Jaringan 4G XL Axiata siap dukung event World Superbike di Mandalika | RADAR BOGOR - WisataHits
Jawa Barat

Jaringan 4G XL Axiata siap dukung event World Superbike di Mandalika | RADAR BOGOR

LOMBOK RADAR BOGOR, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G Lombok dalam kondisi prima dan siap menjadi tuan rumah World Superbike 2022 (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), 12-12 Juni 2022. Menyambut November 13, 2022.

Baca Juga: Performa Mantap, XL Axiata Terus Tingkatkan Kualitas Jaringan

Setidaknya ada 10 BTS 4G yang disiapkan untuk mengcover seluruh Mandalika, termasuk sirkuit dan area pendukung di sekitarnya, di mana terdapat puluhan hotel besar dan kecil, restoran, dan berbagai fasilitas wisata lainnya.

XL Axiata juga menggelar jaringan 5G di sekitar sirkuit menggunakan Dynamics Spectrum Sharing (DSS) dan menyiagakan 3 unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat ajang balap global berlangsung.

Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, XL Axiata sebagai operator dengan jumlah pelanggan terbesar di Lombok berkomitmen untuk turut memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan WSBK kedua di Mandalika dengan menyediakan jaringan 4G dan 5G. dikerahkan secara memadai sesuai kebutuhan. .

“Potensi lonjakan trafik di ajang WSBK sangat tinggi mengingat ajang balap ini sangat digemari masyarakat Indonesia secara keseluruhan, belum lagi potensi kehadiran penonton dari luar negeri. Dengan semakin banyaknya orang yang datang ke daerah tersebut, kebutuhan akan jaringan telekomunikasi dan data yang berkualitas akan semakin meningkat,” ujarnya.

Gede menambahkan, XL Axiata akan mengadopsi teknologi terbaru yaitu Massive MIMO, khusus untuk BTS yang menjangkau wilayah sirkuit Mandalika. Dengan teknologi ini, layanan data yang lebih baik dapat diberikan di masa depan karena kapasitas data dapat ditingkatkan.

Menurut Gede, peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya terbatas di Mandalika. XL Axiata juga memperluas jaringan 4G ke setiap pelosok Lombok, baik untuk meningkatkan kualitas layanan data dan suara di perkotaan maupun untuk memperluas wilayah yang sebelumnya tidak terjangkau. Saat ini jaringan 4G XL Axiata tersedia untuk pelanggan di 598 desa/Kelurahan, 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok.

Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, di mana sekitar 2.300 di antaranya adalah BTS 4G. Jumlah BTS 4G akan terus bertambah mengingat saat ini XL Axiata juga sedang melakukan ekspansi di seluruh kabupaten di Lombok.

“Keberadaan jaringan 4G di Mandalika dan seluruh desa/Kelurahan di Lombok juga merupakan realisasi dari komitmen XL Axiata untuk membantu meningkatkan literasi digital masyarakat di pelosok pedesaan. Ketersediaan jaringan internet berkualitas tinggi dan literasi digital yang juga terus meningkat akan mendorong produktivitas dan membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital,” kata Gede.

Selain memperluas dan menambah BTS, XL Axiata terus meningkatkan kapasitas jaringan 4G-nya baik dari sisi radio dan transmisi maupun melalui fiberisasi. Saat ini sebagian besar dari 571 BTS di Lombok sudah rusak dan akan terus bertambah. Sementara itu, sejak awal tahun 2021 hingga sekarang, kapasitas di sekitar BTS telah ditingkatkan. Dalam dua tahun terakhir, trafik dari XL Axiata di Lombok meningkat sebesar 82%.

Di beberapa kawasan wisata terpopuler di Lombok, XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. XL Axiata telah menyiapkan 5 BTS 4G di Sembalun, 1 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 5 BTS 4G di Gili Trawangan, 1 BTS 4G di Desa Sade, 20 BTS 4G di Senggigi dan 19 BTS 4G di Narmada.

Sementara itu, XL Axiata mengoperasikan 145 BTS untuk memenuhi kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan tersibuk, sedangkan Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid mengoperasikan 1 BTS 4G dan Pelabuhan Lembar mengoperasikan 5 BTS 4G.

Ke-19 desa wisata populer sebagai destinasi wisata juga terlayani oleh jaringan 4G XL Axiata, antara lain Desa Selong Belanak, Desa Kopang Rembiga, Desa Bilibante, Desa Aik Dareq, Desa Kembang Kuning, Desa Sembalun, dan Desa Pringgasela. Kemudian Desa Seruni Mumbul, Desa Sembalun Bumbung, Desa Paremas, Desa Sugian, Desa Mamben Baru, Desa Senaru, Desa Malaka, Desa Jenggala, Desa Pemenang Barat, Desa Sesaot, Desa Sekotong Tengah dan Desa Sedau. Dengan kapasitas dan infrastruktur yang tersedia, XL Axiata optimis dapat menawarkan layanan telekomunikasi dan data yang maksimal di kawasan wisata tersebut.

Saat ini, jaringan XL Axiata untuk seluruh wilayah NTB didukung oleh lebih dari 5.600 BTS, termasuk lebih dari 3.100 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi dalam jaringan fiber optic, transmisi, backhaul, upgrade jaringan dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan dan kualitas layanan sejalan dengan pertumbuhan berkelanjutan dari jaringan 4G LTE XL Axiata. data meningkatkan lalu lintas resmi.

Jaringan XL Axiata VoLTE di Lombok

XL Axiata terus memperluas cakupan area layanan Voice over LTE (VoLTE). Mulai Oktober 2022, layanan suara akan tersedia di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Lombok, melalui jaringan data berkecepatan tinggi ini. VoLTE adalah layanan suara atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution).

Dengan VoLTE, layanan suara menjadi lebih baik dimana kualitas suara menjadi sangat jernih. XL Axiata terus mempersiapkan infrastruktur jaringan di kota/pemerintah selanjutnya untuk mendukung layanan VoLTE di fase selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati layanan kualitas suara yang superior, XL Axiata perlu mengoptimalkan jaringan secara menyeluruh agar benar-benar siap untuk VoLTE.

Dodik Ariyanto, Head of XL Axiata’s East Region, mengatakan XL Axiata berharap teknologi VoLTE akan memudahkan masyarakat di Lombok untuk berkomunikasi dengan lebih nyaman melalui layanan suara atau telepon. Dengan mengaktifkan layanan VoLTE di smartphone, pelanggan akan terhubung lebih cepat dan memiliki suara yang lebih jernih serta akses data tanpa gangguan bahkan saat menerima panggilan.

Pelanggan dapat langsung mulai menggunakan layanan XL Axiata VoLTE tanpa harus melakukan registrasi atau pembelian paket tertentu. Tarif yang berlaku didasarkan pada tarif panggilan reguler atau kuota paket yang saat ini digunakan oleh pelanggan.

Untuk pengalaman terbaik, pelanggan dapat memanfaatkan paket Xtra Combo dimana selain kuota internet dan YouTube, pelanggan juga mendapatkan bonus kuota nelpon ke semua operator yang dapat digunakan untuk menikmati layanan XL Axiata VoLTE.

Baca Juga: Dukung Pembangunan Ekonomi Daerah, XL Axiata Perkuat Jaringan 4G Sepanjang Jalur Jawa Barat-Pansela

Selain itu, pelanggan tidak memerlukan kartu SIM khusus untuk dapat menggunakan VoLTE. Pelanggan hanya perlu memastikan telah menggunakan kartu SIM jenis USIM yang saat ini diwajibkan untuk menggunakan layanan data 4G.

Pelanggan harus memastikan berada dalam jangkauan VoLTE XL Axiata dan menggunakan ponsel yang telah menerima update software VoLTE XL Axiata dengan kartu SIM 4G. Untuk range dan type smartphone bisa dilihat di website (mer)

Penerbit: Joseph

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button