Kisah Aziz, mahasiswa asal Jombang yang meraih beasiswa fast track PhD di Thailand - WisataHits
Jawa Timur

Kisah Aziz, mahasiswa asal Jombang yang meraih beasiswa fast track PhD di Thailand

TEMPO.CO, jakarta – Azizuddin Muhammad Nashafi, mahasiswa asal Jombang, Jawa Timur, saat ini sedang menempuh studi S2 lanjutan di Thailand. Aziz berhasil mendapatkan Petchra Pra Jom Klao Doctoral Scholarship, hibah penelitian bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan S2 dan S3 jalur cepat selama maksimal lima tahun.

Beasiswa ini diberikan oleh Universitas Teknologi Thonburi (KMUTT) Raja Mongkut di Bangkok, Thailand. Aziz kini berada di tahun keduanya di KMUTT. Ketertarikannya pada sains terlihat pada gelar sarjananya dari Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Pria yang pernah menimba ilmu di Pesantren Mambaul Khirot, Jombang dan Ma’had Al Ulya ini memilih Thailand karena fasilitas laboratorium KMUTT dianggap paling cocok dan mendukung minatnya. “Di Asia Tenggara, fokusnya adalah penanganan polusi di KUMTT,” ujarnya pada Rabu, 28 Desember 2022 dikutip situs nu.or.id.

Satu dari ratusan penerima beasiswa

Aziz mengatakan penentuan lab lebih penting daripada menentukan universitas. “Jadi saya cari dulu lab yang paling cocok dengan latar belakang saya,” kata Aziz Aziz adalah salah satu penerima beasiswa dari kuota 270 mahasiswa internasional yang diterima di KUMTT Thailand.

Ia mengaku beruntung menjadi salah satu penerima beasiswa penuh yang akan menunjang studinya selama lima tahun. Selain belajar, Aziz juga aktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan. Belum lama ini ia diangkat menjadi Presiden Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Thailand. Aziz menyambut baik amanat ini karena sejak dulu ia selalu terlibat dalam organisasi kemahasiswaan.

“Di PPI kita juga bisa menambah jaringan. Bisa juga bertemu orang-orang dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan mereka mendukung saya dan karena masa studi saya cukup lama, koordinasi dengan KBRI cukup sering,” jelasnya.

Aziz terpilih sebagai Presiden PPI Thailand untuk masa jabatan 2022-2023 pada Minggu 6 Februari 2022. Ia mengaku senang mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman dan informasi dengan mahasiswa Indonesia.

“Kami juga ada pameran kampus dan beasiswa Thailand. Pengenalan beasiswa Thailand sama sekali tidak kalah dengan beasiswa lain karena standarnya sama dengan universitas ternama, misalnya di Jepang. Kampus-kampus Thailand yang memberikan beasiswa internasional memiliki standar gelar yang sama dengan universitas ternama lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Kisah Aldilla, Alumni Harvard Law School yang Kini Bekerja di Firma Hukum Ternama

Selalu Memperbarui info terbaru. Mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button