IFG Labuan Bajo Marathon akan menjadi agenda pariwisata olahraga berkelanjutan - WisataHits
Jawa Timur

IFG Labuan Bajo Marathon akan menjadi agenda pariwisata olahraga berkelanjutan

gen hype, khususnya bagi Anda yang gemar berlari, IFG Labuan Bajo Marathon bertujuan untuk diadakan secara berkesinambungan untuk tahun-tahun mendatang. Jadwal acara wisata olahraga Diprediksi ini akan menjadi ajang marathon internasional yang akan mendongkrak perekonomian Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Robertus Billitea, Presiden dan Direktur Indonesia Finance Group, mengatakan semakin berkembangnya Labuan Bajo di bidang pariwisata dan pembangunan infrastruktur ekonomi, serta tingginya animo masyarakat, membuat tim IFG mulai mempersiapkan acara maraton sebagai agenda. wisata olahraga konsisten.

IFG selaku sponsor utama IFG Labuan Bajo Marathon berharap kegiatan ini berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Labuan Bajo melalui pembelian produk kreatif usaha kecil menengah (UMKM), okupansi hotel , sewa kendaraan dan Wisata kuliner di Labuan Bajo.

Baca Juga: 7 Persiapan Penting Pra-Marathon yang Wajib Dibaca Pemula

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Presiden Direktur IFG Robertus Billitea, Presiden Komisaris IFG Fauzi Ichsan, Sekretaris Jenderal PASI Tigor Tanjung, Ketua Komite IFG Fitri Istanti dan CEO MesaGo (penyelenggara kompetisi) Reza Puspo di sela-sela IFG Labuan Media Meeting Bajo Marathon 2022, Jumat (28/1022) malam.  (Dok. Hypeabis/Roni Yunianto)

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Presiden Direktur IFG Robertus Billitea, Presiden Komisaris IFG Fauzi Ichsan, Sekretaris Jenderal PASI Tigor Tanjung, Ketua Komite IFG Fitri Istanti dan CEO MesaGo (penyelenggara kompetisi) Reza Puspo di sela-sela IFG Labuan Media Meeting Bajo Marathon 2022, Jumat (28/1022) malam. (Kredit Gambar: Hypeabis/Roni Yunianto)

Selain itu, Robertus Billitea berharap dengan tingginya partisipasi warga setempat, potensi baru dapat tumbuh di cabang lari menengah dan jarak jauh Nusa Tenggara Timur (NTT). “Kami berharap acara ini dapat menjadi sarana untuk menjaring bibit-bibit olahraga muda dari NTT yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional,” jelasnya.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno yang juga ikut dalam IFG Labuan Bajo Marathon mengaku sangat menikmati lari di Labuan Bajo. “Itu sangat indah. melacakIni sangat keren, naik turun [pelari] mendapatkan garis besar yang bagus dan juga pemandangan yang bagus,” katanya sambil berjalan di sekitar lokasi pameran usaha kecil menengah (UKM) kreatif. pusat balapan di Marina Labuan Bajo, di tepi IFG Labuan Bajo Marathon terakhir.

Menparekraf juga mengapresiasi keterlibatan UMKM kreatif oleh Indonesia Financial Group (IFG) Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) beserta dukungan anak perusahaannya dalam rangkaian acara tersebut. IFG adalah perusahaan holding BUMN asuransi dan penjaminan yang terdiri dari PT Asuransi Jasa Raharja (Jasa Raharja), PT Credit Guarantee Indonesia (Jamkrindo), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), PT Life Insurance IFG (IFG). Life ), PT Bahana Sekuritas, PT Bahana TCW Investment Management, PT Bahana Artha Ventura, PT Bahana Kapital Investa dan PT Grhaniaga Tatautama.

Menparekraf Sandi menambahkan Kemenparekraf terus menyiapkan target prioritas utama antara lain Labuan Bajo, Likupang, Mandalika, Borobudur dan Danau Toba. “Labuan Bajo sudah memilikinya acara lari kelas internasional. Saya juga membawa peserta dari Singapura dan Danau Toba [Sumatra Utara] tahun depan ada F1. Peralatannya keren banget. [Mari] kita jaga bersama agar bisa menghadirkan destinasi dengan prioritas dan kualitas tertinggi,” ujarnya.

Difta Ibrula Unbanu menjuarai kategori Male Elite IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dengan catatan waktu 3 jam 9 menit 11 detik.  (Sumber gambar: IFG Labuan Bajo Marathon)

Difta Ibrula Unbanu berhasil meraih gelar Male Elite IFG Labuan Bajo Marathon 2022 kategori dengan catatan waktu 3 jam 9 menit 11 detik. (Sumber gambar: IFG Labuan Bajo Marathon)

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, IFG memiliki tugas dan dukungan penuh Kementerian BUMN untuk merevitalisasi sektor pariwisata. Menurutnya, kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, terutama pada masa pemulihan ekonomi setelah dua tahun mengalami perlambatan ekonomi akibat pandemi.

“Indonesia memiliki potensi besar untuk wisata olahraga, sebagai konsep yang menggabungkan kegiatan olahraga dengan pariwisata. Salah satunya terletak di Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi prioritas, sehingga acara ini diharapkan dapat mendukung visi dan misi pemerintah untuk meningkatkan pariwisata di daerah ini,” ujarnya.

Menurut Arya, tugas IFG Holding juga untuk memajukan UMKM. Ia mencontohkan, pihaknya bertemu dengan anak-anak muda dari Labuan Bajo untuk mempresentasikan pengetahuan dan pengalaman digital di SMA Loyola dan SMA Negeri 1 Komodo dengan tujuan memajukan UMKM.

Dikatakannya, ada 4.000 pemain ultra-mikro yang diberikan bantuan pinjaman senilai Rp 2 juta – Rp 9 juta. “Sementara di Kabupaten Manggarai Barat, kami telah membantu 19.000 Ultra Micro yang mewakili 30 persen kepala keluarga di Kabupaten tersebut. Kami membantu untuk bergerak secara ekonomi dan berolahraga,” jelasnya.

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengatakan bahwa IFG Labuan Bajo Marathon 2022 menjadi wadah untuk meningkatkan keterampilan di bidang atletik, terutama karena acara ini juga meningkatkan pariwisata dan ekonomi lokal. “Kami siap menjadi tuan rumah yang baik untuk menyambut tamu dan berharap acara ini bisa berlangsung dengan jumlah peserta yang lebih banyak setiap tahunnya,” ujarnya.

ANTUSIASME PESERTA MARATHON

Ketua Panitia IFG Fitri Isstanti mengatakan, antusiasme peserta terlihat dari komposisi pelari yang ikut serta. Sebagian besar peserta berasal dari Manggarai Barat, Kupang dan sekitarnya, termasuk siswa SMP dan SMA. Namun tidak hanya peserta lokal, tetapi juga peserta dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dari luar negeri.

Dikatakannya, sejak awal pihak penyelenggara telah mengundang peserta dari warga lokal, nasional dan internasional dalam kegiatan marathon yang juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata di Labuan Bajo. “Hal ini akan diwujudkan dengan tingginya partisipasi NTT, juga dari Jakarta, Surabaya dan daerah lain, bahkan dari luar negeri seperti Belanda, China dan Uzbekistan,” jelasnya.

Tanti menambahkan selain pengalaman berlari di Labuan Bajo, para peserta mendapatkan perlindungan pribadi dari produk asuransi yang merupakan kerjasama afiliasi IFG melalui program asuransi perjalanan Jasindo, asuransi kecelakaan Jasaraharja Putera dan asuransi jiwa IFG.

Lari perdana IFG Labuan Bajo Marathon 2022 berhasil dilakukan dan merekrut atlet-atlet potensial dari Nusa Tenggara Timur. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) siap membina bibit-bibit baru atlet lari nasional agar bisa terus berprestasi.

Atlet Nasional Nusa Tenggara Timur Liva Sadi juara IFG Labuan Bajo Marathon 2022. (Image source: IFG Labuan Bajo Marathon)

Atlet Nasional Nusa Tenggara Timur Liva Sadi juara IFG Labuan Bajo Marathon 2022. (Image source: IFG Labuan Bajo Marathon)

Pada ajang yang diikuti 1.200 pelari dari berbagai kategori, Sabtu (29/10) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sejumlah atlet asal Nusa Tenggara Timur berhasil menjadi juara. Pemenangnya, termasuk dalam kategori maraton untuk kelompok elit putri, adalah atlet nasional NTT, Oliva Sadi, dengan catatan waktu 4 jam 15 menit 29 detik.

Sementara itu di grup elit laki-laki dimenangkan oleh Difta Ibrula Unbanu dengan waktu 3 jam 9 menit 11 detik. Adapun grup pria terbukaSunardin memenangkan kategori ini dengan catatan waktu 3 jam 31 menit 30 detik saat berada di kategori tuan laki-lakiPemenangnya adalah Maulana Bakhtiar dengan catatan waktu 5 jam 4 menit 20 detik.

Kategori IFG Labuan Bajo Marathon Kids Dash yang diikuti oleh peserta muda ini mendapat persetujuan dari President Director IFG Life Harjanto Tanuwidjaja.  (Sumber gambar: IFG Labuan Bajo Marathon 2022)

Kategori IFG Labuan Bajo Marathon Kids Dash yang diikuti oleh peserta muda ini mendapat persetujuan dari President Director IFG Life Harjanto Tanuwidjaja. (Sumber gambar: IFG Labuan Bajo Marathon 2022)

Sekretaris Jenderal PASI Tigor Tanjung PASI mengatakan NTT telah lama menghasilkan pelari-pelari berprestasi yang membanggakan Indonesia. Menurutnya, ajang IFG Labuan Bajo Marathon 2022 telah membuka pintu kembali bagi para calon pelari untuk berpromosi menjadi atlet profesional dan bersaing di kancah nasional maupun internasional,” ujarnya di sela-sela rangkaian acara IFG Labuan Bajo Marathon 2022. acara.

Sekarang, gen hype Bagi yang suka lari ada baiknya berlatih secara rutin untuk mengikuti lomba lari marathon Labuan Bajo tahun depan yang pastinya akan lebih seru.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Berita Google)

Penerbit : Nirmala Aninda

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button