Warga Dusun Surodadi Magelang menjadikan pariwisata Negeri Surga untuk mendongkrak perekonomian warga sekitar - WisataHits
Yogyakarta

Warga Dusun Surodadi Magelang menjadikan pariwisata Negeri Surga untuk mendongkrak perekonomian warga sekitar

Wartawan Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG – Perbaikan jalan di Dusun Surodadi, Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang beberapa tahun lalu terbukti menjadi berkah bagi warga sekitar.

Perbaikan jalan tersebut membuka peluang baru bagi warga untuk mengubah kawasan tempat tinggalnya menjadi destinasi wisata yang disebut Negeri Surga.

Dahulu, akses jalan menuju desa cukup sulit, kontur jalan yang berkelok-kelok dan landai tidak bisa dibuka untuk tempat wisata.

Padahal, pemandangan alam desa ini sangat menarik.

Ada empat gunung besar di pulau Jawa, yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang bisa dinikmati dari dusun yang memiliki ketinggian 1.130 meter di atas permukaan laut.

Menjelang Kahyangan State Tour, Pengelola Pariwisata Negeri Kahyangan dan Kepala Dusun Surodadi, Supri mengatakan, masyarakat sekitar hanya mengandalkan pertanian sayuran untuk mencari nafkah.

“Wisata ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Karena jelas di masa pandemi yang lalu kami mampu mempekerjakan hingga 19 orang dari masyarakat sekitar untuk bekerja di sini. Sebelumnya warga sekitar yang dulunya hanya petani murni kini bisa berjualan wisata ini,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Selasa (19/7/2022).

Uniknya untuk dijual, warga sekitar sudah menyediakan lapak.

Dalam sistem penjualan, toko besar dijalankan oleh 10 keluarga (KK), sedangkan toko kecil dapat dijalankan oleh 2 keluarga.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button