Solopos hari ini: Banyak PR, penerus harus sama - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Solopos hari ini: Banyak PR, penerus harus sama – Solopos.com

Solopos hari ini: Banyak PR, penerus harus sama – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Harian Solopos Edisi Selasa (31/1/2022).

Solopos.com, SOLO — Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka memiliki banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan setelah dua tahun memimpin Kota Bengawan. Penerusnya juga harus memiliki kemampuan yang sama untuk menjaga momentum kemajuan.

Hal itu mengemuka dalam diskusi Musyawarah Cabang (Muscab) dan Lokakarya Ikatan Alumni (IKA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Solo di Hotel Amrani Sariah, Solo pada Senin (30/01/2023).

Special Offers Penawaran spesial yang menarik, menginap di Loa Living Solo New Bisa nonton Netflix sepuasnya!

Workshop bertemakan Refleksi dan Proyeksi Kepemimpinan Kota Surakarta pasca Kepemimpinan Gibran. Pembicara tamu antara lain Ketua IKA PMII Solo M. Chamim Irfani; Anggota DPRD Solo Suharsono dan Antonius Yogo Prabowo, serta Ketua DPD KNPI Solo Agus Riyanto. Pemimpin redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih, bertindak sebagai moderator.

Chamim yang juga Ketua Umum DPC PKB Solo memberikan tujuh poin atas kepemimpinan Gibran selama dua tahun terakhir. Ia berdalih masih ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang belum berhasil diselesaikan Gibran. Salah satunya adalah laju inflasi Solo yang melonjak tajam pada Desember 2022.

Pos tunggal EMagz

Menurutnya, jumlah tersebut tergolong tinggi. “Saya tegaskan bahwa angka inflasi di Solo tahun 2022 sangat tinggi, 7%. Terutama akumulasi pada Desember 2022, hingga mencapai 7%. Inflasi nasional sebesar 5,51%. Solo 7,03%, khusus Desember 2022,” ujarnya.

Chamim menduga pasokan barang yang dibutuhkan masyarakat turun pada Desember lalu. Menurutnya, pemerintah harus bisa mengantisipasi hal tersebut dengan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

“Ada tim pengendalian inflasi daerah di birokrasi. Peran apa yang dimainkan Mas Gibran dalam mengendalikan birokrasi? Karena inflasi sampai 7%. Dhuwur [tinggi] sungguh,” katanya. Bahkan inflasi Solo lebih tinggi dari daerah lain. Detailnya ada di halaman depan Harian Solopos, Selasa (31/01/2023).

Menelusuri jejak-jejak pemukiman Mataram lama di Klaten

clat — Penemuan sejumlah artefak purbakala di kawasan Klaten belakangan ini mendorong para peneliti dari Pusat Arkeologi Prasejarah dan Sejarah, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), untuk mengunjungi Dusun Kropakan, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten.

Solopos interaktif

Mereka melakukan penelitian untuk menindaklanjuti berbagai temuan artefak yang diyakini berasal dari pemukiman di zaman Mataram Kuno. Tiga peneliti berkunjung ke Kropakan pada Senin (30/1/2023). Mereka segera menjelajahi tempat-tempat yang ditemukan artefak dari zaman Mataram kuno, termasuk situs sumur kuno.

Para peneliti didampingi warga setempat, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten dan Persatuan Penggiat Cagar Budaya (KPCB) Klaten. Salah satu peneliti di Pusat Arkeologi Sejarah dan Prasejarah BRIN, Sugeng Riyanto mengatakan, dirinya bersama dua peneliti lainnya datang untuk menelusuri informasi temuan benda-benda yang diyakini sebagai cagar budaya yang ditemukan warga sekitar dan masyarakat.

“Tujuan kami adalah untuk menggali informasi tentang sejarah penemuan. Sebagian besar ditemukan karena tanah digunakan untuk pembuatan batu bata,” kata Sugeng kepada wartawan.

Sugeng menjelaskan, temuan di Kropakan bervariasi dari segi struktur dan fragmen. Salah satu struktur yang ditemukan adalah bangunan air mancur. Dia memperkirakan bahwa air mancur adalah bagian dari komunitas yang terjaga keamanannya. Detailnya ada di halaman depan Harian Solopos, Selasa (31/01/2023).

“Jalan Tol” untuk penduduk asing

iklan

JAKARTA — Kebijakan strategis yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi akan berdampak signifikan dalam mendongkrak sektor pariwisata yang diperkirakan mencapai 7,4 juta penyeberangan masuk dan keluar pada tahun 2023.

Peluncuran website Foreigners Traffic Module (Molina) untuk layanan pengarsipan, serta perpanjangan visa kunjungan turis dan pra investasi melalui pembayaran online, semakin memudahkan orang asing (WNA) masuk ke Tanah Air.

Peluncuran situs pada 26 Januari 2023 ini memperkuat berbagai kemudahan lain bagi warga asing, seperti B. penambahan negara yang memenuhi syarat untuk visa turis khusus saat kedatangan di 60 negara, visa rumah kedua premium untuk turis asing, imigrasi dengan kapal dan lain-lain.

Saling ketergantungan kedua lembaga ini diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau fasilitas keimigrasian di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat (13/1/2023) bersama Dirjen Imigrasi, Silmy Karim , mengutip imigrasi.go.id, diakses Senin (30/01/2023). Baca selengkapnya di Harian Ekonomi-Bisnis Solopo, edisi Selasa (31/1/2023).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button