Tiket masuk Museum Barli Bandung dan berbagai koleksi seni - WisataHits
wisatahits

Tiket masuk Museum Barli Bandung dan berbagai koleksi seni

Harga tiket masuk Museum Barli : Rp 20.000. Jam buka: 10:00 WIB – 17:00 WIB. Nomor Telepon: 0222011898. Alamat: Jl.Prof. Sutami No.91, Sukarasa, Sukasari, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40152.

Selain wisata alam yang indah, Bandung juga memiliki banyak alternatif wisata lainnya. Bagi pecinta seni, beberapa tempat bisa dipilih di Bandung. salah satunya adalah museum jelai yang terletak di daerah Sukasari. Menawarkan wisata seni yang memiliki banyak koleksi lukisan indah.

Koleksi lukisan yang dipamerkan di museum ini merupakan karya seniman dari Bandung dan sekitarnya. Tak hanya lukisan, ada juga koleksi mainan lawas yang menjadi daya tarik tersendiri. Ini jelas satu hal yang membuat museum ini berbeda. Semakin banyak Anda datang ke sini, semakin besar kunjungan ke museum. Kawasan tersebut dilengkapi dengan kafe estetik yang terlihat Instagrammable. Tempatnya sangat strategis karena terletak di pusat kota Bandung.

Harga tiket masuk Museum Barli

Bagi yang ingin mengunjungi museum seni ini, biaya masuknya cukup terjangkau. Sama dengan harga makanan dan minuman di kafe. Setelah memegang tiket, wisatawan sudah bisa melihat berbagai karya seni yang berharga.

Harga Tiket Museum Barli
Tiket masuk Rp 20.000
Tempat parkir mobil
Sepeda motor Rp3.000
Mobil Rp5.000

Baca: Tiket Masuk SELASAR SUNARYO dan Koleksi Artwork

Jam buka Museum Barli

Museum ini hanya buka enam hari dalam seminggu. Ruang museumnya sendiri buka dari pagi hingga sore hari. Sedangkan kafe beroperasi hingga larut malam.

Jam buka Museum Barli
daerah Hari Jam buka
Museum Senin Sabtu 10.00 WIB – 17.00 WIB
Kopi Senin minggu 10.00 WIB – 22.00 WIB

Museum lukisan dan mainan tua

koleksi lukisan dan karya seni lainnya di Museum BarliTampilannya yang estetik dan instagramable sangat diminati anak muda. Foto: Gmaps/Lea Aulia Rahmat

Museum Barli memiliki konsep yang berbeda dengan museum seni lainnya. Salah satunya karena memadukan koleksi lukisan dan mainan jadul (jadul). Jadi, selain menikmati keindahan lukisan turis, mereka juga mengenang mainan tahun 80-an dan 90-an, museumnya sendiri sudah ada sejak lama. Namun baru beberapa tahun terakhir namanya semakin terdengar.

Awalnya tempat ini merupakan pameran pribadi dan tidak dibuka untuk umum. Namun kini tempat ini sudah menjadi museum wisata untuk umum. Selain museum, ada juga kafe estetik yang cocok untuk bersantai dan bersantai. Kafe ini dilengkapi dengan ruang pertemuan yang tidak terkesan membosankan.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi NuArt Sculpture Park

Sejarah Museum Barli

Museum Barli didirikan pada tahun 1992 oleh seorang seniman bernama Barli Sasmitawinata. Pembangunan tempat ini dimaksudkan sebagai penunjang pameran seni lukis. Mayoritas karya yang ditampilkan berasal dari seniman di Jawa Barat, khususnya Bandung. Meliputi area seluas kurang lebih 1.200 meter persegi, museum ini awalnya tidak dibuka untuk umum.

Kehadiran Museum Barli bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan dunia seni rupa di Bandung. Bangunan ini dapat menjadi media pembelajaran mengenai perkembangan dunia seni rupa di kota kembang. Barli Sasmitawinata meninggal pada tahun 2007. Namun, museum ini tetap beroperasi dan semakin populer.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Batu Purwakarta

Terdiri dari banyak bagian

Pameran di dalam Museum BarliWisatawan bisa melihat berbagai koleksi lukisan karya seniman lokal. Foto: Gmaps/Richard Saptabharata

Bangunan museum ini cukup besar dan memiliki tiga lantai utama serta sebuah basement. Setiap lantai memiliki nama dan fungsinya masing-masing. Lantai pertama diberi nama Lantai Nakisbandiah. Ruangan ini digunakan sebagai tempat pendidikan, diskusi seni dan juga untuk belajar melukis

Masih di sayap lantai satu, ada kamar tidur bernama Galeri Chandra. digunakan sebagai ruang pameran lukisan para seniman Kota Kembang. Lukisan-lukisan yang ada menunjukkan evolusi gaya lukisan dari waktu ke waktu. Wisatawan jelas akan belajar banyak tentang lukisan dan sejarahnya.

Kemudian di lantai dua terdapat ruangan yang disebut Ruang Atika. Ruang ini semakin menarik karena menghadirkan karya-karya pilihan Bardi. Juga disajikan koleksi khusus yang bernilai tinggi. Sedangkan lantai tiga merupakan ruangan privat yang tidak terbuka untuk umum

Di bawah lantai pertama, ada ruangan lain. Di ruang bawah tanah diberi nama ruangan besar. Tempat ini cukup luas dan sering digunakan untuk pameran seni.

Baca: Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung dan Atraksi Satwa

Koleksi unik mainan jadul

Sebuah ruangan yang memajang koleksi mainan jadul di Museum BarliSelain lukisan, wisatawan juga bisa bernostalgia dengan mainan jadul yang dipajang di museum ini. Foto: Gmaps/Reni Purnama Sari

Selain lukisan, Museum Barli juga memiliki sisi unik. Merupakan ruang yang memamerkan banyak koleksi mainan jadul. Di kawasan ini wisatawan bisa melihat mainan yang pernah menjadi tren di masa lalu. Ada papan permainan dalam berbagai bentuk, robot jadul dan mobil mainan. Bagi penggemar mainan, ruangan ini bisa menjadi tempat bernostalgia.

Selain mainan jadul, ada juga koleksi majalah dan komik. Banyak sekali koleksi komik dengan berbagai tema. Tapi kebanyakan dari mereka adalah pahlawan super dan anime.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi MUSEUM GEOLOGI BANDUNG

Kafe estetika cocok untuk jalan-jalan

Keindahan sudut Barli Museum CaféTempat ini juga kondusif untuk jalan-jalan karena terdapat kafe dengan tampilan kekinian. Foto: Gmaps/Ika Jati

Setelah puas berwisata, wisatawan bisa beristirahat dan bersantai di Cafe Barli. Ruang kafe ini merupakan tambahan baru untuk kunjungan museum. Dibangun pada masa renovasi agar lebih menarik bagi wisatawan, terutama kaum muda. Ruang Café ini sangat cocok untuk bersantai dan berkumpul, terutama bagi anak muda. Bangunan bernilai seni tinggi dengan spot foto menarik di setiap sudutnya.

Sedikit berbeda dengan kawasan museum, jam buka kafe lebih panjang. Ada beberapa permainan yang bisa Anda coba, termasuk meja billyard.

Tapi yang paling penting adalah menu kafe. Ada berbagai menu mulai dari minuman, makanan hingga makanan ringan.

Fasilitas Museum Jelai

Wisata museum di tengah kota ini menawarkan fasilitas yang sangat memadai. Tersedia tempat parkir yang luas, toilet, ruang acara, mushola, dan ruang belajar melukis. Dengan berbagai fasilitas tersebut, pengunjung akan merasa nyaman dan betah.

lokasi Museum Jelai

Wisata museum ini berlokasi di Jl. Prof. Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, kota Bandung, Jawa Barat. Lokasi mudah dijangkau karena berada di pusat kota. Hanya sekitar 6 km dari alun-alun kota Bandung. Lokasinya juga dekat dengan wisata belanja terkenal di Bandung yaitu Braga City Walk.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button