Komisi II DPRD Sragen: Potensi Seniman Gondang Kurang Dioptimalkan - WisataHits
Jawa Tengah

Komisi II DPRD Sragen: Potensi Seniman Gondang Kurang Dioptimalkan

SAGEN – Potensi seniman di daerah Gondang dinilai belum tergarap. Demikian disampaikan Anggota Komisi II DPRD Sragen, Bambang Samekto, usai festival yang digelar Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Barekraf) di Desa Kaliwedi, Kabupaten Gondang, pekan lalu.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Sragen Bambang Samekto mencatat memang banyak desa di Kecamatan Gondang yang saat ini menggarap potensi wisata di desanya, termasuk Kaliwedi. Namun, seniman dan kreativitas senimannya tidak boleh dianggap remeh.

“Gondang kaya akan seni budaya, dan banyak seniman terkenal, salah satunya di desa Kaliwedi,” kata anggota dewan Gondang kemarin.

Karena potensi wisata tersebut, Desa Kaliwedi menjadi tempat penyelenggaraan festival BISA (Bersih, Indah, Sehat Aman). Maka perlu dilakukan kerja serius terhadap potensi para seniman di desa Kaliwedi di kabupaten Gondang.

Selain memperbanyak objek wisata, pemerintah desa dan kabupaten juga harus meningkatkan potensi seniman. Pertunjukan membaca-musik ditampilkan sebagai contoh. Selain itu, kesenian Ludruk, Gamelan, Wayang, dll juga ada di Gondang.

“Seperti pertunjukan Kaliwedi, lesung akan disulap menjadi alat musik tradisional yang menarik. Sejak awal Kecamatan Gondang dikenal sebagai salah satu lumbung padi di Sragen. Ini juga proses kreativitas yang muncul,” jelasnya.

Dikatakannya, setiap desa di Sragen memiliki potensi wisata berbasis kearifan lokal dan layak untuk dikembangkan sebagai daya tarik wisata.

“Seperti Kaliwedi, ada seni membaca musik yang menyimpang dari kearifan lokal,” jelasnya.

Menurutnya, potensi para seniman tersebut belum sepenuhnya tergarap. Padahal, seniman-seniman ini bisa di-tweak untuk menggerakkan ekonomi kreatif di Sragen. Bahkan sangat siap untuk situasi di situs.

“Seperti acara dengan Barekraf itu, cukup mendadak, bahkan untuk persiapan pertunjukan, tetapi mereka sangat siap,” jelasnya. (din/adi/bendungan)

Source: radarsolo.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button