Biarkan 120 tukik di laut lepas Pantai Bajulmati, Malang, BSTC berharap konservasi tetap terjaga - WisataHits
Jawa Timur

Biarkan 120 tukik di laut lepas Pantai Bajulmati, Malang, BSTC berharap konservasi tetap terjaga

Laporan M. Erwin Wicaksono, reporter Tribun Jatim Network

TRIBUNJATIM.COM, MALANG – Konservasi Penyu Bajulmati (BSTC) telah melepasliarkan 120 bayi penyu atau tukik Pantai BajulmatiDesa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Kamis (18/8/2022).

Ratusan anak muda terlihat begitu bersemangat saat mereka menuju habitat aslinya di laut lepas. Butuh waktu sekitar 10 menit bagi penyu untuk mencapai pantai.

Langkah penyu masih lemah, berusaha menahan gempuran ombak cepat Pantai Bajulmati. Momen ini merupakan awal dari kehidupan penyu kecil untuk bertahan hidup di alam bebas. Pelepasan penyu tersebut diikuti oleh Muspika Bantur dan anggota BSTC.

“Kami melepas lekang tukik dari hatchery. Kami berharap tukik ini akan kembali lagi ke sini untuk bertelur dan kelestarian penyu di perairan Malang Selatan tetap terjaga,” kata Kepala BSTC Sutari usai pelepasan tukik di perairan Pantai Bajulmati.

Sutari menambahkan, perairan Malang Selatan merupakan habitat penyu. Beberapa pantai merupakan tempat yang populer bagi penyu untuk bertelur.

Menurut Sutari, penyu datang ke pantai Malang Selatan karena suhu dan vegetasi tanaman yang berbeda.

Baca Juga: Keajaiban Pantai Bajul Mati, Tempat Wisata yang Menjadi Ibukota Penyu

“Ada berbagai jenis penyu di sini, mulai dari penyu belimbing, penyu hijau, bersisik dan abu-abu (lekang). Jenis penyu yang hampir punah adalah penyu belimbing,” kata Sutari.

Aktivis konservasi penyu asal Gedangan ini menjelaskan bahwa penyu berperan penting dalam rantai makanan ekosistem. Oleh karena itu, kata Sutari, keberadaan penyu harus dilestarikan.

“Penyu sangat penting dalam ekosistem laut. Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari penyu-penyu ini,” jelas pria yang berubah menjadi nelayan ini.

Sutari mengajak warga dan wisatawan di pantai Bajulmati untuk tidak merusak vegetasi tanaman. Keberadaan pohon pandan laut dan ketapang sangat penting bagi keberhasilan penetasan penyu.

“Karena mempengaruhi suhu dasar yang mendukung keberhasilan penetasan penyu, maka keberadaan vegetasi di pantai sangat penting,” kata Sutari.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Source: jatim.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button