Kepulauan Andaman Nicobar, Kepulauan India dekat Sumatra - WisataHits
Jawa Barat

Kepulauan Andaman Nicobar, Kepulauan India dekat Sumatra

Minggu, 9 Oktober 2022 – 17:16 WIB

PITA – Anda bisa melihat ada pulau-pulau di utara Aceh, pulau-pulau ini bukan milik Indonesia tetapi milik India. Pulau-pulau itu disebut Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Secara geografis, Kepulauan Andaman dan Nicobar berada 150 km di utara Aceh, dipisahkan dari Thailand dan Myanmar oleh Laut Andaman, dengan luas sekitar 8.294 kilometer persegi. Kepulauan ini terdiri dari lebih dari 500 pulau, 37 di antaranya berpenghuni, di persimpangan Teluk Benggala dan Laut Andaman.

Diberitakan dari berbagai sumber bahwa ibu kota nusantara ini adalah Port Blair. Wilayahnya sendiri dibagi menjadi tiga distrik: Nicobar dengan ibu kota di Car Nicobar, Andaman Selatan dengan Port Blair sebagai ibu kota, dan Andaman Utara dan Tengah dengan ibu kota di Mayabunder.

Saat Aceh dilanda gempa tektonik pada 26 Desember 2006, Kepulauan Andaman dan Nicobar juga merasakan dampaknya. Beberapa wilayah nusantara sangat terpengaruh oleh infrastruktur, terutama di wilayah Nicobar.

Tujuan

Kepulauan Andaman dan Nicobar terkenal dengan pantainya yang indah dan tentunya diikuti oleh olahraga air seperti:

– Menyelam di Pulau Havelock atau Taman Nasional Laut Mahatma Gandhi.

– Snorkeling di Pantai MuaTerra atau North Bay.

– Lihat terumbu karang dengan glass bottom boat di Jolly Buoy Island atau di Mahatma Gandhi Marine National Park 29 km dari Port Blair.

Salah satu tempat wisata paling populer adalah Pulau Shaheed Dweep, terletak 37km selatan Kepulauan Andaman, dengan terumbu karang yang belum dijelajahi, pantai berpasir putih, serta hutan tropis dan vegetasi.

Kepulauan Andaman dan Nicobar tidak hanya menawarkan pantai yang indah, tetapi juga sering mengadakan berbagai festival dan lokakarya untuk hiburan di berbagai bidang. Beberapa contohnya adalah Festival Film Panorama India, workshop pembuatan layang-layang, konser musik oleh musisi lokal dan lain-lain.

kuliner

Karena tempat ini merupakan negara kepulauan, tak heran jika seafood menjadi menu andalan. Makanan laut tersedia dari pedagang kaki lima hingga restoran mewah. Makanan laut dilaporkan lebih mahal daripada makanan standar India.

Salah satu hidangan seafood India yang paling populer adalah ikan tandoori, ikan yang direndam dalam yogurt dan direndam dengan lemon, lalu dipanggang hingga berasap.

Izin masuk untuk Kepulauan Andaman dan Nicobar

Penduduk non-India memerlukan izin untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut, yang dapat dikeluarkan pada saat kedatangan di bandara. Jika Anda ingin tiba melalui laut, Anda harus mengajukan izin sebelum kedatangan, baik di daerah Chennai atau saat mengajukan permohonan visa India.

Wisatawan biasanya diberikan izin selama 30 hari. Namun, izin dapat diperpanjang hingga 15 hari di Port Blair. Jadi untuk satu kali menginap maksimal 45 hari.

Izin ini diperiksa di sebagian besar pulau pada saat kedatangan, check-in hotel dan pemesanan feri, dan harus ditunjukkan saat wisatawan meninggalkan pulau. (dra)

Source: bandung.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button