Safari Anie ke Makassar, Ganjar Kirab bersama raja-raja di Borobudur - WisataHits
Yogyakarta

Safari Anie ke Makassar, Ganjar Kirab bersama raja-raja di Borobudur

Makasar, CNN Indonesia

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi para relawannya di Makassar, Sulawesi Selatan, saat menjadi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranovo setelah prosesi budaya di Candi Borobudur, Magelang.

Anies akan melakukan safari politiknya di Sulsel selama dua hari, mulai Sabtu (10/12) hingga Minggu (11/12). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan mengunjungi dan menemui para relawannya di Makassar, Maros, dan Pangkep.

Berdasarkan pengawasan CNNIndonesia.comAnies mengawali safarinya dengan menemui ribuan relawan yang memadati gedung pertemuan besar dan kader partai NasDem di Makassar, Sulawesi Selatan pada Sabtu (10/12).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Teriakan dan ucapan selamat presiden pun dilontarkan para pendukung calon presiden dari Partai NasDem itu.

Ewako (berani) Anies adalah presiden saya. Presiden 2024,” seru para relawan dari Anies Baswedan, Sabtu (12/10).

Dalam acara tersebut, Anies mengatakan semua elemen harus bekerja sama dan gigih karena perjalanan menuju tahun 2024 masih panjang.

“Dari Sulsel kita kirim pesan ke seluruh Indonesia, Sulsel siap maju dan menang. Kami akan bertahan lama karena proses pemilihannya masih panjang,” katanya di depan para relawannya.

Kita adalah kelompok yang mempersatukan, bukan memecah belah, kata Anies.

Sebelumnya ia juga pernah memberikan kuliah umum di kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan makan siang bersama sejumlah aktivis dan pengusaha di Makassar.

“[Kuliah umum] Hal ini untuk memperkuat keterlibatan dan kinerja dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, dalam hal ini Pendidikan atau Pembelajaran, dan juga Darma Catur UMI. Prof. Anies Baswedan, seorang tokoh dengan latar belakang akademis, pernah menjabat sebagai rektor dan meraih gelar guru besar di usia muda, di usia 39 tahun,” kata direktur program pascasarjana UMI, Prof. Dr. Sufirman Rahman.

Sementara itu, Aliansi Relawan Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) akan menempuh strategi radio untuk memenangkan Anies Baswedan di Sulawesi Selatan dengan target 80 persen suara.

“Tujuannya 80 persen kemenangan Mas Anies di Sulsel. Mereka harus memperkuat manajemen, program, mereka harus pergi dari pintu ke pintu. Gunakan siaran radio dari mulut ke mulut dari mulutnya ke tetangga terdekat,” ujarnya, Ketua DPP Relawan Anies, La Ode Basir di Makassar, Jumat (9/12).

Karnaval Budaya

Secara terpisah, Ganjar Pranovo bersama 264 raja dan lembaga adat mengikuti kirab budaya di Candi Borobudur dalam Festival Adat Budaya Nusantara II.

Karnaval budaya yang menampilkan sejumlah prajurit dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dimulai di Lapangan Drh Supardi dan berakhir di Lapangan Kujon, Kabupaten Magelang pada Sabtu, sekitar 3 kilometer jauhnya.

Sesampainya di panggung kehormatan sebelah timur Candi Borobudur, Ganjar Pranovo langsung disambut dan bersalaman dengan raja-raja Nusantara.

“Tentu kami juga senang dan terharu dengan partisipasi 264 kerajaan dan lembaga adat di sini,” aku Ganjar dikutip dari Antara.

Menurutnya, acara tersebut sangat menarik karena melibatkan masyarakat secara langsung, sehingga acara ini menjadi ajang pengenalan berbagai seni dan budaya nusantara.

“Menjadi menarik, banyak anak-anak dan warga yang bisa melihatnya dan semua orang bisa menunjukkan budayanya, karnavalnya menarik, partisipasinya bagus. Kalau ini dilakukan secara terus menerus, juga akan menjadi event baru yang menarik,” ujarnya.

Ia berharap acara budaya yang digelar para raja tersebut dapat mendongkrak pariwisata khususnya di Jawa Tengah.

“Semoga bisa berwisata ke sini, berbagi pengalaman dan keindahan satu sama lain sehingga bisa bekerja sama. Selain itu, diharapkan dapat membudayakan dan mengembangkan seni dan budaya, yang dapat menegaskan bahwa Indonesia kaya akan budaya. Jangan lupa dicatat dan didaftarkan agar tidak diklaim oleh orang lain, ujarnya.

(saya/ah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button