MUSEUM NASIONAL Tiket dan kegiatan - WisataHits
wisatahits

MUSEUM NASIONAL Tiket dan kegiatan

MUSEUM NASIONAL Tiket dan kegiatan

Harga tiket masuk Museum Nasional: Rp 7.500 – Rp 35.000. Jam buka: 08:00 WIB – 16:00 WIB. Nomor telepon: (021) 3868172. Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, RT.2/RW.3, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10110.

Museum Nasional Indonesia atau biasa dikenal dengan Museum Gajah yang terletak di kawasan pusat kota Jakarta tepatnya di Jalan Merdeka Barat 12. Bangunan bergaya klasik ini merupakan museum terbesar pertama di Asia Tenggara.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1862 ini merupakan salah satu bentuk pengaruh Eropa yang muncul sekitar abad ke 18. Dikenal sebagai Museum Gajah karena adanya patung gajah di halaman depan bangunan. Patung perunggu tersebut disumbangkan oleh Raja Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1871.

Awal berdirinya museum ini terjadi ketika Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen didirikan. Tujuan pembentukan lembaga independen ini adalah untuk memajukan penelitian di bidang seni dan sains.

Baca: Tiket Masuk Museum Art1 dan Koleksi Seni

Penelitian dikhususkan untuk bidang biologi, arkeologi, fisika, sastra, sejarah dan etnologi. Motto lembaga ini adalah “Sepuluh Nutte van Het Algemeenyang berarti “Demi kepentingan umum”.

Museum Nasional Indonesia banyak mengoleksi artefak kuno dari seluruh Indonesia, seperti patung kuno, prasasti, kerajinan tangan, dan artefak kuno lainnya. Kemudian diklasifikasikan menjadi beberapa bagian seperti etnografi, prasejarah, perunggu, keramik dan tekstil.

Menurut catatan di situs resmi museum pada tahun 2006, museum ini memiliki koleksi benda purbakala mencapai 140.000 buah. Hal inilah yang menjadikan Museum Nasional Indonesia sebagai museum terlengkap di Indonesia.

Tiket masuk Museum Nasional Indonesia

Tiket masuk Museum Nasional Indonesia
Tiket masuk dewasa Rp 15.000
Tiket masuk anak Rp 7.500
Tiket masuk wisata internasional Rp 25.000
Umpan imersif Rp35.000

Baca: Tiket Masuk Museum MOJA Jakarta dan Spot Foto Spektakuler

Informasi penting sebelum berkunjung:

  • Hormati protokol kesehatan yang berlaku.
  • Jangan menyentuh koleksi selama kunjungan.
  • Anak-anak di bawah 2 tahun masuk gratis.

Pengunjung bisa berlibur ke Museum Nasional Indonesia untuk menimba ilmu. Untuk itu, pengunjung diharuskan membeli tiket masuk dengan tarif yang sangat terjangkau.

Persiapkan biaya yang diperlukan untuk membeli tiket sesuai dengan rentang usia pengunjung. Setelah membeli tiket, pengunjung bisa masuk untuk menikmati berbagai koleksi dan penjelasan yang informatif.

Tiket masuk Museum Nasional untuk pengunjung dewasa adalah Rp 15.000 per orang sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp 7.500 per anak. Untuk pengunjung asing atau wisatawan mancanegara dikenakan biaya masuk sebesar Rp 25.000 per orang.

Baca: Pameran dan Pameran Galeri Nasional Indonesia

Jam buka Museum Nasional

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 16.00 WIB
Jadwal imersif 09.20 – 15.30 WIB

Museum Nasional atau Museum Gajah memiliki jam buka yang sama dengan museum lain pada umumnya. Pengunjung dapat mengunjungi museum ini setiap hari, museum buka mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.

Atraksi dan Kegiatan di Museum Nasional Indonesia

setiap akhir pekan (akhir pekan), Museum selalu memiliki kegiatan dari pagi hingga siang hari. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan di gedung B, seperti membatik, belajar tari tradisional, dan mementaskan dongeng bekerja sama dengan Teater Koma. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap sejarah, artefak dan museum itu sendiri. Peserta yang mengikuti pertunjukan dongeng akan belajar tentang masa lalu melalui cerita dan lakon yang menarik.

Baca: Tiket Masuk MUSEUM MACAN dan Jakarta Collection

Kegiatan tari tradisional

Kegiatan tari tradisional yang diselenggarakan oleh museum ini diberi nama Sekolah Tari Prajnaparamita. Program ini dilaksanakan mulai tahun 2016 dan diterima dengan antusias oleh masyarakat sehingga diperbaharui mulai tahun 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan wawasan budaya kepada peserta.

Jika ingin mengikuti kegiatan sekolah tari ini, pengunjung dipersilahkan untuk mendaftar dan datang langsung pada hari Sabtu mulai pukul 09:30 WIB. Kegiatan menari ini dapat diikuti secara gratis tanpa dikenakan biaya apapun.

Baca: Wisata Museum Bank Indonesia Sejarah Perbankan RI

Kegiatan membatik

Kegiatan lain yang diselenggarakan oleh museum dan di mana pengunjung dapat berpartisipasi adalah membatik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan pengunjung cara mengolah batik dengan alat yang telah tersedia. Pengunjung akan dipandu oleh guru ahli dalam proses pewarnaan batik dengan canting. Kegiatan ini akan menjadi kegiatan akhir pekan yang bermanfaat bagi pengunjung Museum.

Pertunjukan teater

Berikutnya adalah pertunjukan teatrikal yang diadakan di museum yang dapat dinikmati pengunjung. Cerita yang akan dibawakan oleh para aktor ini menyangkut cerita dibalik koleksi Museum Nasional Indonesia. Setiap tahun, museum ini bisa menyajikan 5-7 cerita pertunjukan kepada pengunjung. Biasanya informasi mengenai jadwal pertunjukan akan diumumkan melalui media sosial resmi museum.

Sudut anak-anak

Ada juga kegiatan yang bisa diikuti oleh anak-anak di Museum Nasional Indonesia yaitu pojok anak. Kegiatan yang satu ini biasanya diikuti oleh kelompok anak TK dan PAUD. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dengan melukis kendi, mewarnai dan melukis di atas kertas. Selain itu, anak-anak juga dikenalkan dengan permainan tradisional dan cara memainkannya, memakai pakaian adat dan menggunakan alat musik tradisional.

belajar gamelan

Selain itu, ada juga kegiatan belajar gamelan untuk dimainkan pengunjung. Gamelan adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang disediakan oleh Museum Nasional Indonesia. Pengunjung yang ingin mengetahui alat musik ini bisa mencobanya langsung. Ini adalah salah satu hal edukatif yang ditawarkan oleh Museum Nasional Indonesia.

Museum keliling

Ada pula kegiatan bernama Mobile Museum yang rutin diselenggarakan oleh Museum Nasional untuk para pelajar. Tidak hanya disuguhkan dengan pameran sejarah, Mobile Museum juga menawarkan aktivitas menarik seperti membatik, melukis, mendongeng, menonton film, dan mengikuti tur museum secara virtual.

Kegiatan ini tentu menarik karena tidak hanya menyajikan konten sejarah dan budaya, tetapi juga pembelajaran kreativitas produk budaya. Meski ditujukan untuk siswa sekolah dasar, kegiatan ini juga terbuka bagi masyarakat yang ingin menyaksikannya.

Kunjungan ke Museum Nasional Indonesia

Ada pula kegiatan dan layanan wisata yang bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya. Kegiatan ini berupa layanan pemanduan atau pendampingan bagi pengunjung seperti tamu negara, peneliti, serta mahasiswa dan masyarakat umum.

Kegiatan ini akan dibantu oleh staf dari bidang kemitraan dan peningkatan atau oleh kurator yang mengelola dan memelihara koleksi. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang isi museum.

Tur dalam bahasa Inggris

Museum Nasional Indonesia juga bekerja sama dengan organisasi bernama Masyarakat Pusaka Indonesia. Organisasi tersebut merupakan organisasi nirlaba yang membantu Museum Nasional Indonesia untuk memandu pengunjung berbahasa asing.

Pengunjung yang berasal dari luar Indonesia akan dipandu sesuai dengan bahasa masing-masing negara. Pengunjung dapat menyesuaikan hari yang dijadwalkan untuk bahasa yang diinginkan.

Tur dalam bahasa Inggris biasanya dijadwalkan setiap hari Selasa pukul 10.30 WIB, dan Kamis pukul 10.30 WIB dan juga pukul 13.30 WIB. Tur dalam bahasa Inggris juga dijadwalkan pada hari Sabtu kedua dan keempat setiap bulan.

Tur Prancis berlangsung pada hari Rabu ketiga setiap bulan pada pukul 09:30 WIB. Untuk tur Korea pada hari Selasa pertama dan Rabu ketiga pada pukul 09.30 WIB. Dan tur Jepang setiap Selasa dan Sabtu pertama pukul 09.30 WIB.

Fasilitas di Museum Nasional

Museum Nasional Indonesia menawarkan virtual tour bagi pengunjung tanpa harus mengunjungi museum. Pengunjung dapat melihat lokasi museum dengan pandangan 360⁰ seolah-olah mengunjungi museum sungguhan.

Pengunjung yang berada di rumah pun kini bisa mengunjungi kawasan Museum Nasional Indonesia melalui perangkat elektronik. Sangat menyenangkan bagi pengunjung yang tidak sempat keluar rumah, tapi tetap ingin ke museum.

Rute angkutan umum menuju Museum Nasional

Akses menuju Museum Nasional Indonesia dapat ditempuh dengan menggunakan bus Transjakarta jurusan Kota-Blok M atau Pulogadung. Penumpang bisa turun di halte Monumen Nasional, setelah itu bisa berjalan kaki sebentar.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Bus City Tour Jakarta yang berada di kawasan Pasar Baru hingga bundaran HI. Untuk penumpang jasa Bus Wisata Kota Jakarta tidak dipungut biaya alias gratis.

Alamat dan kontak Museum Nasional

Museum ini terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Jakarta Pusat. Untuk informasi lebih lengkap, pengunjung dapat menghubungi nomor telepon (021) 3868172.

Nomor ini juga dapat digunakan sebagai informasi tentang rencana kunjungan melalui Dinas Pendidikan. Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi lengkap tentang jadwal kegiatan museum dengan mengikuti Twitter @Museum Nasional.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button