Kota terkecil di dunia ada di Kroasia, kurang dari 1 hektar - WisataHits
Yogyakarta

Kota terkecil di dunia ada di Kroasia, kurang dari 1 hektar

Harianjogja.com, MRS—Bila kita berbicara tentang sebuah kota, kita pasti memikirkan tempat yang luas dengan serangkaian area pemukiman. Tapi apa jadinya jika sebuah kota hanya memiliki dua jalan dan tiga deret rumah?

Ternyata, ada sebuah kawasan di negara Kroasia yang dinobatkan sebagai kota terkecil di dunia. Kota bernama Hum adalah pemukiman puncak bukit yang indah di wilayah Istria Kroasia.

Hum terletak di pusat Istria, sekitar 2,5 jam berkendara dari ibu kota Kroasia, Zagreb. Kota perbukitan adalah rumah bagi segelintir orang, dilaporkan kurang dari 30 penduduk.

Pengenalan Oddity Central, sensus nasional pada tahun 2011, menemukan populasi di sana menjadi 21 orang, kemudian pada sensus tahun 2021 naik menjadi 27 orang.

Kota ini memiliki asal-usul yang misterius. Keberadaannya pertama kali disebutkan dalam dokumen sejarah dari tahun 1102, ketika kota itu disebut Cholm.

Terdapat lonceng dan menara pengawas yang dibangun pada tahun 1552 sebagai bagian dari pertahanan kota. Sejak saat itu, segelintir orang beserta keluarganya mulai berpindah menempatinya.

Meskipun demikian, kota ini tidak pernah benar-benar berkembang selama berabad-abad. Hingga saat ini, kota tersebut hanya terdiri dari tiga baris rumah abad pertengahan dan dua jalan.

Dengan panjang kota yang hanya 100 meter dan lebar 30 meter, otomatis luas kota ini hanya 3.000 meter persegi, tidak sampai 1 hektar. Tidak mengherankan, mudah untuk melihat mengapa Hum dianggap sebagai kota terkecil di dunia.

Reputasinya sebagai “kota terkecil di dunia” telah menghasilkan keajaiban bagi Hum. Saat ini, selain pertanian, pariwisata adalah salah satu dari dua sumber pendapatan utama penduduk setempat.

Meskipun pada dasarnya karena areanya yang kecil tidak banyak yang bisa dilihat. Meskipun demikian, penduduk setempat melakukan yang terbaik untuk menyambut pengunjung, salah satunya adalah daya pikat berjalan-jalan di dua jalan berbatu sambil mengagumi arsitektur abad pertengahan yang sangat menarik.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: Oddity Central

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button