Kenduri Riau 2022 Sukses Diselenggarakan, Pariwisata Riau Meningkat - WisataHits
Jawa Tengah

Kenduri Riau 2022 Sukses Diselenggarakan, Pariwisata Riau Meningkat

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) — Acara Riau Kenduri 2022 resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen (Purn) H. Edy Natar Nasution. Acara digelar di kawasan Kota Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai), Pekanbaru pada Minggu malam (2/10).

Pada ajang Kenduri Riau 2022 juga terpilih Bujang Dara Riau 2022. Harris Ilham Rahadi dari Kota Pekanbaru dan Annisa Fadhila dari Kabupaten Kuansing terpilih sebagai Bujang dan Dara Riau 2022.

Selain itu, Said Fahrul Rozi dipilih sebagai Bujang II Riau oleh Kabupaten Inhu dan Dinda Rahmi dari Bengkalis menjadi Dara II Riau. Kemudian Alfin Alfarabi Syachputra dari Inhil terpilih sebagai Bujang III Riau dan Steva Woelanda menjadi Dara III Riau.

Wakil Gubernur Edy Natar Nasution mengatakan sektor pariwisata merupakan peluang besar untuk membuka jalur ekonomi di Bumi Lancang Kuning.

Sebelumnya, sektor pariwisata di Riau sudah dilupakan. Situasi ini dapat dimaklumi, karena pada zaman dahulu sektor migas masih menjadi prioritas utama. “Kita menyaksikan kebangkitan ekonomi kelas menengah, mereka membutuhkan pariwisata dengan tujuan yang tidak terlalu jauh dan dengan biaya yang murah. Akumulasi sejumlah faktor tersebut menginspirasi lahirnya sejumlah objek wisata baru di seluruh dunia dari Lancang Kuning,” ujarnya.

Kepala Provinsi Riau Dispar Roni Rakhmat mengatakan capaian baru telah ditunjukkan selama pelaksanaan Kenduri Riau 2022, yang dapat digunakan sebagai barometer dalam mengukur bagian pariwisata dan industri kreatif.

“Partisipasi aktif akan ditunjukkan semaksimal mungkin untuk menghadirkan iklim pariwisata yang semakin kuat, khas dan berkarakter. Memang kita sedang memperkuat identitas wisata provinsi Riau. Fitur yang berakar pada budaya lokal dan dikembangkan dengan sentuhan kreativitas kontemporer tentunya menjadi visi,” jelasnya.

Selain menggelar Pilkada Bujang Dara Riau 2022, Kenduri Riau juga mengumumkan pemenang berbagai lomba yang diselenggarakan Dispar Provinsi Riau pada malam penutupan.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk mendongkrak perekonomian daerah yang sempat terpuruk selama dua tahun dan terhenti akibat pandemi Covid-19. “Sebelumnya, kami juga mendapat instruksi dari Presiden. Salah satunya adalah bagaimana menggenjot sektor pariwisata, khususnya bagi wisatawan lokal. Hal ini bertujuan untuk memacu pemulihan ekonomi nasional. Semoga acara Kenduri Riau ini dapat merangsang industri kreatif di Riau,” kata Syamsuar.

Syamsuar juga mengajak seluruh kepala dinas pariwisata di Riau untuk bisa berinovasi dan melakukan terobosan-terobosan agar pemulihan ekonomi bisa optimal. “Jadi pada saat yang sama, saya mengajari semua kolega saya dan semua kepala dinas pariwisata bagaimana kita bisa mendorong pemulihan ekonomi. Sehingga perekonomian segera bangkit kembali setelah 2 tahun terimbas Covid-19,” ujarnya.(iklan)

Source: riaupos.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button