sinergi seluruh masyarakat Desa Tugu Utara dengan pemerintah desa setempat.

“Kalau saya bilang juara satu itu bonus, itu bukan akhir segalanya, tapi ini awal,” kata Renol Hamzah usai Festival Desa Wisata di Auditorium Sekretariat Kabupaten Bogor, Kamis, 24 November 2022.

Menurut Renol, Telaga Saat merupakan salah satu wisata terbaik yang bisa menjadi andalan dalam ajang Anugerah Wisata Desa 2022, kata Renol. Disebutkan pula, ada Gunung Luhur dan Gunung Kencana yang juga satu kawasan.

“Pemimpinnya adalah Desa Wisata Tugu Utara. Manajemen sepenuhnya berbasis komunitas dan alhamdulillah kami perkuat,” kata Renol.

Telaga Saat, kata dia, merupakan rawa yang dikeruk oleh Dinas PUPR. Namun, pengerukan tersebut terbengkalai dan akhirnya pemkot berinisiatif menjadikannya potensi wisata di Puncak.

“Sebelumnya danau itu sebenarnya rawa, kemudian pengerukannya dilakukan oleh PUPR dan tidak dikelola. Kami sudah diutus oleh desa untuk menjadi desa wisata,” ujar Kepala Desa Wisata Tugu Utara tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin meminta para pemenang mempertahankan kawasan desa wisatanya.

“Intinya bagaimana memanfaatkan potensi yang ada untuk kemakmuran masyarakat setempat,” kata Burhanudin di depan gedung Sekda Bogor.(Mutia Dheza Cantika)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button