Konservasi Penyu Bajulmati lepas 300 tukik - PETISI.CO - WisataHits
Jawa Timur

Konservasi Penyu Bajulmati lepas 300 tukik – PETISI.CO

MALANG, PETISI.CO – Sebanyak 300 bayi penyu atau tukik akan dilepasliarkan ke laut lepas besok, 18 Agustus. Ratusan tukik berbagai spesies antara lain tukik penyu (Lepidochelys olivacea), tukik penyu hijau (Chelonia mydas) dari penangkaran penangkaran penyu di Pantai Bajulmati, Kabupaten Malang harus diamati oleh masyarakat umum termasuk wisatawan.

Dihubungi melalui telepon seluler, Ketua Kelompok Pemantau Masyarakat (Pokmaswas) Pilar Harapan, Sutari yang juga ketua Balai Konservasi Penyu Bajulmati (BSTC), pelepasan tukik tersebut berlokasi di Dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo, Gedangan. Kabupaten yang sudah sejak 2010 sering dilakukan.

Pantai Bajulmati yang menjadi salah satu spot wisata bahari juga menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur, selain objek wisata pantai yang menawan. Setiap tahun, puluhan penyu bertelur di Pantai Bajulmati dan ribuan tukik dilepaskan ke alam bebas.

Sementara itu, pakar konservasi penyu Sukandar yang juga dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Brawijaya mengatakan, penetasan telur secara semi alami di Bajulmati setelah menetas kemudian diinkubasi sebelum dilepaskan ke alam liar.

Selain Bajulmati, ada cagar alam serupa di Pacitan (Pancer Door Beach dan Taman), Trenggalek (Taman Kili2, Munjungan dan Pantai Prigi), Tulungagung (Gebang), Blitar (Serang dan Jolosutro), Jember (Kepanjen) dan Banyuwangi (Bomo Pantai), Pondok Nongko, Pantai Cemara dan Pantai Bomb). (OKE)

Kunjungi: 47

Source: petisi.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button