Kemeriahan pergantian tahun di Gumebyar di Pantai Dewaruci, mulai dari pentas seni hingga partisipasi artis Nafa Urbach - WisataHits
Yogyakarta

Kemeriahan pergantian tahun di Gumebyar di Pantai Dewaruci, mulai dari pentas seni hingga partisipasi artis Nafa Urbach

Laporan reporter Jogja Tribune, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Acara Tahun Baru Gumebyar hari pertama di Pantai Dewaruci Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Kamis (29/12/2022) berlangsung meriah.

Ratusan orang terlihat memenuhi panggung utama pentas seni yang terletak di pelataran parkir Pantai Dewaruci sisi barat.

Kesenian Jaran Kepang ini nampaknya dinikmati oleh berbagai kalangan usia, baik yang diperagakan oleh anak-anak, remaja, bahkan ibu-ibu (ibu-ibu).

Kesenian Jaran Kepang dilakukan oleh kelompok komunitas seni Widotomo dari Desa Hulosobo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Bupati Purworejo Lantik Wakil Sementara Kepala Desa Curug

Selain itu, penonton juga disuguhi Tari Wang Wang 166 (diucapkan: Wang Wang Jinemnem), Pertunjukan Dolalak Kecil Jati Arum, dan acara senam massal di pagi hari.

Pantauan di lokasi, ratusan bahkan ribuan orang terlihat mengunjungi kawasan wisata Pantai Dewaruci Jatimalang siang itu.

Beberapa wisatawan terlihat berjalan-jalan di tepi pantai atau menyantap makanan, namun ada juga wisatawan yang datang ke area panggung untuk menyaksikan pentas seni Jaran Kepang.

Saat acara dimulai, penonton otomatis mendekat untuk mengambil posisi sambil membentuk lingkaran besar.

Yang unik dari acara tersebut adalah anak-anak kecil akan berkerumun di barisan depan untuk melihat pertunjukan tersebut.

Mereka duduk diam di barisan depan, menatap tajam ke setiap gerakan penari.

Sefi (13), salah seorang penonton dari desa sekitar, mengaku senang dengan acara tersebut.

Ia mengatakan awalnya ingin bermain di pantai bersama teman-teman seusianya.

Namun, melihat keramaian di tempat tersebut, ia mendekat dan merasa senang sekaligus antusias melihat pertunjukan seni tersebut.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button