Taman Miniatur Kereta Api, Objek Wisata Edukasi Favorit di Bandung - WisataHits
wisatahits

Taman Miniatur Kereta Api, Objek Wisata Edukasi Favorit di Bandung

Taman Miniatur Kereta Api, Objek Wisata Edukasi Favorit di Bandung
Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 08.00–20.00 WIB, Alamat: Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Lembang adalah tujuan wisata populer yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Salah satu tempat wisata populer di Lembang adalah Taman Miniatur Kereta Api yang memiliki luas sekitar 1800 meter. Tempat wisata edukasi ini memiliki perbandingan 1-24 dengan ukuran aslinya.

Taman edukasi ini saat ini menjadi kereta api model terbesar di Indonesia dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. Pasalnya, tempat wisata menarik ini memiliki banyak sekali miniatur yang bisa Anda pelajari mulai dari kereta api, alam hingga beberapa bangunan populer.

Tidak hanya miniatur kereta api yang menjadi daya tarik taman wisata Lembang, namun udaranya juga sangat sejuk karena berada di ketinggian (dataran tinggi), selain itu wisatawan juga bisa sekaligus berburu foto unik. Berikut gambaran singkat tentang Taman Pendidikan Lambang Kabupaten Bandung.

Atraksi Taman Kereta Api Miniatur

Atraksi Taman Kereta Api MiniaturFoto oleh Gita V. Paramita di Google Maps

✦ Model kereta api

Jika berbicara tentang daya tarik Taman Miniatur Kereta Api, maka miniatur yang dibuat di atas lahan seluas 1800 meter pasti masuk dalam daftar paling pertama. Memang tujuan utama wisatawan berkunjung ke tempat wisata populer ini adalah untuk melihat miniatur yang sangat mirip dengan versi aslinya.

Ada sekitar 10 kereta model yang akan Anda temukan melintasi rel yang melewati berbagai kerajaan dan bangunan. Bangunan tempat wisata yang menakjubkan ini pun beragam mulai dari stasiun kereta api, perkantoran, rumah sakit, penginapan warga dan beberapa miniatur bangunan lainnya.

✦ Panorama Alam

Daya tarik selanjutnya dari tempat wisata edukasi ini adalah alamnya yang sangat nyaman dan sejuk berkat banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Tidak hanya itu, karena berada di atas ketinggian dan jauh dari kota, wisatawan dapat menikmati udara segar dan udara yang sangat segar untuk dihirup.

Setelah puas berkeliling miniatur kereta, wisatawan bisa beristirahat sambil menikmati segarnya udara alam sekitar. Meski bukan wisata alam, wisatawan tetap bisa melihat pemandangan pepohonan hijau yang berada tidak jauh dari tempat yang dikunjungi saat ini.

✦ Wisata Kuliner

Memang Miniatur Parc du Chemin de Fer bukanlah tempat wisata kuliner, namun di tempat wisata yang sangat populer ini terdapat beberapa kantin atau warung yang menjual makanan khas daerah. Oleh karena itu, wisatawan bisa sekaligus berwisata kuliner saat menginjakkan kaki di tempat wisata edukatif ini.

✦ Tur Populer Lainnya

Tak jauh dari tempat wisata edukasi Lembang ini, terdapat beberapa tempat wisata populer lainnya seperti Sepeda Air, Rabbit Park, Flying Fox dan beberapa tempat wisata menarik lainnya. Jadi, ketika wisatawan sudah puas belajar tentang kereta api, mereka bisa mengunjungi tempat wisata lain yang tidak jauh dari lokasinya saat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Kereta Api MiniaturFoto oleh Wahyu Wijanarko di Google Maps

Untuk lokasi Miniature Train Park berada di belakang Grand Hotel Lembang atau di Pasar Terapung Lembang Jl Grand Hotel No 33E Kabupaten Bandung Lembang Jawa Barat. Untuk rute perjalanan bisa dimulai dari Alun-alun Kota Bandung di Jl. Asie Afrique hingga Jl. Banceuy lalu belok kiri di Jl. Suniaraja.

Setelah itu silahkan belok kanan menuju Jl.Otto Iskandar Dinata lalu belok kanan lagi menuju Jl.Stasiun Timur dan belok kiri menuju Jl.Perintis Kemerdekaan. Tidak jauh dari tikungan sebelumnya anda akan menemukan perempatan Jl Wastukencana kemudian belok kiri lurus terus hingga menemukan perempatan Jl Cihampelas.

Dari perempatan Jl. Cihampelas, silahkan belok kanan lurus terus hingga menemukan bundaran lalu ambil exit pertama Jl. Dr. Abdul Rivai lalu belok kanan di Jl. Dr. Gunawan. Dari Jl. Dr. Gunawan silahkan lurus terus sampai masuk Jl. Dr. Otten lalu belok kanan di perempatan Jl. Dr. Ehrlich.

Terus di Jl.Dr.Ehrlich macet lalu belok kiri ke Rumah Sakit Umum. Dr Hasan Sadikin Bandung kemudian belok kanan ke Jl. Pasir Kaliki terus lurus sampai masuk Jl. Sukajadi lalu masuk lagi ke Jl. Dr. Setiabudi. Dari Jl. Dr. Setiabudi lurus terus sampai ketemu pertigaan Jl. Bintan Viewing lalu belok kanan.

Ikuti terus Jl.Stargazing sampai ketemu yang kelima lalu belok kiri ke Jl.Baruajak kemudian masuk ke Jl.The Grand Hotel dan lokasi wisata edukasi yang Anda tuju ada di sebelah kanan jalan. Jarak tempuh kurang lebih 16,2 km dan memakan waktu kurang lebih 58 menit dengan kendaraan pribadi.

Harga tiket masuk dan jam buka

Taman miniatur kereta api ini memiliki 2 tiket masuk yaitu tiket masuk Pasar Terapung Lembang Rp 15.000 per orang, lalu harga tiket masuk taman miniatur tersebut Rp 25.000 per orang. Harap dicatat bahwa jika Anda ingin mengunjungi wisata edukasi ini, Anda harus datang pada hari kerja karena akhir pekan dan hari libur akan sangat sibuk.

Obyek wisata populer ini buka setiap hari dengan ketentuan Senin hingga Kamis pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, kemudian Jumat hingga Sabtu pukul 09.00 hingga 20.00 WIB, sedangkan hari Minggu dan hari libur buka mulai pukul 08.00 hingga 20. :00 WIB. Harap sediakan waktu Anda jika ingin berlibur ke tempat wisata populer di Lembang ini.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Taman Kereta Api MiniaturFoto oleh Riza Azmi di Google Maps

1. Pelajari tentang kereta api dan bangunan lainnya

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata populer ini adalah mencari tahu tentang kereta api. Memang ada sekitar 10 model kereta dengan berbagai jenis yang sangat mirip dengan aslinya, tidak hanya kereta tetapi juga rel dan stasiun yang bisa Anda temukan.

Wisatawan tidak hanya bisa belajar dari miniatur tentang kereta api saat menginjakkan kaki di tempat wisata edukasi yang memiliki luas hingga 1800 meter ini, terdapat miniatur alam serta beberapa miniatur bangunan menarik lainnya. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi anak-anak agar bisa belajar.

2. Berfoto di Taman Miniatur Kereta Api

Sayang sekali jika wisatawan yang berkunjung ke Taman Miniatur Kereta Api tidak menyempatkan diri untuk berfoto. Pasalnya, banyak sekali thumbnail yang bisa difoto atau dijadikan background foto. Maka dari itu, saat Anda memasuki tempat wisata unik ini, Anda akan melihat banyak turis lain yang asyik berpose di depan kamera.

Tidak hanya mengambil foto, tetapi Anda juga dapat merekam banyak video yang dapat diedit menjadi satu video. Pasalnya, semua thumbnail yang ada di tempat ini sangat mirip dengan versi aslinya, sehingga pengambilan foto atau video dari sudut manapun, thumbnail akan selalu terlihat seperti aslinya.

3. Santai Nikmati alam

Sebelumnya disebutkan bahwa Lembang cukup jauh dari kota dan memiliki alam yang masih kaya akan pepohonan hijau serta berada di dataran yang cukup tinggi. Hal ini membuat udara di sekitar lokasi taman kereta api model sangat segar untuk dicium dan dihirup.

Maka dari itu, jangan heran jika melihat wisatawan bersantai di beberapa tempat di tempat wisata mini ini. Karena memang mereka memanfaatkan udara yang sangat segar sambil mengamati dari jauh keindahan miniatur tersebut. Bahkan ada yang sengaja datang ke objek wisata populer ini untuk menghilangkan stres.

4. Manfaatkan wisata kuliner

Setelah membaca semua ulasan sebelumnya, Anda pasti tidak akan setuju jika objek wisata Kabupaten Bandung ini memenuhi syarat sebagai tempat wisata kuliner. Memang benar, namun di sekitar tempat wisata edukasi ini Anda akan menemukan beberapa warung yang menjajakan berbagai makanan khas daerah.

Kios-kios inilah yang menjadikan taman mini ini tempat yang tepat untuk menikmati wisata kuliner. Oleh karena itu, bagi Anda yang akan menginjakkan kaki di tempat wisata populer tersebut, Anda juga harus mampir ke warung sekitar untuk mencicipi kuliner khas Kabupaten Bandung.

5. Jelajahi atraksi lainnya

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya yang berada tidak jauh dari lokasi taman kereta model. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lokasi taman ini berada di pasar terapung Lembang yang selain memiliki taman mini juga terdapat beberapa objek wisata lainnya.

Sebut saja Paddle Boat, Taman Kelinci, Sepeda Air, Flying Fox dan beberapa tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, jika sudah puas belajar dan ingin melihat objek wisata lainnya, Anda tinggal berjalan kaki ke objek wisata lain yang ada di sekitar taman mini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan taman miniatur kereta apiFoto oleh Arum Wahyuni ​​​​di Google Maps

Area parkir kendaraan

Fasilitas pertama yang akan Anda temukan saat mengunjungi taman model kereta api adalah area parkir kendaraan. Area parkir kendaraan cukup luas dan dapat menampung berbagai jenis kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil penumpang hingga bus wisata.

Toilet umum

Saat memasuki kawasan wisata, Anda juga akan menemukan toilet umum yang bisa digunakan wisatawan untuk buang air besar atau buang air kecil. Toilet dibedakan untuk toilet pria dan wanita untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Selain itu, ada pula cleaning service yang akan selalu membersihkan toilet agar masalah kebersihan selalu terjaga.

Musholla

Fasilitas terakhir yang bisa digunakan wisatawan adalah Musholla atau tempat ibadah umat Islam. Bagi Anda yang ingin berlibur namun tidak ingin melewatkan waktu ibadah atau sholat, tidak perlu khawatir karena tempat wisata di Lembang ini memiliki mushola yang bisa digunakan untuk beribadah dengan aman dan nyaman.

Inilah hal-hal menarik dari taman model kereta api yang terletak di Lembang, Kabupaten Bandung. Tempat wisata edukasi ini akan sangat populer karena berada di kawasan pasar terapung Lembang yang juga memiliki objek wisata lain selain taman mini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button