BNI, APKASI dan Kadin Percepat Implementasi dan Digitalisasi Smart City - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

BNI, APKASI dan Kadin Percepat Implementasi dan Digitalisasi Smart City – ANTARA News Yogyakarta

Jakarta (ANTARA) – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (APKASI) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersinergi mempercepat implementasi Kota Pintar atau Smart Cities. kota Pintar dan digitalisasi.

Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum APKASI dan Bupati Kerajaan Kabupaten Dharmasraya Sutan Riska Tuanku, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Arsjad Rasjid dan Direktur Layanan dan Jaringan BNI Ronny Venir.

Ronny Venir, Direktur Layanan dan Jaringan BNI, dalam keterangan resmi, Kamis di Jakarta, mengatakan BNI berkomitmen untuk memberikan solusi keuangan yang komprehensif sesuai dengan tujuan BNI. Mitra perbankan keuangan Anda.

“Terima kasih telah mempercayai APKASI dan Kadin. Kami yakin upaya transformasi digital ini dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat di kawasan ini,” kata Ronny.

Sejalan dengan semangat BNI Go Digital, ia mengatakan perusahaan memberikan banyak fasilitas bagi anggota APKASI dan Kadin Indonesia, termasuk BNI Taplus dengan fasilitas perbankan selulerBNI Griya melalui aplikasi KPR on linefasilitas kredit rumah bersubsidi dan produk asuransi dari BNI Life.

Sementara itu, penerapan Smart Cities merupakan bentuk dukungan BNI kepada seluruh pemerintah daerah menuju 100 Smart Cities, program bersama Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinkes, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bappenas, dan Kantor Presiden.

Gerakan ini bertujuan untuk membimbing kabupaten/kota dalam menyusun rencana grand smart city sehingga dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan publik maupun mengakselerasi potensi yang ada di masing-masing daerah.

Hadir pada peresmian langkah strategis ini adalah SVP Optimalisasi Bisnis BNI Hermita, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia untuk Organisasi Eka Sastra dan Ketua APKASI Sutan Riska Tuanku Raya serta seluruh Bupati dan Bupati se-Indonesia.

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menyampaikan langkah penerapan sistem smart city di pemerintah daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, khususnya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2021 membentuk Gugus Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD).

Menurutnya, langkah strategis perbankan, pelaku usaha, dan pemerintah daerah ini akan mampu mendorong elektronifikasi transaksi pemerintah daerah untuk mendukung perkembangan transaksi pembayaran digital publik.

“Tentu kami menyambut baik langkah proaktif beberapa pihak ini. Kami yakin dengan bantuan BNI dan Kadin, semakin banyak pemerintah daerah yang mampu menerapkan sistem smart city untuk mewujudkan stabilitas dan kemajuan ekonomi daerah,” kata Wempi.

Ia mengatakan BNI memiliki program BNI Smart City yang nantinya akan membantu pemerintah daerah menggunakan teknologi informasi dalam membangun ekosistem berbasis digital untuk melakukan pengelolaan keuangan daerah guna memenuhi tujuan smart city.

BNI juga akan membantu mempertemukan pemangku kepentingan yang beragam dalam membangun ekosistem yang cerdas dengan spektrum yang luas baik di pemerintahan, bisnis maupun konsumen.

Lingkup kerja sama ini mencakup smart government untuk solusi manajemen informasi untuk sistem keuangan kota, solusi untuk menerima berbagai jenis pajak atau pendapatan, dan solusi pembayaran. Selain itu, terdapat masyarakat cerdas yang meliputi ekosistem pariwisata, ekosistem kesehatan, dan ekosistem pendidikan.

Selain itu, smart economy terdiri dari ekosistem pasar, agroekosistem, ekosistem perikanan, ekosistem BUMDes dan program BNI Xpora untuk UMKM go global. Sedangkan Smart Environment meliputi program Ayo menabung dengan sampah dan pengelolaan sampah secara benar dan benar.

“Kami yakin BNI akan membawa solusi dan manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat melalui layanan dan produk perbankan digital dengan dukungan berbagai jaringan dan channel,” tambahnya.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: BNI, APKASI, Kadin Percepat Implementasi Kota Pintar dan Digitalisasi

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button