Komite IV DPR RI meninjau produktivitas Apple di Kota Batu - WisataHits
Jawa Timur

Komite IV DPR RI meninjau produktivitas Apple di Kota Batu

Wakil Presiden Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini (baju putih). (adalah)

BACAMALANG.COM – Wakil Ketua Komite IV DPR RI Anggia Ermarini mengumumkan produktivitas apel di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur menurun drastis. Dari mengubah bentuk apel hingga tekstur kulitnya. Kota Batu terkenal dengan komoditas pertaniannya salah satunya adalah penghasil buah apel.

Demikian disampaikan Anggia saat memimpin kunjungan kerja khusus komisi IV DPR RI baru-baru ini ke lokasi wisata petik apel mandiri di Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur untuk mengetahui langsung produktivitas kebun apel di Batu. City untuk meyakinkan.

Kunjungan tersebut juga untuk mengetahui secara langsung penyebab turunnya produktivitas. “Jadi kami bertemu dengan para petani dan beberapa pemangku kepentingan untuk mendapatkan masukan dan aspirasi dari mereka. Kami di sini untuk memperbaiki masalah yang muncul. Jangan sampai apel ini mati, karena sekarang kita tahu apel mengalami penurunan yang sangat besar,” kata Anggia.

Kesempatan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu memastikan Komisi IV DPR RI terikat tugas konstitusional untuk menangani masalah produksi, mulai dari penyediaan fasilitas pupuk organik, hingga penelitian pengembangan varietas apel, hingga bersama-sama. mengatasi masalah subsidi pupuk dan memulihkan tanah untuk mengembalikan nutrisi.

Dalam kunjungan tersebut, Penasehat Pertanian Kecamatan Bumiaji Dul Komar mengatakan produksi apel mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2020, ada 1.200 kebun apel di Kota Batu, tetapi hanya 1.092 hektar yang tersisa di 2.022.

“Selain mahalnya biaya produksi, tingkat produktivitas apel menurun karena kualitas tanah yang buruk akibat penggunaan pupuk kimia yang terus menerus. Rata-rata pohon apel di Kota Batu saat ini sudah berumur di atas 40-50 tahun,” pungkasnya. (*/pasti akan)

Source: bacamalang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button