Obyek terumbu karang jadi incaran wisatawan - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Obyek terumbu karang jadi incaran wisatawan – ANTARA News Yogyakarta

Obyek terumbu karang jadi incaran wisatawan – ANTARA News Yogyakarta

PALEMBANG (ANTARA) – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mendukung pengembangan sektor pariwisata nasional melalui berbagai program antara lain Konservasi Terumbu Karang, Restorasi Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Kota Wisata Tanjung Enim.

Penanaman dan pemeliharaan terumbu karang telah dilakukan PTBA bersama Lampung Underwater Community di Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung, kata Direktur Utama PTBA Arsal Ismail di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat.

Sebanyak 160 bibit karang ditanam, terdiri dari beberapa spesies Mortifore danae, Acropora ocuminata dan Acropora micropthalma.

“Hal ini dilakukan untuk melestarikan pesona kawasan bawah laut dan pesisir Provinsi Lampung yang sudah terkenal di tingkat nasional maupun internasional,” kata Arsal.

Selain itu, PTBA berperan memulihkan kondisi Pulau Alanggantang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Berbak Sembilang (BTNBS) dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Musi.

Sejak 2021, PTBA menanam mangrove sebagai langkah merehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) seluas 300 hektar di pulau ini.

Kawasan hutan bakau yang lestari menarik burung-burung migran dari Siberia, Rusia, untuk mencari makan di pulau ini dari Oktober hingga Februari setiap tahun. Fenomena ini menarik banyak wisatawan ke Pulau Alangantang.

“Rehabilitasi mangrove bermanfaat bagi pengembangan ekowisata di Pulau Alangantang. Masyarakat setempat juga diuntungkan karena kunjungan wisata meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button