Pantai Banyu Tibo - WisataHits
wisatahits

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Jawa Timur, dengan keragaman tempat wisatanya, menjadi salah satu daerah di Indonesia yang selalu ramai oleh wisatawan yang lalu lalang.

Segala macam wisata bisa kita temukan di Jawa Timur, mulai dari wisata sejarah hingga wisata pantai.

Nah, kalau bicara soal wisata pantai, salah satu pantai paling unik dan menarik di Jawa Timur adalah Pantai Banyu Tibo.

pantai-banyu-tibo-pacitan

Karena keindahan dan keunikannya, pantai ini masih dikunjungi setiap hari oleh pengunjung dari Jawa Timur atau provinsi lain di Jawa.

Sekilas tentang Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini sudah dikenal sejak lama dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur.

Satu hal yang membuat pantai ini unik dan berbeda dari pantai lainnya adalah adanya air terjun mini yang terletak di depan pantai.

Apalagi Pantai Banyu Tibo, seperti pantai lainnya, juga memiliki suasana yang sejuk dan menenangkan.

Buat kamu yang suka berburu tempat foto, Pantai Banyu Tibo juga bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk berfoto.

Sejarah Penamaan Pantai Banyu Tibo

pantai-banyu-tibo-wonogiriinstagram/toyfirmansyah9

Penamaan Pantai Banyu Tibo tidak terkait dengan cerita menegangkan atau mitos menakutkan. Dua kata yang membentuk nama tersebut sebenarnya berasal dari bahasa yang digunakan oleh orang Jawa ketika mereka mengatakan “air tumpah”.

Kata pertama adalah kata “banyu” yang merupakan kosakata bahasa Jawa, yang berarti “air” dalam bahasa Indonesia. Sedangkan kata tibo yang juga diambil dari bahasa Jawa, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti “mencurahkan”

Jadi, dalam arti kata, kita dapat menyimpulkan bahwa pantai “Banyu Tibo” berarti pantai “Udara Tumpah”. Mungkin ada yang bertanya, kenapa pantai ini disebut Banyu Tibo atau air tumpah?

Oleh karena itu jawabannya tidak lain adalah adanya air terjun mini di depan pantai yang airnya langsung jatuh ke pantai dan bercampur dengan air laut.

Air terjun ini menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri yang hanya dimiliki oleh pantai Banyu Tibo.

Selain menambah eksotisme Pantai Banyu Tibo, air terjun mini ini juga menghadirkan air yang jernih dan bersih sehingga banyak wisatawan yang langsung mandi di bawahnya ketika datang ke Pantai Banyu Tibo.

Aktivitas Menarik di Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo sebenarnya tidak terlalu luas. Areanya juga agak tersembunyi, terutama area air terjunnya.

Namun untuk kegiatan wisata, di pantai ini Anda juga bisa melakukan banyak hal menarik diantaranya sebagai berikut:

1. Berenang

pantai-banyu-tibo-pacitan-jawa timurinstagram/romannyta_f

Aktivitas pertama yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Pantai Banyu Tibo adalah berenang.

Meskipun pantai ini terletak di pantai selatan, ombaknya tidak terlalu berbahaya, sehingga pengunjung tetap diperbolehkan berenang.

Meski begitu, Anda tetap perlu waspada, terutama saat air pasang karena pantai biasanya akan dipenuhi air bahkan di sekitar air terjun.

2. Snorkeling

Pantai Banyu Tibo juga sering dijadikan lokasi snorkeling oleh kekasih tuba.

Airnya yang bersih dan jernih akan sangat memudahkan Anda untuk menikmati segala biota laut yang menghuninya.

Tapi sayangnya, untuk snorkeling sementara itu anda harus menyiapkan peralatan dari rumah karena di pantai ini tidak ada tempat untuk menyewa peralatan snorkeling.

3. Memancing

Aktivitas yang tidak kalah menarik untuk dilakukan saat mengunjungi pantai Banyu Tibo adalah memancing.

Anda bisa berburu ikan segar dan besar di celah-celah karang pantai ini.

Tapi seperti snorkelinguntuk memancing di pantai ini anda juga harus menyiapkan alat dan umpan mancing dari rumah karena tidak ada tempat untuk menyewa alat pancing di pantai ini.

4. Menikmati Keindahan Pantai Banyu Tibo

keindahan-pantai-banyu-tiboinstagram/anike.pgbn

Jika Anda tidak ingin berenang, snorkelingatau memancing, maka aktivitas alternatif yang bisa Anda lakukan di Pantai Banyu Tibo adalah bersantai dan menikmati keindahan yang ditawarkan pantai ini.

Dari pasir atau dari atas tebing, Anda dapat melihat keindahan pantai Banyu Tibo yang tak terlukiskan dengan pasir putihnya, air laut biru yang bersih dan pemandangan air terjun yang menakjubkan.

5. Perburuan Foto

Batch tempat yang cukup menarik dan sangat cocok untuk dijadikan background foto di Pantai Banyu Tibo.

Tempat Hal utama yang tidak boleh Anda lewatkan jika Anda sangat menyukai kegiatan ini adalah tempat Air terjun pantai Banyu Tibo.

Berfoto di depan air terjun setinggi dua meter ini pasti akan membuat foto Anda semakin elegan dan unik.

Apalagi jika Anda ingin mendapatkan foto yang begitu indah dan menarik, Anda bisa memilih tempat wajah pantai banyu tibo dengan air laut seperti konteks-miliknya.

Cobalah beberapa pose di tempat itu untuk mendapatkan gambar yang persis seperti yang Anda inginkan.

Baca juga: Pantai Clungup

Alamat Pantai Banyu Tibo

cerita-pantai-banyu-tiboinstagram/tanah surgawi

Pantai Banyu Tibo alamat lengkap di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur.

Untuk menuju pantai ini dari pusat Kabupaten Pacitan, Anda harus menempuh perjalanan yang agak jauh, sekitar 40 kilometer arah barat Kabupaten Pacitan dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Petunjuk Menuju Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo dapat diakses dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Namun menurut beberapa informasi, pengunjung yang akan menuju Pantai Banyu Tibo sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi dengan alasan dapat mempermudah perjalanan.

Kemudian untuk jalan menuju pantai banyu tibo dari luar kota misalnya dari Solo, pilihan jalur bisa menggunakan jalur Wonogiri atau jalur Pracimantoro.

Jadi jika Anda memilih jalur Wonogiri dan kemudian jalur Solo, silahkan mulai perjalanan Anda hingga menemukan pertigaan yang terletak di dekat Masjid Raya Punung.

Kemudian dari sana lanjutkan perjalanan dengan belok kiri sampai tiba di Pasar Kalak di Kecamatan Goa Gong.

Dari pasar Kalak, lanjutkan perjalanan sampai menemukan pertigaan lalu belok kanan menuju desa Widoro.

Nah, jika Anda sudah sampai di desa Widoro, perjalanan Anda sudah dekat dan Anda hanya perlu mengikuti beberapa petunjuk yang benar-benar akan membawa Anda ke lokasi pantai Banyu Tibo.

Ini adalah rute yang bisa Anda gunakan jika Anda datang dari Solo. Sedangkan bagi anda yang berasal dari daerah atau kota lain dapat dengan mudah menemukan rute menuju Pantai Banyu Tibo menggunakan aplikasi Google Maps.

Jam Buka Pantai Banyu Tibo

jam buka-pantai-banyu-tiboinstagram/youdistiraryan

Pantai Banyu Tibo buka 24 jam sehari. Sejauh ini, tidak ada aturan waktu khusus yang menjadi acuan saat rentang ini dibuka dan ditutup.

Oleh karena itu, Anda bisa datang ke Pantai Banyu Tibo kapan saja. Namun, jika Anda pergi ke pantai untuk rekreasi, waktu terbaik untuk datang tentunya pada pagi atau sore hari.

Harga Tiket Pantai Banyu Tibo

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo sangat murah. Harga tiketnya pun tak lebih dari Rp 10.000 per orang.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk (weekdays) Rp 3000 (Dewasa) – Rp 2000 (Anak)
Tiket masuk (hari libur) Rp 5000 (Dewasa) – Rp 3000 (Anak)
tiket parkir Rp2000 (Motor) – Rp5000 (Mobil)

Selain tiket masuk, Anda juga perlu membayar biaya parkir jika datang ke Pantai Banyu Tibo menggunakan kendaraan pribadi.

Fasilitas Pantai Banyu Tibo

Bisa juga dikatakan fasilitas umum di Pantai Banyu Tibo sudah cukup memadai. Meski tidak terlalu lengkap, fasilitas pantai ini sudah cukup menjamin kenyamanan pengunjung.

Adapun fasilitas pantai banyu tibo termasuk area parkir, toilet, mushola, ruang ganti dan warung makan.

banyu-tibo-pantai-harga tiket masukInstagram/Upel

Baca juga: Pemandangan & Tengara di Malang

Pantai Banyu Tibo, Pacitan dapat dijadikan sebagai alternatif tujuan rekreasi bersama keluarga. Meski tidak menawarkan wahana atau fasilitas yang super lengkap, namun keindahan dan keunikan pantai ini cukup membawa kebahagiaan dan kepuasan bagi Anda dan keluarga.

Jika Anda ingin melanjutkan perjalanan liburan di Pacitan Jawa Timur dan tetap ingin menikmati keindahan pantainya, Anda bisa datang ke sini. Pantai SogePantai Klayar atau Pantai Pangasan.

Kami telah mengumpulkan informasi di atas dari berbagai sumber dengan perhatian besar padasah– data. Oleh karena itu, jika ada kesalahan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan memberi tahu kami.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button