Keseruan Agrowisata di Desa Pujon Kidul - WisataHits
Jawa Timur

Keseruan Agrowisata di Desa Pujon Kidul

Desa Pujon Kidul merupakan salah satu desa agrowisata yang banyak diminati wisatawan. Pada tahun 2017, desa ini mendapatkan penghargaan Desa Wisata Terbaik kategori Desa Agrowisata oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon terletak di bagian utara Kabupaten Malang. Posisinya berada di barat laut Kota Batu dengan jarak 12,6 kilometer dengan waktu tempuh 12,6 menit. Sedangkan jarak desa ini dengan kota Malang adalah 28,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit.
Salah satu daya tarik desa Pujon Kidul adalah pemandangannya yang indah, perpaduan antara lembah dan pegunungan. Bentang alamnya terletak di lembah yang dikelilingi oleh pegunungan di sebelah selatan Gunung Kawi dengan ketinggian 2.551 meter, di sebelah barat Gunung Dorowati setinggi 1.586 meter, di sebelah utara Gunung Anjasmoro setinggi 2.282 meter dan di sebelah timur Gunung Arjuno di 3.339 meter.
Desa Pujon Kidul sendiri memiliki ketinggian antara 1.100 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di ketinggian ini, suhu rata-rata sekitar 24,5 derajat Celcius. Suhu sejuk ini menjadi incaran para wisatawan kota untuk berlibur.
Terletak di lembah dengan kontur tanah yang datar, Desa Pujon Kidul merupakan tempat pertanian, perkebunan dan peternakan. Selain pemandangan alam yang tiada tara, desa wisata ini dibangun untuk menawarkan spot foto, kafe, permainan anak dan gubuk dengan oleh-oleh.
Di sekitar Kafe Sawah, misalnya, terdapat persawahan di area kafe seluas hampir dua hektar. Tempatnya berbentuk seperti gubuk bambu yang menghadap ke persawahan dan perkebunan sayur. Gubuk tersebut merupakan gubuk petani yang dibangun di tengah sawah.
Sambil minum atau makan, pengunjung bisa menyaksikan aktivitas para petani yang bekerja di sawah atau memanen. Saat musim panen, pengunjung bisa menyaksikan para petani memanen padi yang menguning. Berbagai jenis tanaman sekunder ditanam di daerah lain. Beberapa tanaman yang ditanam adalah tomat, cabai dan rempah-rempah.
Di sini pengunjung bisa belajar tentang dunia perikanan dan peternakan. Anda bisa menemukan kolam ikan yang menarik pengunjung. Ada juga peternakan angsa dengan kolam air jernih untuk angsa bermain di air.
Ada juga peternakan sapi, mulai dari memerah susu sendiri hingga distribusinya bisa diamati. Kegiatan dimulai dengan memerah susu sapi dan kemudian bisa langsung diminum. Biasanya, saat memerah susu sapi, hal ini rutin dilakukan dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari.
Seperti di Kota Batu, tempat ini menawarkan atraksi memetik buah jambu biji merah, apel, strawberry, cabai, bawang merah dan berbagai tanaman buah lainnya. Setiap buah yang dipetik harus ditimbang, kemudian wisatawan harus membayar kepada pemilik tanah.
Paket wisata petik buah ini merupakan pelengkap tiket masuk yang dijual dengan harga 12.000 rupiah per orang. Oleh karena itu, pengunjung harus membayar lagi sesuai harga yang diperhitungkan untuk merasakan sensasi memetik buah dari pohon dan langsung memakannya.

Berbagai fasilitas
Bagi yang suka foto-foto, Kafe Sawah menawarkan berbagai spot. Dengan konsep kekinian, tempat ini menawarkan spot selfie yang unik dan instagramable. Ada taman bunga, jembatan dan bangunan bambu, dengan latar belakang pegunungan di sekitarnya.
Desa wisata ini juga menawarkan akomodasi homestay, terutama bagi wisatawan luar kota yang ingin bermalam untuk menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan asri di malam yang tenang. Tarif kamar berkisar antara 130.000 hingga 180.000 rupiah per malam.
Selain Sawah Cafe, The Roudh 78 menjadi objek wisata lain yang tak kalah menarik. Roudh 78 menawarkan berbagai aktivitas fisik yang menarik bagi pengunjung untuk memompa adrenalin mereka.
Roudh 78 menawarkan paket lengkap untuk liburan keluarga. Dari tempat-tempat menarik untuk berfoto, makan makanan lezat, hingga menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan asri. Dengan membayar tiket masuk mulai dari 12.500 saja, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan desa wisata dan masuk ke salah satu kafe dengan menara tinggi khas yang bertuliskan The Roudh 78.
Tiket masuk dibayarkan di pintu masuk Desa Wisata Pujon. Nantinya, pengunjung akan mendapatkan voucher 5.000 rupiah yang bisa ditukarkan dengan pembelian makanan dan minuman di kawasan The Roudh 78 dan kios-kios lainnya di sekitar desa wisata.
Roudh 78 menawarkan berbagai atraksi menarik dan ramah keluarga. Seperti perahu tangan (hand boats), rol air (bolt ball), bola pantai (beach ball), perahu angsa dan perahu dayung, menunggang kuda, paintball, serta pendidikan pertanian dan hewan kelinci, kuda, kambing dan ikan.
Kegiatan ini meliputi berkendara off-road dengan jeep yang disediakan, sepeda motor ATV, bersepeda motor trail, paintball, ATV dan panahan. Untuk 50.000 rupiah, pengunjung dapat menjelajahi perkebunan dan peternakan yang ada di ATV.
Di The Roudh 78, pengunjung bisa bermain paintball bersama keluarga atau teman. Anda bisa menembakkan peluru penuh warna seolah-olah melawan musuh. Hati-hati, peluru tidak berbahaya, juga pemain harus memakai jaket dan topi keras.
Roudh 78 dirancang menyerupai suasana Texas kuno, AS. Ada kuda di sini yang bisa ditunggangi agar terlihat seperti koboi. Beginilah tampilan pakaian dan aksesoris ala kuda dan koboi.
Desa Wisata Pujon Kidul beroperasi setiap hari. Senin hingga Jumat buka dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sedangkan Sabtu-Minggu weekend buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Halo/N-3

Baca juga:

Beragamnya karakter pantai Jember yang memanjakan mata

Malam yang sejuk di Bukit Nirvana

Setelah nongkrong di Sawah Cafe atau memacu adrenalin di The Roudh 78, aktivitas di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang belum usai. Ada aktivitas yang lebih menantang yang bisa kamu coba seperti B. Jalan-jalan ke Air Terjun Coban Sumber Pitu, Coban Manan atau menikmati pemandangan dari Bukit Nirwana.
Coban adalah nama lokal untuk air terjun atau curug. Sedangkan sumber pitu, artinya air terjun dengan tujuh mata air. Pasalnya, air terjun Sumber Pitu memiliki tujuh air terjun yang saling berdekatan dan mengisi tebing dengan lebar sekitar 50 meter.
Air terjun ini masih berada di desa Pujon Kidul, masih alami dan tersembunyi di tengah hutan. Jadi untuk menikmati keindahan Coban Pitu harus berusaha terlebih dahulu, karena tempatnya tersembunyi di balik semak belukar.
Untuk sampai ke Coban Pitu Anda harus melewati jalan tanah melalui hutan pinus, hutan belantara, perbukitan dan padang rumput yang rerumputan dimana terdapat ngarai yang cukup dalam. Namun tenang saja, dengan akses jalan yang Anda lewati, apapun yang Anda temui selama perjalanan akan menjadi daya tarik tersendiri.
Meski perjalanannya cukup sulit, semuanya terbayar dengan indahnya panorama air terjun Coban Sumber Pitu. Pemandangan ini semakin sempurna dengan hutan lebat yang mengelilinginya.
Keindahan air terjun yang sebenarnya memiliki sembilan air terjun ini berada di kawasan hutan lindung yang memiliki air terjun lain yang tak kalah indahnya, termasuk 14 air terjun. Namun, dengan segala tantangan dan pesonanya, Coban Sumber Pitu bisa dibilang paling menakjubkan.
Coban atau air terjun keren lainnya di sekitar Batu, namanya Coban Manan. Air terjun ini masih sedikit dikenal karena letaknya yang agak tersembunyi di pedalaman. Jika Anda ingin pergi ke sana, Anda harus ditemani oleh pemandu wisata. Pemandu yang direkomendasikan adalah warga desa Pujon Kidul.
Terletak di Desa Pujon Kidul, Bukit Nirwana menampilkan keindahan alam perbukitan dengan udara sejuk dan dinginnya khas pegunungan tinggi. Tempat ini kini menjadi tujuan warga daerah Malang yang ingin merasakan pengalaman berkemah di daerah perbukitan.
Perasaan tidur di tenda di malam yang sangat dingin, menikmati spot foto instagramable dan malam ditemani live music menjadi pengalaman yang ditawarkan. Meski berada di atas gunung, bukan berarti tidak ada listrik. Ada banyak lampu estetis yang menghiasi area tenda di sini.
Memang, Bukit Nirwana sebagai bumi perkemahan telah dikelola secara profesional. Pengelola juga menawarkan hidangan berbahan dasar lesehan untuk menghangatkan tubuh dan memberikan energi. Paket 400.000 rupiah akan menyediakan tenda untuk empat orang, kasur, lubang api dan api unggun.
Ada beberapa spot foto Instagrammable yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen santai bersama keluarga atau teman. Beberapa titik tersebut adalah spot foto bunga matahari, foto dengan background gunung, foto dengan kincir angin, foto di taman bunga dan foto di atas kapal. Halo/N-3

Baca juga:

Sensasi arung jeram kelas dunia di Sungai Asahan


editor : Marcellus Widiarto

penulis : Haryo Brono

Source: koran-jakarta.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button