Kodim Ciamis melestarikan budaya lokal dan menjaga Seni Ketangkasan Domba Garut - WisataHits
Jawa Timur

Kodim Ciamis melestarikan budaya lokal dan menjaga Seni Ketangkasan Domba Garut

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-77, Kodim 0613 Ciamis menyelenggarakan Lomba Seni Kelincahan Domba Semi Garut (SKDG) bekerjasama dengan Himpunan Peternak Domba Indonesia (HPDKI) Kabupaten Ciamis.

Kelincahan domba dilaksanakan di Lapangan Pusparaya, Desa Sagalaherang, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis pada Minggu (23/1022).

Ratusan peserta dari berbagai daerah di Priangan Timur tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Selain berbagai hadiah menarik, domba yang menjadi master dalam seni kelincahan ini meningkatkan reputasi para peternak domba. Kegiatan ini dapat bermanfaat bagi petani dengan nilai jual yang sangat tinggi.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi melalui Perwira Penghubung (Pabung) Kodam 0613 Ciamis Mayor Czi Budi Ariyanto mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya lokal, khususnya budaya Jawa Barat.

Baca Juga: Permintaan Domba Ciamis Jelang Idul Adha Naik 30 Persen

“Jangan sampai budaya ini diklaim oleh negara lain. Jadi harus kita lestarikan agar lestari selamanya,” kata Mayor Czi Budi Ariyanto.

Selain itu, kegiatan olahraga ini memiliki dampak positif terhadap perekonomian kotamadya.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Pada saat yang sama, UKM peternak Jawa Barat akan diperluas, ”katanya.

Sementara itu, Ketua Panawangan Kusdinar mengapresiasi kegiatan kelincahan domba Garut tersebut.

“Pada HUT TNI ke-77, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada penyelenggara kegiatan ini. Semoga TNI semakin jaya, TNI adalah kita,” kata Kuzdinar.

Kusdinar berharap kegiatan kelincahan domba Garut ini menjadi kegiatan rutin. Diselenggarakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar mengingat Covid-19 sudah mulai menurun.

“Mudah-mudahan bisa menjadi agenda setahun sekali ke depan. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian UMKM sekitar dan menjadikannya sebagai destinasi wisata budaya,” pungkasnya.(Ibay/CN/Djavatoday)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button