Bahas Peluang Kerja Sama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menparekraf Bertemu Dubes Selandia Baru untuk Indonesia - WisataHits
wisatahits

Bahas Peluang Kerja Sama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menparekraf Bertemu Dubes Selandia Baru untuk Indonesia

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bertemu dengan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett untuk membahas peluang kerjasama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

“Kami sedang menjajaki peluang kerjasama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang dapat dicapai antara Indonesia dan Selandia Baru,”

kata Menparekraf Sandiaga Uno di Ruang Rapat Kemenparekraf Lantai 16, Jakarta, Selasa (23/8/2021).

Menparekraf dan Dubes Selandia Baru untuk RI bahas peluang kerjasama pariwisataMenparekraf dan Dubes Selandia Baru untuk RI bahas peluang kerja sama ekonomi kreatif, foto: Kemenparekraf

Peluang kerja sama yang dibahas antara lain peningkatan frekuensi penerbangan, strategi atau langkah untuk menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan ramah lingkungan, berbagi best practice dengan lembaga pendidikan kedua negara, digitalisasi dan strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran pariwisata kedua negara.

“Saya berharap dapat memperkuat kerjasama dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di kedua negara.

Serta dapat membantu mempromosikan dan menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,”

kata Menparekraf Sandiaga.

Selandia Baru merupakan salah satu pasar yang paling strategis bagi pertumbuhan pariwisata di Indonesia.

Menurut data BPS, kunjungan wisman asal Selandia Baru pada 2018 meningkat sebesar 14%, hingga mencapai 128.325 wisman yang berkunjung ke Indonesia. Dengan lama tinggal antara 10 sampai 11 hari.

Jika peluang ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dapat tumbuh dan mendorong terciptanya 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas.

“Karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif telah menjadi rumah bagi 40 juta orang Indonesia,”

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga meminta dukungan pihak Selandia Baru, untuk menyukseskan kepresidenan G20 2022 yang dipimpin oleh Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan beberapa side event G20 seperti World Conference on the Creative Economy (WCCE) dan World Tourism Day.

Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett mengucapkan terima kasih atas kesempatan berharga ini, sehingga kedua negara dapat berdialog tentang peluang kerjasama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Perbatasan kami dibuka kembali sepenuhnya untuk turis pada 31 Juli 2022.

Dan kami sedang dalam tahap menyambut wisatawan ke Selandia Baru.

Kami berharap dapat membangun kembali pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terpuruk akibat pandemi dengan kerjasama yang akan kami lakukan di masa mendatang,”

kata Kevin.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button