Air Terjun Putri Malu, objek wisata alam yang menawan di Way Kanan - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Putri Malu, objek wisata alam yang menawan di Way Kanan

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Hutan Register 24, Kec. Banjit, Kab. Jalan Kanan, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Air Terjun Putri Malu merupakan salah satu tempat wisata alam Lampung yang sangat terkenal bahkan sampai ke manca negara. Banyak orang menyebut air terjun ini sebagai surga tersembunyi karena keindahan alam dan suasananya yang asri. Tak heran jika banyak pengunjung memilih destinasi wisata ini untuk menyegarkan pikiran.

Air terjun yang indah ini memiliki ketinggian 100 meter di atas permukaan laut, air terjun ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis dan pegunungan. Airnya juga jernih dan segar. Tak heran jika air terjun ini dipilih sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Sayangnya, dari tempat parkir menuju air terjun Putri Malu jaraknya cukup jauh. Jaraknya sekitar 7,5 km. Anda bisa membawanya menggunakan kendaraan roda dua. Namun, medannya tidak terlalu sulit. Selain itu, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Objek wisata air terjun putri malu

Objek wisata air terjun putri maluKredit gambar: Twitter Bulat

Air terjun ini menjadi pilihan destinasi wisata alam bagi banyak orang untuk berlibur. Selain itu, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata alam. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari daya tarik air terjun itu sendiri.

1. Keindahan air terjun

Air Terjun Putri Malu memiliki ketinggian 100 meter dan terletak di antara tebing tinggi, yang membuatnya sangat indah. Percikan air cukup deras karena tidak ada anak tangga. Air dari atas turun langsung ke sungai di bawah.

Tebing-tebing tinggi yang mengapit air terjun sangat estetis. Ditambah dengan lumut dan pepohonan yang mengelilinginya. Anda akan memiliki kesan melihat patung dengan bentuk abstrak dan kontras yang mencolok.

Keindahan juga ditambahkan ke batu-batu besar di bawahnya. Bebatuan ini menambah daya tarik objek wisata alam ini. Sungainya tidak terlalu dalam, sehingga sangat cocok untuk bermain air sambil menikmati gemericik airnya.

2. Keindahan alam sekitar

Di sekitar air terjun Putri Malu, Anda akan menemukan pemandangan alam yang sangat indah. Tidak hanya di lokasi air terjun, Anda bahkan bisa melihat pemandangan alam yang selalu indah di sepanjang perjalanan. Karena itu, perjalanan dari tempat parkir ke lokasi tidak akan membuat Anda lelah.

Lanskap yang disajikan berupa pegunungan dan perkebunan penghuninya. Anda juga akan melewati jembatan penyeberangan yang akan menarik perhatian Anda untuk berhenti dan mengabadikan momen tersebut. Udaranya juga masih sangat segar karena jauh dari polusi. Hal tersebut tentunya menambah daya tarik bagi Anda yang ingin merasakan suasana kota yang baru dan berbeda.

3. Wisata Petualangan

Objek wisata air terjun putri maluKredit gambar: Twitter Yopie Pang Key

Untuk sampai ke Air Terjun Putri Malu harus menempuh perjalanan yang panjang dan tidak mudah. Dalam perjalanan menuju desa Juku Batu, Anda akan merasakan sensasi yang mendebarkan. Medan yang naik turun ala pegunungan membuat Anda serasa sedang berpetualang. Ditemani pemandangan alam yang indah, perjalanan akan terasa menyenangkan.

4. Dekat sirkuit lain

Tempat wisata alam ini tidak terlalu jauh dari beberapa lokasi wisata lainnya. Ada sumber air panas di sekitar Sungai Neki yang bisa Anda kunjungi. Ada juga Curup Bukit Sit jika Anda tertarik dengan wisata petualangan. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, memungkinkan untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata sekaligus.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk

Alamat Air Terjun Putri MaluKredit gambar: Google Maps Minak Alam

Air Terjun Putri Malu terletak di Register 24 Kawasan Hutan Desa Juku Batu, Banjit, Kabupaten Way Kanan. Area ini cukup jauh dari pemukiman penduduk, jadi disarankan untuk melakukan stock up. Jika Anda datang saat musim hujan, sebaiknya juga membawa jas hujan untuk berjaga-jaga.

Lokasi air terjun ini sekitar 207 km jika memulai perjalanan dari Lampung. Dibutuhkan sekitar 3,5-4 jam. Dari pusat Bandar Lampung, Anda dapat menggunakan melalui Kotabumi ke Bukit Kemuning dan kemudian ke Baradatu. Kemudian anda melanjutkan perjalanan menuju Pasar Banjit hingga sampai di Juku Batu.

Jika Anda berada di Kabupaten Way Kanan, perjalanan Anda tidak akan terlalu jauh. Jarak air terjun dengan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan hanya sekitar 46 km. Anda hanya perlu menuju SMU N 1 Baratadu yang bersinggungan dengan lokasi air terjun.

Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda harus berhenti di Juku Batu karena jalan tersebut hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua. Tapi jangan khawatir, ada ojek gunung yang akan mengantar Anda ke air terjun Putri Malu. Anda hanya perlu membayar Rp 100.000 untuk pengendara sekaligus penunjuk jalan.

Jika Anda membawa sepeda motor pribadi, Anda harus berhati-hati karena jalannya menanjak dan menurun. Oleh karena itu, tidak disarankan bagi Anda yang tidak terbiasa dengan medan seperti itu. Perjalanan dari Juku Batu ke lokasi air terjun memakan waktu sekitar 30 menit. Sementara itu, Anda bisa bersenang-senang sambil melewati pasang surut.

Setelah melakukan perjalanan dari Juku Batu, Anda harus berjalan kembali. Jalan ini dikelilingi oleh pepohonan dan hutan yang indah. Namun jika Anda datang saat musim hujan, jalan ini akan semakin licin. Baru setelah itu perjalanan lelah Anda akan membuahkan hasil setelah tiba di tempat wisata.

Karena banyaknya pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Air Terjun Putri Malu, kini destinasi wisata ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Way Kanan, Lampung. Apalagi air terjun ini merupakan objek wisata utama Kabupaten Way Kanan.

Jam operasional wisata air terjun ini adalah pukul 08:00-18:00 dan buka setiap hari. Sedangkan tiket masuknya tidak terlalu mahal, hanya Rp 20.000 per orang. Harga ini tergolong murah untuk keindahan alam yang disuguhkan.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Putri Malu

Aktivitas di Air Terjun Putri MaluKredit gambar: Twitter Sekitar Lampung

Beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung saat mengunjungi air terjun ini. Selain itu, akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman atau kerabat. Berikut berbagai aktivitas yang banyak dilakukan pengunjung di lokasi Air Terjun Putri Malu.

1. Bermain air

Air terjun ini memiliki air yang jernih dan sejuk. Tak heran banyak pengunjung yang langsung bermain air setelah tiba di lokasi. Memang banyak pengunjung yang mandi dan menceburkan diri ke sungai di bawah air terjun. Sungainya tidak terlalu dalam, namun cukup licin sehingga Anda harus berhati-hati.

Beberapa pengunjung tidak masuk ke dalam air. Selain itu, cipratan air terjunnya cukup mendinginkan suhu sekitar. Jika Anda juga tidak ingin bermain air, Anda bisa duduk-duduk di area air terjun hanya untuk menikmati keindahannya.

2. Tempat foto

Ada banyak spot foto dengan background pemandangan yang indah di sini. Keindahan air terjun menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto. Selain itu, tebing yang menjulang tinggi juga bagus untuk dijadikan latar belakang foto Anda. Bebatuan di sekitar air terjun yang terlihat alami juga sayang untuk tidak diabadikan.

Keindahan alam yang ditawarkan memang menjadi daya tarik bagi pengunjung yang memiliki hobi berburu tempat-tempat estetis untuk berfoto. Anda tidak akan kehabisan spot bagus sebagai spot foto untuk diunggah ke media sosial Anda.

3. Piknik bareng

Di kawasan air terjun Putri Malu, tidak ada warung untuk membeli makanan atau minuman. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa makanan dan minuman dari rumah. Jika datang secara rombongan, Anda bahkan bisa memasak di area air terjun. Banyak anak muda menghabiskan waktu bersama kelompok untuk piknik memasak dan makan bersama.

Lokasi air terjun ini berada di dalam kawasan hutan lindung, sehingga harus dijaga kebersihannya. Meskipun Anda bisa bebas memasak dan makan di area air terjun yang menarik, Anda juga harus membersihkan sisa makanan dan mengemas makanan dan minuman Anda.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Putri Malu

Instalasi Air Terjun Putri MaluKredit gambar: Twitter @artyunie76

Destinasi wisata ini dikelola oleh kelompok pengelola hutan rakyat. Pengelola objek wisata ini terus berupaya untuk menambah dan memelihara fasilitas di kawasan air terjun agar pengunjung semakin nyaman. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya pengunjung untuk menikmati keindahan alam di sekitar air terjun.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin bermain air atau berendam di air terjun karena terdapat ruang ganti untuk Anda ganti. Ada juga toilet untuk pengunjung, ada juga gazebo untuk istirahat.

Air Terjun Putri Malu memiliki pesona keindahan alam yang tidak akan membuat anda menyesal berkunjung. Semakin banyak orang yang mengetahui tempat wisata indah di Way Kanan ini, sehingga pengunjung juga semakin ramai. Itulah sebabnya tempat wisata ini semakin berkembang dari waktu ke waktu oleh pihak pengelola sebagai produk wisata unggulan dari Way Kanan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button