Kodim 0815/Mojokerto, BPBD dan kelompok kepentingan bersedia menguasai Karhutla - WisataHits
Jawa Timur

Kodim 0815/Mojokerto, BPBD dan kelompok kepentingan bersedia menguasai Karhutla

Rapat Persiapan Pelaksanaan Panggilan Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2022, di Poetoek Soeko Wisata, Desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Selasa sore (9/6/2022).

Mojokerto, Bhirawa.

Kodim 0815/Mojokerto telah menugaskan Satuan Tugas (Pasiops) dari Kodim 0815/Mojokerto Letnan Inf. Akhmad Rifa’i untuk menghadiri rapat persiapan pelaksanaan Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2022 di Poetoek Soeko Wisata, Desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Selasa sore (9/6/2022).

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Beni Asman, S.Sos., MH yang diwakili oleh Pasiops Kodim 0815/Mojokerto Letkol Akhmad Rifa’i menegaskan bahwa pada dasarnya Kodim 0815/Mojokerto adalah siap mendukung kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) di wilayah Kabupaten Mojokerto Ia melanjutkan, untuk itu pihaknya siap menyiapkan personel dan infrastruktur untuk pelaksanaan pengerahan pasukan sesuai permintaan BPBD Kabupaten Mojokerto.

“Tentunya pengendalian dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan membutuhkan sinergi dan kerjasama semua pihak, hal ini tidak dapat dicapai sendiri-sendiri,” ujarnya. “Melalui pertemuan ini, kami akan menentukan lokasi pengerahan pasukan dan lokasi simulasi pengendalian pengelolaan kebakaran hutan dan lahan agar pelaksanaannya dapat berjalan optimal sesuai rencana,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Mojokerto, Drs. H. Yo’ie Afrida Sosetyo Djati, M.Si, dalam kata pengantarnya pada pembukaan rapat ditegaskan bahwa rapat persiapan ini diluncurkan sebagai tindak lanjut. terhadap peristiwa kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Penanggungan pada akhir Agustus tahun lalu, dan peristiwa kebakaran hutan dan lahan menjadi perhatian nasional. Menurut Kalak BPBD, pemadaman kebakaran hutan dan lahan akan dikoordinasikan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan bekerjasama dengan KPH Pasuruan yang meliputi unsur Aparatur TNI dan Polri Wilayah Mojokerto, BPBD, Perhutani, Tahura, LMDH dan Pecinta Alam. di wilayah Mojokerto maupun di masyarakat setempat.

Ia juga menambahkan, perlu ada nota kesepahaman antara Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto. “BPBD akan menyiapkan petugas pemadam kebakaran dan peralatan untuk pemadam kebakaran hutan dan pedesaan, serta pasukan roaming. Demikian pula Perhutani harus menyiapkan kawasan simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan,” jelasnya.

Selain Kalak BPBD Kabupaten Mojokerto dan Pasiops Kodim 0815/Mojokerto, beberapa pihak juga turut memberikan kontribusi dan harapan dalam pertemuan ini, antara lain Kepala Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Dr. Dedy Muhartadi, Kepala ADM Perhutani KPH Pasuruan Agus Imam Fandoli, S.Hut., Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Wilayah Nganjuk Endang Handayani, SP, M.Si., Kapolsek Mojokerto, AKP Suliyanto dan Kapolsek Mojokerto Polres Mojokerto Kota, Iptu Hidayat, serta perwakilan pecinta alam dan relawan dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Mojokerto, Anam. Terpantau bahwa dalam pertemuan tersebut disimpulkan bahwa pelaksanaan pasukan menahan pasukan dan simulasi penertiban dan penanganan Karhutla pada Selasa, 20 September 2022, di Desa Wisata Poetoek Soeko, Desa Sukosari, Kecamatan Trawas. , direncanakan di bawah arahan Mojokerto, adalah Bupati dan didampingi oleh Forkopimda Raya Mojokerto.

Usai pertemuan, dilanjutkan investigasi lapangan untuk simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang dihadiri oleh Pabin Polhut Perhutani KPH Mojokerto AKBP Sujiono, Pabin Polhut Perhutani KPH Pasuruan Kompol Subur, Deputi ADM Perhutani KPH Pasuruan Rudi Hartono, Deputi ADM Perhutani KPH Mojokerto Prasetyo Lukito, S.Hut., Danramil 0815/17 Trawas Kapten Inf Suminto, Camat Trawas Drs. Sugondo, S.Sos., MM, Kapolsek Trawas AKP Didit Setiawan, SH, Kepala UPT Tahura R. Soerjo Malang Ajad Sudrajat, Kepala Daerah Tahura Gondang dan Jatirejo, Siswoyo, Asper Perhutani BKPH Pacet, Margono dan Mantri Perhutani di Trawas, Pacet, Gondang dan Jatirejo, Asper BKPH Penanggungan Trawas, Nur Ikhsanudin Beser. [min.hel]

Source: www.harianbhirawa.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button