Kera Merapi bikin khawatir, warga Kaliurang Timur sibuk membangun benteng alam - WisataHits
Yogyakarta

Kera Merapi bikin khawatir, warga Kaliurang Timur sibuk membangun benteng alam

Kera Merapi bikin khawatir, warga Kaliurang Timur sibuk membangun benteng alam

Kawanan monyet kerap menjadi hama bagi wargaKawanan monyet kerap menjadi hama bagi warga

JATIMTIMES- Warga Dusun Kaliurang Timur, Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman menanam aneka pohon buah dan meranggas pada Rabu pagi (1/11/2023).

Penyemaian bibit buah ini dilakukan di sejumlah titik yang telah ditentukan, yakni di tepi tanah negara dan di sisi tebing Kali Boyong sebelah utara kawasan wisata Kaliurang Pandang. Ada 200 bibit buah yang akan ditanam, warga dipimpin oleh Anggara Daniawan selaku Kepala Dusun Kaliurang Timur.

Langkah ini dilakukan untuk mempersiapkan pohon buah-buahan bagi kawanan monyet ekor panjang dari kawasan Gunung Merapi. Pasalnya, saat musim paceklik, kawanan monyet kerap menyerang pemukiman warga. Jumlah monyet yang mencapai ribuan membuat mereka menjadi gangguan bagi warga sekitar.

Bibit tanaman tersebut disumbangkan oleh PT Sari Husada Generasi Mahardika (Sarihusada) Yogyakarta.

Anggra Daniawan menjelaskan penanaman bibit buah merupakan upaya membangun benteng alam bagi warga agar tidak diserang ribuan kera.

“Ini solusi agar kera ekor panjang punya sumber makanan dan tidak menyerbu pemukiman warga,” jelasnya.

Karena itu, ia meminta perhatian semua pihak, terutama pemerintah daerah, untuk benar-benar memikirkan solusi mengatasi hama monyet di kawasan hutan Kaliurang di lereng Gunung Merapi.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari JatimTIMES.com. Yuk gabung grup Telegram, klik link Telegram JatimTIMES lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button