Polisi merencanakan antisipasi kemacetan di lokasi gempa Cianjur - WisataHits
Jawa Barat

Polisi merencanakan antisipasi kemacetan di lokasi gempa Cianjur

Cianjur (ANTARA) – Polres Cianjur menerapkan pengaturan lalu lintas satu arah untuk mencegah kemacetan di episentrum gempa Kecamatan Cugenang, Jalan Raya Cianjur-Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada akhir pekan, Sabtu.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan pihaknya telah menyiapkan personel tambahan untuk melakukan pengamanan di setiap persimpangan, jalur alternatif atau jalan utama yang menghubungkan Cianjur dengan Bogor dan Jakarta untuk menghindari kemacetan.

“Sabtu dan Minggu kita prediksi sama dengan minggu lalu agar kemacetan tidak terulang kembali, maka kita mengatur lalu lintas dengan sistem satu arah dan berkoordinasi dengan Polres Bogor,” kata Kapolres.

Teknik yang akan diterapkan pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu di antaranya mengutamakan arus kendaraan satu arah dari Bogor hingga Cianjur mulai pukul 07.30 WIB hingga 10.00 WIB.

Kemudian, mulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB, prioritas arus kendaraan satu arah dari Cianjur hingga Bogor diberlakukan kembali agar arus lalu lintas di pusat gempa tidak padat, melainkan mengalir.

“Pukul 13.30-15.00 WIB kami utamakan Bogor, jalur ke Cianjur kami tutup, Bogor dan Jakarta kami arahkan,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk menghindari kemacetan di jalur tertutup itu, petugas di lokasi akan mengalihkan jalur alternatif, seperti jalur Jonggol dan jalur Sukabumi. Dijelaskannya, penerapan sepihak tersebut untuk menghindari masyarakat menunggu atau melihat atau menjadi tujuan wisata ke daerah yang terkena bencana alam di Kecamatan Cugenang.

“Memang ada sebagian besar episenter, yang perlu kesadaran masyarakat, wisata bencana ini tidak terjadi,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat dan masyarakat yang ingin memberikan bantuan agar menyerahkannya kepada posko utama di Pendopo Bupati Cianjur, kepolisian dan Kodim.

Polisi akan menyiapkan pengawalan terutama untuk pendistribusian mendesak seperti pasokan obat-obatan agar lancar.

“Kami akan menyiapkan pengawalan jika mendesak, misalnya saat membagikan obat-obatan,” kata Kapolres.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polisi melakukan antisipasi kemacetan di lokasi gempa Cianjur

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button