7 Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits - WisataHits
Jawa Barat

7 Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits

Purwakarta bisa jadi pilihan tempat liburan sebelah Bandung, berikut beberapa destinasi wisata yang menarik

Purwakarta adalah sebuah daerah di provinsi Jawa Barat. Kawasan yang berjarak 90,6 km dari kota Jakarta ini bisa menjadi tujuan wisata alternatif selain kota Bandung. Seperti diketahui, Bandung selalu ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan.

Obyek wisata yang terlalu ramai dikunjungi menyebabkan momen liburan yang tidak menyenangkan. Bahkan berpotensi membuat anak murung (rewel) bahkan membuat ulah. Purwakarta adalah pilihan liburan yang cocok untuk keluarga Bunda.

Kota ini memiliki berbagai tempat wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi bersama.Popmama.com merangkum informasi Tempat wisata di Purwakartaini adalah hit lain untuk menghabiskan liburan atau akhir pekan bersama keluarga tercinta.

1. Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

1. Taman Air Mancur Sri Baduga PurwakartaInstagram.com/kartiniayuw

Taman Air Mancur Sri Baduga merupakan taman air mancur terbesar di Asia Tenggara lho Ma. Di sini bunda dan si kecil bisa menyaksikan pertunjukan air mancur warna-warni. Selain itu, air mancur juga akan diubah bentuknya agar lebih menarik.

Atraksi air mancur cantik ini hanya berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu. Dari pukul 19.30-22.30 WIB Anda dan keluarga bisa menikmati keindahan Air Mancur Sri Baduga selama tiga jam.

Tidak ada tiket masuk yang harus dibayar pengunjung untuk menikmati pertunjukan air mancur ini. Berlokasi di Jalan KK Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Sedangkan jika Anda hanya ingin mampir untuk melihat gaya arsitektur Air Mancur Sri Baduga yang memiliki nilai filosofis tinggi, Anda bisa mengunjunginya pada pukul 05:00 hingga 09:00 WIB dan pukul 17:00 hingga 19:00 12:00. pagi Kunjungi WIB. Namun di akhir pekan, destinasi wisata ini tutup lebih lambat, yakni mulai pukul 17.00 hingga 22.30 WIB.

Di sebelah Taman Air Mancur Sribaduga terdapat Taman Surawisesa yang bisa Anda kunjungi setelah menikmati air mancur.

Di Surawisesa Park, si kecil bisa sekaligus belajar permainan tradisional. Mulai dari egrang, songlah, congklak, skipping rope, panggal, kelereng dan lain-lain. Taman Surawisesa buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.30 WIB.

2. Waduk Jatiluhur

2. Waduk JatiluhurInstagram.com/tegesan_kretek

Waduk Jatiluhur wajib masuk dalam daftar destinasi ibu, bapak dan anak yang berlibur di Purwakarta. Setiap akhir pekan masyarakat setempat dan wisatawan lokal mengunjungi Waduk Jatiluhur untuk berolahraga atau sekedar bersantai dan melepas penat.

Dari sini Anda bisa melihat pegunungan di ujung waduk dan rindangnya pepohonan.

Anda dan keluarga juga bisa mengabadikan momen liburan di Waduk Jatiluhur dengan berfoto di tempat yang telah disediakan. Mulai rumah pohon, balkon, hingga perahu di pinggir waduk.

Berkendara ke waduk tidak akan membosankan, karena selain menikmati air yang tenang, ada juga fasilitas yang membuat anak betah. Misalnya taman bermain (playground), lapangan olah raga dan bumi perkemahan.

Ada biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang (Senin sampai Jumat) dan Rp 20.000 (Sabtu sampai Minggu) per pengunjung untuk setiap pengunjung. Tempat wisata ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Favorit Editor

3. Pertanian Perkotaan Purwakarta

3. Pertanian Perkotaan PurwakartaInstagram.com/urbanfarmpwk

Urban Farming Purwakarta akan memberikan kesan ibu dan si kecil sedang berlibur ke Eropa. Di sini terdapat rumah-rumah bercat cerah yang dihiasi tanaman gantung khas negara-negara Eropa.

Tanaman gantung ini bukan sekedar hiasan rumah lho, ma. Namun sebagai penerapan kegiatan urban farming yang dapat ditiru oleh penduduk kota.

Perancangan objek wisata ini sengaja dirancang untuk menginspirasi dan mengedukasi wisatawan tentang cara menata tanaman di lahan sempit depan rumah. Harapannya adalah dapat meningkatkan kesadaran akan kegiatan urban farming ini sehingga seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi gaya hidup masyarakat urban yang dinamis.

Untuk memperdalam urban farming, wisatawan bisa meminta bantuan trainer untuk memberikan dan menjelaskan model-model teknologi pertanian yang bisa Anda terapkan di rumah. Terletak di Desa Benteng, Kec. Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

4. Taman Cikao

Taman Cikao merupakan tempat wisata di Purwakarta berupa wahana permainan air yang bisa bunda, ayah dan bunda kunjungi. Taman Cikao memiliki keunikan berupa bebatuan warna-warni di sisi kolam. Ada gubuk untuk beristirahat dan menikmati.

Anak Anda tidak hanya bisa berenang, tapi juga bisa melihat satwa di taman satwa yang ada di kawasan Cikao Park. Permainan seperti perosotan dan ember terbalik membuat permainan air menjadi lebih menyenangkan.

Taman Cikao terletak di Desa Cisalada, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Taman air ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Setiap pengunjung membayar tiket masuk mulai dari Rp 20.000 yang cukup terjangkau Ma.

5. Air Terjun Tilu

5. Air Terjun Tiluhttps://jejakpiknik.com

Curug tilu bisa menjadi pilihan sebagai tempat wisata bermain air di Purwakarta. Mengunjungi Curug Tilu, Ibu dan anak-anak kecilnya menikmati kesegaran air dan pemandangan pepohonan yang indah.

Air di Curug Tilu berwarna hijau sehingga sering disebut sebagai Pangandaran Grand Canyon. Awasi dan awasi anak-anak Anda saat berenang atau bermain air di sini. Untuk keamanan saat berenang Anda bisa menyewa jaket pelampung.

Jam operasional Curug Tilu dari pukul 08.00-17.00 WIB. Setiap pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Situs tersebut terletak di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

6. Gunung Bungkuk

6. Gunung BungkukInstagram.com/felix_inst

Bagi para ayah dan ibu yang gemar berburu atau mendaki gunung dan ingin mewariskannya kepada anak-anaknya, bisa mencoba Gunung Bongkok di Purwakarta. Gunung ini relatif pendek dengan ketinggian 985 mdpl, sehingga cocok untuk didaki bersama keluarga atau bagi pemula.

Hanya butuh ibu dan keluarga sekitar dua jam untuk mencapai puncak Gunung Bongkok. Ada juga tempat perkemahan dan persewaan tenda. Biaya sewa tenda adalah Rp 10.000. Tiket masuk sekarang harganya Rp 12.000.

Namun, jika Anda memutuskan untuk mendaki bersama si kecil, pastikan Anda membawa perlengkapan yang cukup. Mulai dari air minum hingga makanan ringan. Perhatikan posisi anak agar tidak terjatuh. Atau Anda sesekali menggendong anak Anda saat mendaki Gunung Bungkuk. Jangan paksa si kecil saat ia lelah ya Bunda, Ayah.

7.Tanjung Putri

7.Tanjung PutriDermaga. Desa Sukasari

Tanjung Putri merupakan destinasi wisata terbaru di Purwakarta. Tempat ini cocok untuk para ibu dan keluarga yang lebih memilih untuk bersantai dan menikmati pesona sunset. Dari sini Anda memiliki pemandangan tiga gunung.

Gunung-gunung tersebut antara lain Gunung Bongkok, Gunung Parang, dan Gunung Lembu. Bagian Waduk Jatiluhur membuat pemandangan Tanjung Putri semakin sempurna.

Anda dan keluarga bisa berwisata kuliner di sini sambil menikmati keindahan pegunungan dan Waduk Jatiluhur. Menu yang tersedia seperti Nasi Liwet, Ikan Bakar, Sate dan Ayam Bakakak

Ini adalah ringkasan dari Tempat wisata di Purwakarta yang bisa menjadi referensi ibu dan keluarga untuk liburan dan akhir pekan. Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk liburan keluarga, lho.

Baca juga:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button