Kenali Gua Matu, tempat wisata religi di Pasibar - WisataHits
Jawa Barat

Kenali Gua Matu, tempat wisata religi di Pasibar

Kenali Gua Matu, tempat wisata religi di Pasibar

LANGIT7.ID, Lampung – Gua Matu merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kawasan Pekon Wai Sindi Hanuan, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pasibar), Lampung yang layak untuk dikunjungi.

Berjarak sekitar 11 kilometer dari pusat kota Krui, Gua Matu sering dikunjungi wisatawan lokal luar kota.

Juru kunci objek wisata Gua Matu, Makmur menjelaskan, wisata religi ini banyak dikunjungi wisatawan, baik dari luar kota di Pulau Sumatera maupun wisatawan dari Pulau Jawa.

Baca Juga: 2 Juta Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan

“Banyak juga wisatawan dari luar kota seperti Bengkulu, Palembang, Aceh bahkan dari Pulau Jawa hanya untuk menikmati keindahan dan wisata religi,” ujarnya, Senin (23/1/2023).

Selain itu, kata Makmur, kehadiran wisatawan bukan tanpa alasan, mengingat Gua Matu memiliki banyak cerita menarik, salah satunya cerita tentang 12 kerajaan gaib yang menghuni objek wisata ini.

Menurutnya, Gua Matu pertama kali ditemukan oleh nenek moyang masyarakat setempat pada masa penjajahan Inggris. “Gua Matu ditemukan oleh nenek moyang kita pada masa penjajahan Inggris,” katanya.

“Menurut kepercayaan masyarakat kami, Gua Matu dihuni oleh 12 kerajaan gaib yang pemimpin besarnya adalah Dewa Tuyuk (buyut) Pangeran Hiyang, kerajaan Matu terbentang dari Pantai Manullah hingga Pantai Way Haru,” ujarnya.

Baca Juga: Wisata Nimo Highland Bandung, Cocok untuk Anak Muda

Selain gaib, Gua Matu dikenal di kalangan wisatawan sebagai tujuan yang cukup indah. Selain keindahan wisata religi, keberadaan kelelawar yang menghuni objek wisata ini juga sering dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mengumpulkan kotoran kelelawar atau pupuk guano.

Kotoran kelelawar tersebut biasanya dimanfaatkan masyarakat setempat untuk menjadi pupuk bagi tanaman mulai dari padi hingga tanaman lain milik warga setempat.

(jadi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button