Untuk memberdayakan desa wisata, Adira Finance mengadakan festival kreatif lokal di Desa Wisata Alamendah: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

Untuk memberdayakan desa wisata, Adira Finance mengadakan festival kreatif lokal di Desa Wisata Alamendah: Okezone Travel

Anda pernah ke Desa Wisata Alamendah Kabupaten Bandung? Jika belum, rencanakan kunjungan Anda ke sana, oke? Desa Wisata Alamendah di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat memang menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau pasangan. Keindahan alam yang masih asri dan sejuk akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih segar.

Jadi, sangat cocok bagi Anda untuk berlibur dan bersantai sambil berjalan-jalan di sekitar kawasan ini Desa Wisata Alamendah. Pasalnya, desa ini menorehkan prestasi tersendiri dengan masuk dalam jajaran 50 besar desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 (ADWI).

Tak heran jika banyak wisatawan yang mulai mengunjungi Desa Wisata Alamendah karena banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan di desa wisata kebanggaan warga Kabupaten Bandung ini. Desa wisata ini tidak hanya menonjolkan sektor pariwisata, tetapi juga mengedepankan sektor industri kreatif sehingga mampu menjadi penopang perekonomian nasional.

Untuk membantu merevitalisasi sektor pariwisata dan memutar ekonomi masyarakat di sana, Anda bisa menjadikan desa ini sebagai tujuan wisata dan membeli hasil kreasi lokal dari masyarakat di sana untuk dibuat oleh-oleh.

Saat berkunjung ke desa wisata ini, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru seperti; B. Petik stroberi langsung dari kebun stroberi. Anda bisa membawa pulang hasil panen strawberry sebagai oleh-oleh. Kepuasan tersendiri dijamin saat menikmati stroberi petik. Setelah puas memetik buah strawberry, Anda bisa menikmati santap siang berupa ayam saus strawberry atau aneka racikan strawberry lainnya.

Setelah lelah berkeliling taman, Anda bisa makan jajanan, minum kopi, dan juga membeli oleh-oleh dari perkebunan masyarakat seperti stik sayur, boneka, dan sandal strawberry.

Kunjungi juga Air Terjun Awi Langit, salah satu tempat wisata di Desa Wisata Alamendah. Untuk mencapainya cukup dengan berjalan kaki. Desa wisata ini juga memiliki spot foto instagenik yang menyuguhkan pemandangan perkebunan strawberry yang luas.

Desa wisata ramah berkendara

Eksotisme alam Desa Wisata Alamendah membuat PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal (FKL) di Desa Wisata Alamendah dengan tema Desa Wisata Ramah Berkendara.

Festival Kreatif Lokal (FKL) di Desa Wisata Alamendah dengan tema Desa Wisata Ramah Berkendara. (Foto: Dok. Adira Finance)

Desa Wisata Alamendah merupakan desa kelima dan terakhir dalam rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 yang berlangsung pada Agustus hingga November 2022. Local Creative Festival 2022 merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal, yang berfokus pada pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun ketiga diadakannya Festival Kreatif Lokal, programnya meliputi kegiatan literasi dan pendampingan UMKM bertajuk Desa Wisata Kreatif dan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara serta Festival Pasar Rakyat”.

Adira Finance bersama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Indonesia menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2022 di 5 desa wisata di wilayah Jawa dan Bali, yang sudah memiliki komponen pendukung seperti infrastruktur penggerak dan sumber daya manusia, serta ekosistem pariwisata dan kreatif industri.

“Ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami Adira Finance bersama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI untuk terus berjuang memulihkan pariwisata dan industri kreatif pasca pandemi Covid-19 dengan mengajak teman-teman komunitas motor touring bersama dan memperkenalkan Alamendah Desa Wisata sebagai destinasi wisata lokal yang ramah bagi pecinta mobil,” kata Swandajani, Direktur Pemasaran Adira Finance.

Swandajani menjelaskan, Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI memilih Desa Alamendah sebagai desa wisata ramah lalu lintas bukan tanpa alasan.

Desa ini memiliki potensi yang dapat dikembangkan ke arah yang lebih baik dan kriteria pendukung yang memadai antara lain infrastruktur seperti jalan beraspal, lampu lalu lintas, SPBU dan bengkel mobil, sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata, serta ekosistem pariwisata. , yaitu tempat wisata, akomodasi atau fasilitas lainnya.

Manager Desa Alamendah Awan Rukmawan mengapresiasi kunjungan dan dukungan dari Adira Finance, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI serta komunitas sepeda motor yang ingin berkontribusi dalam pembangunan Desa Alamendah. Desa Alamendah merupakan desa percontohan tingkat nasional dan ADWI terbaik kedua kategori Digitalisasi.

“Alhamdulillah ada 3 kali kunjungan ke desa kami dalam satu minggu untuk diterjunkan sebagai percontohan di daerah lain. Desa kami memiliki 8.700 keluarga di 30 RW. Alhamdulillah semuanya rukun, yang membuktikan bahwa desa wisata kita adalah desa yang nyaman untuk dikunjungi,” ujarnya.

Awan berharap kegiatan ini dapat berlanjut ke depannya dan Desa Alamendah menjadi inspirasi bagi berbagai pihak dalam pengembangan ekosistem pariwisata dan industri kreatif. Ya, pelaksanaan Local Creative Festival 2022 juga didukung oleh berbagai pihak, baik dari pihak pemerintah maupun swasta, seperti Zurich Insurance Indonesia, MUFG, Bank Danamon dan Adira Finance Syariah.

Sudah terbayang kan serunya mengunjungi Desa Alamendah bersama keluarga atau orang tersayang? Yuk, rencanakan sekarang juga untuk pengalaman dan keseruan yang tak terlupakan di Desa Alamendah.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

(Paus)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button