Mahasiswa KKN UGM berdayakan UMKM di Bandungan - WisataHits
Yogyakarta

Mahasiswa KKN UGM berdayakan UMKM di Bandungan

Tribunjogja.com – Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Magelang dikenal sebagai kawasan wisata alam pegunungan, pura dan kolam renang.

Lokasinya yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut menyuguhkan pesona pemandangan alam pegunungan dan wisata air.

Banyaknya kunjungan wisatawan ke desa ini memberikan dampak ekonomi bagi warga sekitar.

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) baru-baru ini melakukan inventarisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kegiatan pemetaan UMKM ini dilakukan untuk menjaring usaha dan potensi yang dimiliki warga Desa Sidomukti khususnya Dusun Tegalsari.

Baca juga: Ganjar Pranowo Sarankan Mahasiswa Baru UGM

“Bidang usaha yang ditampilkan meliputi berbagai bidang usaha seperti peternakan, pertanian, pariwisata. Kegiatan kami disambut hangat dan antusias oleh para pemilik usaha,” kata Amadeo Benvenuto dalam siaran pers yang dikirim Senin (8/8/2022).

Dari pemetaan diketahui beberapa warga sudah membuka usaha homestay bagi pengunjung wisata.

Beberapa homestay yang ada mengusung tema tradisional dengan konsep Jawa dan pedesaan.

Dalam beberapa kali kunjungan ke beberapa homestay, mahasiswa KKN juga mengadakan pelatihan pengelolaan keuangan serta sosialisasi pembuatan Indonesian Quick Response Code (QRIS) dan juga Cleanliness, Health, Safety and Sustainability of Environment (CHSE) untuk mendukung pengembangan bisnis penginapan.

Selain itu, kata Amadeo, warga Desa Sidomukti juga memiliki beberapa toko kelontong, seperti keripik sayur, tempe, singkong, lemper, serta tahu, bakso tempe, dan bakso.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button