5 Pesawat Terbesar di Dunia, Pertama Airbus! - WisataHits
Yogyakarta

5 Pesawat Terbesar di Dunia, Pertama Airbus!

5 Pesawat Terbesar di Dunia, Pertama Airbus!

TEMPO.CO, jakarta – Menggunakan transportasi udara atau pesawat terbang pada rute panjang merupakan pengalaman yang menyenangkan. Dilihat dari penggunaan pesawatnya, pesawat terbang sendiri terbagi menjadi beberapa kategori yang dibedakan menurut jenisnya. Ada pesawat penumpang, pesawat kargo atau pesawat angkut, pesawat militer, hingga pesawat uji coba untuk eksperimen.

Lihat: Investigasi Ethiopian Airlines dianggap tidak lengkap

Untuk menempuh jarak jauh dengan pesawat, biasanya kita menggunakan pesawat penumpang. Pesawat ini akan membantu kita menikmati perjalanan jauh hingga ribuan kilometer hanya dalam hitungan jam.

Daftar pesawat terbesar di dunia

Untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam melakukan penerbangan dalam jumlah yang banyak, terdapat beberapa pesawat penumpang berbadan lebar. Pesawat ini umumnya diproduksi oleh produsen pesawat terbesar di dunia yaitu Airbus Europe dan Boeing.

Kedua perusahaan memiliki pesawat berbadan lebar yang mampu menampung ratusan penumpang. Bahkan, beberapa di antaranya masuk dalam daftar pesawat terbesar di dunia. Dilaporkan oleh businessinsider.comsetelah jenis pesawat terbesar di dunia.

1. Airbus A380-800

Pesawat terbesar pertama di dunia adalah Airbus A380-800, diproduksi di Perancis dan pertama kali diluncurkan pada tahun 2007. Pesawat ini memiliki kapasitas maksimal 853 penumpang dalam satu kali penerbangan. Namun secara umum pesawat ini hanya memiliki 545 kursi yang terbagi dalam empat kelas, yaitu First Class, Business, Premium Economy, dan Economy.

Pesawat ini milik super jumbo jet dengan panjang keseluruhan 72,7 meter, tinggi badan pesawat 24,1 meter dan lebar sayap 79,8 meter. Jenis pesawat ini sudah dihentikan produksinya sejak tahun 2021. Meski demikian, sejumlah maskapai di seluruh dunia masih menggunakan pesawat ini, termasuk Singapore Airlines, British Airways, dan Emirates.

2.Boeing 747-400

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989, pesawat ini memiliki kapasitas maksimal 660 penumpang. Pesawat ini memiliki panjang 70,66 meter, tinggi 19,40 meter dan lebar sayap 64,44 meter. Saat ini pesawat Boeing 747-400 ini lebih sering digunakan untuk mengangkut barang atau kargo. Namun, masih ada beberapa maskapai yang menggunakan pesawat jenis ini untuk penumpang, seperti Asiana Airlines dan Lufthansa.

3.Boeing 747-8

Boeing 747-8 merupakan varian terbesar dari 747. Pesawat ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 sebagai pesawat penumpang. Boeing 747-8 dapat membawa maksimal 605 penumpang. Hingga saat ini, masih banyak maskapai penerbangan yang menggunakan pesawat jenis ini untuk mengangkut penumpang, antara lain Air China, Korean Air, dan Lufthansa. Pesawat ini memiliki panjang 76,3 meter, tinggi 19,4 meter, dan lebar sayap 68,4 meter.

4.Boeing 777-3000ER

Pesawat Boeing 777-3000ER pertama kali diperkenalkan pada April 2004. Salah satu pesawat terbesar di dunia ini memiliki kapasitas maksimal 550 penumpang yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas bisnis dan kelas ekonomi. Pesawat ini memiliki panjang 73,9 meter, tinggi 18,5 meter dan lebar sayap 64,75 meter. Sampai saat ini masih banyak maskapai penerbangan yang menggunakan pesawat jenis ini untuk mengangkut penumpang, seperti Singapore Airlines dan United Airlines.

5. Airbus A340-600

Pesawat terbesar terakhir di dunia adalah Airbus A340-600, varian terbesar dari seri A340. Pesawat jenis ini memiliki kapasitas tempat duduk maksimal 475 penumpang yang terbagi menjadi tiga kelas, yakni First Class, Business, dan Economy. Maskapai yang saat ini masih menggunakan model pesawat ini adalah Lufthansa. Pesawat ini memiliki panjang 75,36 meter, tinggi 17,93 meter dan lebar sayap 63,45 meter.

Ini adalah daftar 5 pesawat terbesar di dunia. Meski jenis pesawat ini masih digunakan untuk mengangkut penumpang, namun beberapa sudah beralih fungsi untuk mengangkut kargo.

Pandangan: 14 kesalahan yang harus dihindari traveler saat pertama kali naik pesawat

RADEN PUTRI | BISNISINSIDER.COM

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button