Dana Miliaran Rupiah Dikucurkan, Jeglongan Sewu Karangmojo-Semanu Segera Dibenahi - WisataHits
Yogyakarta

Dana Miliaran Rupiah Dikucurkan, Jeglongan Sewu Karangmojo-Semanu Segera Dibenahi

Dana Miliaran Rupiah Dikucurkan, Jeglongan Sewu Karangmojo-Semanu Segera Dibenahi

Dana Miliaran Rupiah Dikucurkan, Jeglongan Sewu Karangmojo-Semanu Segera Dibenahi













BDG


Karangmojo, (pidjar.com) – Jalan di Kabupaten Gunungkidul tergolong sangat panjang, dengan panjang beberapa ribu jalan, ada yang tergolong rusak sedang hingga berat. Salah satu jalan yang sudah lama rusak parah adalah jalan yang menghubungkan Kapanewon Karangmojo hingga Kapanewon Semanu. Banyak juga yang menyebut jalan rusak ini sebagai Jeglongan Sewu (Seribu) Wisata.

Pada tahun 2023, pemerintah masih fokus menggunakan anggaran untuk pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur, salah satunya di jalan Karangmojo-Semanu. Miliaran rupiah dihabiskan untuk perbaikan.

Warga di sekitar jalan Karangmojo-Semanu, Dewi mengatakan, jalan di depan rumahnya rusak cukup parah sekitar dua tahun lalu. Kerusakan juga diperparah dengan banyaknya kendaraan bermuatan berat yang sering melintas.

“Sudah sekitar dua tahun rusak, kalau penyebabnya belum pasti, tapi truk besar sering lewat sini,” kata Dewi, Jumat (1/6/2023).

Karena belum diperbaiki, warga sekitar juga belum lama ini memasang spanduk bertuliskan “Hati-hati saat memasuki Kawasan Wisata Jeglongan Sewu, jalan rusak.” Menurut Dewi, spanduk itu hanya sebagai bentuk agar jalan tersebut segera diketahui untuk diperbaiki.

“Paling parah di sekitar depan rumah saya yang di sini sudah diratakan dengan kapur oleh warga,” imbuhnya.

Ia berharap hal ini dapat ditindaklanjuti karena jalan tersebut sering dilalui wisatawan asal Jawa Tengah.

Kepala Dinas Bina Marga DPUPRKP Gunungkidul Wadiyana mengatakan, kerusakan jalan wisata Jeglongan Sewu tahun ini sudah masuk dalam rencana perbaikan. Anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan Rp 1,6 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Rp 700 juta dan Plafon Daerah Indikatif (PIWK) Kapanewon 2023 Kapanewon Karangmojo Rp 900 juta.

“Perbaikan akan dimulai di Karangmojo kemudian dilanjutkan ke Semanu. Pemkab memiliki anggaran yang sangat terbatas, sehingga perbaikan jalan dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

“DAK fisik yang diterima tahun ini hanya Rp 15 miliar. Rp 700 juta akan disisihkan untuk Jalan Karangmojo-Semanu dan sisanya untuk perbaikan jalan wisata Nglanggeran,” pungkasnya.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button