Harga Taman Nasional Komodo dibatalkan, pengunjung datang dari akhir tahun 2022 selama liburan - WisataHits
Jawa Timur

Harga Taman Nasional Komodo dibatalkan, pengunjung datang dari akhir tahun 2022 selama liburan

KOMPAS.com – Pembatalan kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) senilai Rp 3,75 juta yang dijadwalkan berlaku mulai awal Januari 2023 diumumkan.

Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Vincent Jemadu melaporkan kegiatan pariwisata di Labuan Bajo sudah dimulai jelang liburan Natal 2022 dan liburan Tahun Baru 2023 setelah diumumkan pembatalan.

Baca juga:

“Saya juga dengar beberapa rombongan dari Jakarta melakukan perjalanan dengan kapal phinisi di Labuan Bajo dalam sepekan terakhir, jumlah kunjungan wisatawan meningkat,” ujarnya dalam konferensi pers mingguan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). . , Senin (19/12/2022).

Dampak lain dari pembatalan ini juga dirasakan oleh para pelaku usaha tour operator di Labuan Bajo.

Angin segar bagi tour operator di Labuan Bajo

Menurut Shana Fatina, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), pencabutan kenaikan harga tiket menjadi angin segar bagi para pelaku wisata.

Karena sudah banyak turis yang mulai order sekaligus memberikan jaminan order di tahun 2023.

Baca Juga: Warga Pulau Komodo Ikuti Pelatihan Pemandu Alam di Taman Nasional Komodo

“Teman-teman tour operator sudah mulai menerima order kunjungan ke Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo, sepertinya demand (kunjungan) juga mulai meningkat,” kata Shana.

Shana menuturkan reaksi positif datang dari laporan dari tour operator di Labuan Bajo yang sudah mulai menerima konfirmasi pemesanan.

Ilustrasi Pulau Komodocanva.com Ilustrasi Pulau Komodo

Karena sebelumnya banyak wisatawan yang enggan memesan di awal tahun 2023, memilih berkunjung hanya di akhir tahun 2022.

“Dulu kunjungan akhir tahun cukup banyak karena mengira awal tahun 2023 harga akan naik, sehingga mereka menetapkan waktu khusus akhir tahun ini,” ujarnya.

Baca juga: [POPULER TRAVEL] Pembatalan Tarif Taman Nasional Komodo | Pengelola taman nakal di Malang

Sebab, mereka khawatir jika memesan di awal tahun malah mendapatkan kenaikan tarif TN Komodo, yakni Rp 3,75 juta.

Sekadar informasi, ada perhitungan akurat persentase kenaikan kunjungan ke Taman Nasional Komodo setelah kenaikan tarif dicabut.

Namun menurut data BPOLBF, jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Labuan Bajo sudah mencapai 155.712 orang pada bulan November saja.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button