Kunjungan bersejarah situs megalitik SOKOLIMAN Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Kunjungan bersejarah situs megalitik SOKOLIMAN Gunung Kidul

Situs megalitik Sokoliman – Yogyakarta tidak hanya memiliki tempat wisata budaya yang sarat dengan adat Jawa, namun di beberapa tempat, Anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat wisata di Jogja yang memiliki minat khusus.

Lokasi

Salah satunya adalah Situs Megalitikum Sokoliman yang terletak di Dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Di situs ini, Anda akan melihat hamparan bebatuan purba yang diperkirakan berusia sekitar 4000 SM.

Anda dapat mencapai tempat ini melalui kota Wonosari ke arah utara sejauh kurang lebih 10 km, ikuti petunjuk arah menuju Karangmojo. Akses jalan yang beraspal dan mulus akan memudahkan akses Anda menuju tempat ini.

Situs megalitik Sokoliman via IG @erwan_heriSitus megalitik Sokoliman via IG @erwan_heri

Jika Anda masih kesulitan mencari tempat ini, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar tentang arah Goa Pindul karena lokasi situs Sokoliman tidak jauh dari objek wisata Goa Pindul.

Setelah mendekati objek wisata Gua Pindul, Anda akan menemukan tanda yang menunjuk ke situs Sokoliman ini.

Situs yang berada di bawah Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta (BP3 YK) ini menyimpan beberapa peninggalan batu kapur purbakala dengan sebaran benda yang tidak terlalu berjauhan. Untuk masuk ke objek wisata situs megalitik Sokoliman ini tidak dipungut biaya.

Objek dari situs Sokoliman termasuk kepala patung berbentuk kasar. Diduga kepala arca ini merupakan simbol pemujaan terhadap leluhur yang telah meninggal karena ditemukan di sekitar makam batu.

Situs megalitik Sokoliman via IG @y_sembiringSitus megalitik Sokoliman via IG @y_sembiring

Kepala arca yang belum sepenuhnya terbentuk ini disimpulkan oleh para ahli yang telah mempelajarinya sebagai benda purbakala mengingat bentuknya masih belum sempurna sedangkan alat untuk mengukirnya belum terbuat dari besi melainkan dari Kapak Oval dan Perimbas Kapak yang biasa digunakan oleh manusia purba pada Zaman Megalitikum.

Baca juga: Bengawan Solo Bekas Gunung Kdiul

Bergerak ke arah tengah, Anda akan menemukan batu berbentuk oval dan kubus. Para ahli menyebutnya kuburan batu, karena pada saat itu ada sistem dan tata cara penguburan mayat.

Hal ini diperkuat dengan ditemukannya awal fragmen tulang meski bentuknya tidak utuh. Anda akan menemukan banyak hal yang terlihat seperti peti tetapi terbuat dari batu atau kapur.

Foto oleh Pradito Rida PertanaFoto oleh Pradito Rida Pertana

Di sebelah utara situs ini Anda akan menemukan bangunan mirip rumah kecil yang masih berbatu kapur. Penduduk setempat menyebutnya Watu Jeli atau biasa disebut Padupan (tempat menaruh dupa).

Kunjungi juga: Wisata Cave Tubing Kalisuci di Gunung Kidul

Objek ini awalnya terletak di sebelah utara lokasi situs ini tepatnya di Sumur Gedhe dengan alasan keamanan dan keutuhan Watu Jeli, akhirnya dipindahkan ke kompleks situs megalitikum Skololiman.

Sumur Gedhe sendiri masih digunakan oleh warga sekitar sebagai sumber air utama di kala kemarau panjang. Di pinggir sumur konon terdapat pohon Soka yang menjadi cikal bakal penamaan desa Sokoliman ini.

Catatan singkat bagi Anda yang ingin melihat batu megalitik yang berusia ribuan tahun ini pastikan untuk meminta izin kepada warga sekitar lokasi.

Anda juga bisa mendapatkan buku panduan gratis dari warga sekitar yang mengetahui sejarah dan seluk beluk penemuan artefak kuno tersebut.

Apalagi jangan pernah merusak keaslian situs ini, karena banyak tangan-tangan jahil yang berusaha merusak peninggalan situs ini, sangat disayangkan peninggalan leluhur yang berusia beberapa ribu tahun ini dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

* * * * *

Demikian ulasan situs megalitikum Sokoliman yang bisa Anda jadikan tempat liburan seru bersama orang tersayang. Selain liburan tentunya bisa menjadi sarana edukasi bersama anak.

Kunjungi juga: Wisata Goa Gelatik Gunung Kidul

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button