Lembah Karacak, panorama hutan pinus dan tempat camping seru di Garut - WisataHits
wisatahits

Lembah Karacak, panorama hutan pinus dan tempat camping seru di Garut

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Lembah Karacak Margawati, Sukanegla, Kec. Kota Garut, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Lembah Karacak adalah hutan pinus yang mencolok di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Destinasi wisata ini baru dibuka pada tahun 2016 dan populer berkat peran media sosial. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen di tempat wisata ini kemudian mengunggahnya ke media sosial seperti Instagram sehingga akhirnya banyak orang yang tertarik untuk datang.

Tidak hanya menampilkan kesejukan hutan pinus, Lembah Karacak juga menjadi salah satu camping ground di Garut. Lokasinya yang berada di atas bukit memungkinkan Anda untuk melihat pemandangan kota yang indah, terutama pada malam hari. Oleh karena itu, wisata hutan pinus ini menjadi tempat yang banyak dipilih oleh para traveler untuk merasakan aktivitas yang menyenangkan.

Kawasan ini merupakan hutan pinus dan perkebunan kopi seluas 92 hektar milik Perhutani. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Garut. Karena itu, pengelola membuka destinasi wisata meski luasnya hanya 10 hektar. Tidak hanya pengunjung yang tertarik datang, masyarakat sekitar juga merespon positif.

Atraksi Lembah Karacak

Atraksi Lembah KaracakKredit gambar: Twitter Tian Afriani

Meski kebanyakan pengunjungnya adalah remaja, Lembah Karacak juga sangat cocok untuk liburan keluarga. Karena areanya yang luas, ada banyak tempat menyenangkan yang bisa dikunjungi. Kesegaran dan keindahan alam menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk bersantai di tempat wisata ini.

1. Hutan Pinus

Objek wisata ini merupakan kawasan perbukitan yang dikelilingi hutan pinus dan perkebunan kopi. Sedangkan pinus menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Melalui jalur yang ada, Anda dapat menemukan hutan pinus ini. Jalur yang akan Anda tempuh akan menanjak sesuai dengan kontur medan karena letaknya yang berada di perbukitan.

2. Bumi Perkemahan

Destinasi wisata ini memiliki tempat yang luas dan nyaman, selain menyediakan fasilitas yang memadai untuk berkemah dan melakukan aktivitas seru. Sebagai camping ground, hutan pinus ini menjadi pilihan pengunjung untuk bermalam menikmati suasana alam bersama teman dan keluarga.

3. Tempat foto

Banyak sekali spot foto yang bagus dan menarik di Lembah Karacak, tak heran jika tempat wisata ini menjadi sangat populer. Tak hanya hutan pinus, kamu juga bisa mengabadikan sunset di antara Gunung Papadayan dan Gunung Guntur. Ada juga spot foto yang disediakan pengelola.

4. Puncak Dogar

Objek wisata milik Lembah KaracakKredit gambar: Google Maps Leonita Swandjaja

Puncak Dogar merupakan salah satu objek wisata yang menyuguhkan pemandangan yang akan memanjakan mata anda. Terletak di sebuah bukit di hutan pinus, Puncak Dogar adalah tempat yang banyak dikunjungi pengunjung. Dari Puncak Dogar, Anda dapat melihat kota Garut tanpa hambatan, terutama keindahan lampu di malam hari jika Anda memilih untuk berkemah di sana.

5. Air Terjun Kembar dan Air Terjun Ngebul

Di kawasan Lembah Karacak juga terdapat dua buah air terjun kecil atau air terjun dengan danau di bawahnya. Kedua air terjun ini menjadi daya tarik karena bebatuan dan airnya yang jernih. Ikuti saja jalannya dan ikuti petunjuknya. Jalan yang harus Anda lalui tentu menanjak, namun ada beberapa tempat untuk beristirahat.

Curug Kembar memiliki dua air terjun di antara bebatuan. Sempurna untuk bermain di air atau hanya bersantai. Ada juga cabana untuk duduk dan menikmati pemandangan. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Ngebul. Air terjun ini tidak tinggi tetapi airnya sangat sejuk dan segar karena berasal dari Gunung Karacak.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat lokasiKredit gambar: Google Maps Muhamad Rifqi Waldani

Lembah Karacak tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut, hanya sekitar 10 km dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. Lokasinya berada di Kabupaten Garut, Kecamatan Kota Garut, tepatnya di Jalan Lembah Karacak, Margawati, Sukanegla. Untuk menuju kesana sangat mudah karena ada pemandunya, ditambah medannya juga tidak sulit.

Sayangnya, beberapa ratus meter sebelum lokasi, jalanan masih cukup licin saat musim hujan. Jalannya juga tidak terlalu lebar dan banyak tikungan dan tanjakan yang sempit. Pengunjung harus sangat berhati-hati dan menggunakan kendaraan dalam kondisi sempurna. Banyak ban pengunjung tersembunyi di area ini, tetapi akan ada penduduk setempat yang membantu Anda.

Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat atau bus kecil. Namun, akses jalan tidak bisa disalip oleh bus besar. Untuk rute perjalanannya juga cukup mudah. Anda dapat mengambil Jalan Bratayudha dan kemudian berbelok ke Jalan Margawati. Ikuti saja jalan dan rambu-rambu yang ada di sepanjang Jalan Margawati hingga sampai di lokasi wisata hutan pinus.

Anda juga bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju ke hutan pinus. Dari terminal Guntur, Anda bisa naik angkot tujuan Sukadana atau Sukastrel dan turun di pertigaan Jalan Margawati. Anda kemudian dapat melanjutkan perjalanan ke lokasi menggunakan ojek.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket atraksiKredit Gambar: Google Maps Ri Ve

Lembah Karacak dapat dikunjungi mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Namun, kawasan ini tetap dijaga selama 24 jam bagi pengunjung malam hari. Tiket yang berlaku juga berbeda untuk dewasa dan anak-anak, namun sudah termasuk biaya asuransi.

Untuk dewasa, harga tiket untuk tour adalah Rp 10.000 sedangkan untuk anak-anak Rp 5.000. Jika Anda camping, harga tiket yang harus Anda keluarkan adalah Rp 15.000. Dapat dikatakan bahwa tiket masuk ini sangat murah dibandingkan dengan keindahan alam dan pengalaman mendebarkan yang akan Anda dapatkan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Lembah Karacak

Hal yang Dapat Dilakukan di Lembah KaracakKredit gambar: Twitter Berita Jawa Barat

Kawasan hutan pinus ini tergolong sangat luas. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Apalagi jika Anda menyukai wisata alam dan petualangan. Beberapa aktivitas biasanya dilakukan di kawasan Hutan Pinus Lembah Karacak.

1. Cari spot foto

Keindahan pemandangan dan juga pepohonan pinus menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat yang bagus untuk spot foto. Jika Anda menjelajahi area tersebut, Anda akan menemukan lebih banyak lagi tempat yang bagus untuk diposting di media sosial Anda.

Akan lebih baik jika Anda datang bersama keluarga di pagi hari, tetapi Anda juga bisa berkunjung pada sore hari saat musim kemarau. Sunset di atas tempat wisata alam yang indah ini tidak hanya memanjakan mata, tapi juga bisa menjadi background foto yang indah dengan langit biru yang cerah. Sementara itu, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang matahari terbit saat berkemah di sana.

2. Perkemahan

Kawasan hutan pinus ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai kegiatan camping. Karena areanya yang cukup luas, maka area ini bisa menampung sekitar 1000 tenda. Anda tidak perlu lagi khawatir akan terdesak oleh pengunjung lain yang juga ingin membangun tenda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan camping lainnya seperti berkumpul bersama teman, melihat pemandangan malam, membuat api unggun bahkan memasak. Selain itu, banyaknya pohon pinus memungkinkan untuk memasang hammock untuk bersantai.

3. Olahraga

Lembah Karacak adalah tempat yang kondusif untuk beberapa kegiatan olahraga seperti hiking dan bersepeda. Dari sini Anda bisa mendaki ke Curug Ngebul, bahkan bisa langsung menuju puncak Gunung Karacak. Jalan yang dapat diakses dengan sepeda juga memungkinkan Anda untuk berolahraga sambil merasakan segarnya udara hutan pinus.

Fasilitas yang tersedia di Lembah Karacak

Fasilitas di Lembah KaracakKredit Gambar: Google Maps Ri Ve

Pengelola objek wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang memadai akan membuat Anda lebih menikmati liburan di Lembah Karacak. Salah satunya adalah tempat parkir yang cukup luas bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri. Harga parkirnya Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Jika ingin berkemah, tempat wisata ini juga menawarkan persewaan tenda. Harga sewa tenda tergantung dari kapasitas tenda. Untuk tenda kapasitas 4 sampai 5 orang harga sewanya Rp 50.000 sedangkan tenda kapasitas 8 orang Rp 80.000. Sementara itu, sewa tenda 8 orang seharga Rp 110.000 dan tenda besar seharga Rp 120.000.

Selain tenda, pengelola juga menawarkan persewaan hammock. Jadi bagi kamu yang tidak memiliki hammock, kamu tetap bisa bersantai di antara pohon-pohon pinus. Sewa hammock hanya ditawarkan dengan harga Rp 10.000, namun hammock hanya bisa digunakan selama 1 jam dalam satu kali sewa.

Pengelola juga menyediakan MCK yang bisa digunakan oleh pengunjung. Selain itu, ada juga mushola untuk berdoa. Jika tidak membawa bekal, Anda juga bisa membeli makanan dan minuman dari warung dan warung makan. Selain itu, ada juga banyak gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Jika Anda berada di Garut, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Lembah Karacak. Anda bisa berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Dengan fasilitas yang memadai, Anda akan semakin nyaman melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di hutan pinus ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button