Kunjungan wisatawan ke Yogyakarta pada 2022 diperkirakan mencapai tujuh juta orang - WisataHits
Yogyakarta

Kunjungan wisatawan ke Yogyakarta pada 2022 diperkirakan mencapai tujuh juta orang

YOGYAKARTA (ANTARA) — Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta memperkirakan kunjungan wisatawan ke kota Yogyakarta pada akhir tahun 2022 mencapai sekitar tujuh juta orang, atau jauh melebihi target dua juta wisatawan.

“Akhir tahun adalah satu musim ramai Kunjungan wisatawan ke Yogyakarta yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, sehingga jumlah kunjungan sepanjang tahun mencapai tujuh juta orang,” kata Kepala Biro Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta tidak menargetkan kunjungan wisatawan berdasarkan waktu atau periode waktu acara tentu, tetapi tetapkan tujuan tahunan.

Hingga akhir Oktober 2022, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta mencapai 5,9 juta orang, sehingga target tujuh juta wisatawan diharapkan tercapai pada akhir tahun.

Meski kasus COVID-19 saat ini sedang meningkat, Wahyu mengatakan kondisi tersebut tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Yogyakarta karena aturan PPKM Level 1 masih dilaksanakan berdasarkan pedoman terbaru dari Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga: Desa Wisata Mas dan Mbak Yogyakarta Jadi Ujung Tombak Promosi Pariwisata

“Pemkot Yogyakarta dan seluruh gubernur di DIY sedang melaksanakan PPKM Level 1, artinya semua kegiatan diperbolehkan tetap berjalan dengan kapasitas 100 persen, termasuk pariwisata,” ujarnya.

Wahyu juga mengimbau seluruh pemangku kepentingan industri pariwisata untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam mengantisipasi penularan COVID-19.

Sementara itu, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan meluncurkan Tourist Information Service (TIS) khusus menyambut libur panjang akhir tahun bekerja sama dengan sejumlah organisasi daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

TIS rencananya akan dibuka di beberapa tempat ramai yang menjadi pusat kunjungan wisatawan, seperti kawasan Malioboro atau di Jalan Margo Utomo.

“Dalam kegiatan ini, kami juga akan melibatkan Mas dan Mbak Kampung Wisata yang baru saja terpilih untuk mempromosikan desa wisatanya kepada pengunjung,” ujarnya.

Untuk itu, Wahyu berharap wisatawan tidak hanya mengunjungi destinasi wisata terkenal, tetapi juga mengunjungi desa wisata yang saat ini berjumlah 18 desa.

Baca Juga: Sandiaga: Yogya Tuan Rumah ATF 2023

Baca juga: Tiket Natal dan Tahun Baru Daop 6 Yogyakarta Mulai Dijual

Reporter: Eka Arifa Rusqiyati
Penerbit: Satyagraha
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button