Kunjungi Badung, Kota Pasuruan dan pelajari implementasi Smart City - WisataHits
Jawa Timur

Kunjungi Badung, Kota Pasuruan dan pelajari implementasi Smart City

SURYA.CO.ID|PASURUAN – Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan melakukan studi banding dengan Diskominfo Badung untuk mengkaji implementasi smart city oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung.

Kepala Discominfotik Kokoh Arie Hidayat menyampaikan tujuan studi replika ini untuk mengkaji implementasi Smart City di Kabupaten Badung.

“Kami rombongan dari Kota Pasuruan,” ujarnya, Sabtu (8/6/2022).

Kokoh mengatakan studi banding ini dilakukan untuk membangun kemitraan. Saat ini, pemerintah kota sedang gencar mempromosikan pariwisata yang merupakan potensi Kota Pasuruan.

Ada beberapa pelajaran yang dipetik oleh rombongan selama kunjungan mereka ke Badung. Di penghujung tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Badung mendirikan Badung Command Center atau BCC untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik.

Antara lain melalui pelayanan publik berbasis teknologi yang terintegrasi.

Pemerintah Kabupaten Badung menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan smart city.

Antara lain, membangun pengembangan berbasis teknologi informasi (TI) untuk mempermudah proses penyelesaian pengaduan masyarakat dan melakukan prosedur administrasi agar lebih efektif.

“BCC dengan slogannya Badung Information Communication adalah pusat monitoring semua sensor dan data dari aplikasi di perangkat daerah Kabupaten Badung untuk diintegrasikan,” lanjutnya.

Semuanya ditampilkan di layar dinding BCC. Ada data yang bisa dilihat antara lain CCTV dan video analytics, data pelayanan publik seperti perizinan, perpajakan, kependudukan dan lain-lain.

“Kami belajar banyak tentang implementasi smart city Kabupaten Badung. Kedepannya kami akan pantau, pantau dan modifikasi hasil kunjungan ini untuk diterapkan di Kota Pasuruan,” pungkasnya. (melihat.)

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button